Ide Cemilan Sehat dan Unik untuk Si Buah Hati yang Sulit Makan

Cemilan sehat adalah faktor yang harus diutamakan orang tua sebagai pelengkap makanan buah hati tercinta. Seiring tumbuh kembang anak, orang tua semakin sulit memberikan makanan utama untuk sang buah hati.cemilan sehat

Memasuki usia 2 tahun keatas misalnya, kebanyakan mereka lebih sulit ketika disuruh makan nasi dan lebih memilih untuk memakan cemilan. Jangan asal memberikan cemilan sembarangan ! pilih cemilan sehat yang mengandung vitamin dan zat bergizi lainnya.

Cemilan Sehat Anak dan Tips Memilihnya

Keseringan kita selalu memberikan si anak cemilan dengan jajanan yang mudah didapatkan namun tidak memperhatikan kesehatan pada anak. Dampaknya anak lebih rentan sakit, sehingga membuat tumbuh kembangnya terganggu. Berikut beberapa tips ketika memilih cemilan yang aman untuk anak.

1. Bijak Memilih Cemilan Pinggir Jalan

cemilan sehat

Di pinggir jalan sering kita temukan makanan yang mengandung zat dan perwarna berbahaya untuk si kecil, seperti pewana makanan, pemanis buatan dan bahan pengawet lainnya. Tugas kita sebagai orang tua lebih bijak memilih jajajan pinggir jalan agar tidak memilih cemilan sembarangan untuk si kecil. Beri pengertian seja dini untuk si kecil akan dampak bahaya apabila jajan yang tidak sehat.

2. Buah dan Sayuran Baik Untuk Cemilan Sehat Si Buah Hati

cemilan sehat

Memilih buah dan sayuran sebagai cemilan si anak memang sangat penting untuk mereka, namun kebanyak  diantara mereka tidak suka dengan rasa buah dan sayuran. Kita bisa membuat cemilan dengan olahan sayur dan buah dengan beragam bentuk.  jika tak sempat membuatnya, jangan khawatir diluaran sana sudah banyak produk cemilan cerdas yang sudah mengandung buah dan sayur di dalamnya.

3. Jauhi Jajanan Junk Food

cemilan sehat

Orang tua sebaiknya tidak memilih jajanan junk food sebagai cemilan alternatif apabila sang anak sulit makan. Memilih makanan junk food justru akan membahaykan kesehatan si anak apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Ide Memilih Cemilan yang disukai anak

Selain sehat, cemilan yang disajikan juga harus menarik perhatian anak untuk dimakan. Kita bisa membuatnya dengan beragam bentuk karakter-karakter lucu dan imut. Berikut hal yang harus diperhatikan dalam membuat cemilan sehat untuk anak :

  1. Pilih warna yang menarik untuk mencampukan buah dan sayuran kedalam cemilan
  2. Bentuk dengan karakter lucu yang mereka suka
  3. Bila menambahkan rasa manis, baiknya menggunakan pemanis alami dari susu atau coklat asli
  4. Untuk menghias dengan pewarna baiknya gunakan pewarna alami pada makanan

Ingin mencoba ide cemilan unik? kita bisa melihat Negara Jepang. Nggak heran banyak cemilan unik di Jepang yang mendunia. Berikut ide pilihan cemilan sehat anak dari Jepang yang wajib dicoba di rumah.

Image result for cemilan unik jepang
Ochame, Cemilan di Jepang yang dibuat dari strawberry dan teh hijau atau disebut matcha
cemilan sehat
Wagashi, Salah satu cemilan manis di Jepang yang terbuat dari tepung dan kacang-kacangan

Ada juga nih salah satu cemilan sehat dari jepang yang dijual di Indonesia, tepatnya di daerah Jakarta Utara –Mall Kelapa Gading. Kumayaki Japanese Puff merupakan salah satu cemilan makanan manis terbuat dari olahan kulit pastry manis renyah berselimut gula dan berbentuk beruang.

cemilan manis
Kumayaki Japanese Puff, cemilan manis yang pas untuk si kecil

cemilan manis

Dengan bentuknya yang lucu, cemilan manis berikut mampu menarik minat anak untuk jajan makanan sehat.

cemilan manis

Untuk isiannya ada berbagai varian rasa yakni vanilla, strawberry, dan coklat. Harga Paket : 2 pcs kumayaki puff + 1 pcs Air Mineral 330ml Rp 25.000 (Harga Normal Rp 45.000). Selain sehat cemilan untuk anak juga harus menarik seperti cemilan manis yang disajikan di Kumayaki Japanese Puff. 

No Comments Yet

Comments are closed