Enak!! 12 Makanan Khas Malaysia Ini Mirip dengan Makanan Indonesia lho!

Makanan khas Malaysia mungkin terlihat mirip dengan makanan Indonesia ya. Ya, Malaysia dan Indonesia memang masih satu rumpun sehingga wajar kalau dalam hal makanan juga mirip. Jika kamu ke Malaysia, maka akan menemukan banyak makanan pinggir jalan alis street food yang enak dan nagih. Nah, mending cari tahu dulu jajanan pinggir jalan khas Malaysia sebelum kamu kesana.

Makanan Khas Malaysia

1. Laksa Malaysia

Laksa adalah salah satu makanan ikon Malaysia. Kamu akan dengan mudah menemukan laksa apalahi di pinggiran jalan. Makanan ini sebenarnya juga sering ditemui di Indonesia. Laksa berisikan bihun dengan potongan kembang jahe, cabe rawit hijau dan timun. Kuah kaldu dari ikan segarnya yang membuat laksa Malaysia gurih dan lezat.

2. Rojak

Rojak, ya begitu penyebutan rujak ala Malaysia ini. Jika di Indonesia, rujak di buat dari potongan buah-buahan, lain halnya di Malaysia. Rojak di buat dari potongan buah dan gurita bahkan gorengan. Tambahan topping inilah yang membuat rojak di buru banyak wisatawan disana, terutama saat siang hari.

3. Roti Canai

Pengaruh budaya India cukup kental di Malaysia, hal itu terlihat juga pada jenis makanannya. Roti canai memiliki pengaruh budaya india. Roti ini dimakan bersama kuah kari kental. Pagi hari adalah waktu yang sempurna untuk menikmati roti canai ini.

4. Apom Balik

Apom balik adalah salah satu makanan yang mirip dengan martabak dari Indonesia. Namun, ada yang unik dari makanan khas Malaysia ini nih! Adonan apom balik dibuat dari krim jagung sehingga memberikan rasa manis yang berbeda.

5. Koay Chiap

Koay Chiap adalah makanan khas Malaysia berupa jeroan dan suwiran daging bebek, lalu darah yang digumpalkan, ada juga telur rebus dan bihun. Koay Chiap ini sangat nikmat apalagi saat udara dingin dan taburan seledri menambah keharuman makanan ini.

6. Chee Cheong Fun

Kuliner khas Malaysia satu ini berbahan kwetiauw yang kenyal. Lembaran kwetiaw ini di siram dengan saus sambal dan saus hitam manis yang lengket. Rasa udang yang kuat justru membuat orang ketagihan, ditambah biji wijen atau bawang goreng diatasnya makin sedap.

7. Teh Tarik

Teh ini adalah salah satu minuman yang khas Malaysia banget. Keunikan dari teh ini ada pada proses pembuatannya dengan cara menariknya. Dari satu gelas ke gelas lain, teh yang sudah dicampur susu ini di tuang sambil di tarik gelasnya keatas. Hal ini menghasilkan teh yang kaya rasa dan berbuih.

8. Ais Kacang

Ais atau es kacang khas Malaysia ini berisi jagung, kolang kaling dan kacang merah, lalu diatasnya diberi es serut dan susu kental manis juga sirup. Rasa manis dan segar ais kacang ini cocok disantap saat panas terik.

9. Char Kuey Teow

Kwetiauw goreng khas Malaysia ini mendapatkan pengaruh dari kuliner Cina. Harumnya aroma char kuey teow ini karena dimasak dengan api besar. Campur kwetiaw goreng ini seperti udang, toge dan daun bawang.

10. Putu Mayam

Masih mirip dengan jajanan di Indonesia, Putu Mayam juga bisa ditemukan di Malaysia. Jajanan ini dinikmati bersama kelapa dan gula merah. Namun, yang membedakan hanyalah bentuk putu mayang yang lebih kecil mie nya.

11. Nasi Kandar

Kalau kamu ingin makan nasi, maka di Malaysia ada nasi kandar yang bakal memuaskan perjalanan kulinermu. Nasi Kandar mirip seperti nasi padang. Nasi ini disiram dengan kuah kare kental dengan lauknya bisa seperti telur, daging sapi, ayam goreng, dll. Mantap!

12. Lok-Lok

Lok lok berarti celup-celup. Ya, makanan khas Malaysia yang satu ini disajikan dengan cara mencelup makanan di tusuk sate kedalam kuah mendidih. Kamu bisa menikmati lok lok di meja tempat kamu pesan lalu mencelupkannya kedalam panci. Bahan makanan yang dicelup juga bervariasi seperti sayuran, seafood, tofu, dll. Setelah makan, penjual akan menghitung jumlah tusuk sate yang kamu sudah makan.

Fat Belly Lok Lok

Cemilan Khas Street Food Malaysia di Gading Serpong, Fatty Belly Lok-Lok.

Tempat makan yang berada di Gading Serpong ini menjual berbagai lok lok dengan pilihan yang beragam. Banyaknya pilihan lok lok bikin kamu bingung, tapi jangan khawatir, karena lok lok Fat Belly lagi promo di Lakupon.

  • Paket A : 2 Ori + 2 Blue + 2 Red + 1 Black + Minum (1x Refill) Rp 34.000 (Harga Normal Rp 65.000)
  • Paket B : 1 Ori + 2 Blue + 2 Red + 3 Black + Minum (1x Refill) Rp 50.000 (Harga Normal Rp 85.000)

Pilihan Ori :
Chikuwa
Tahu Baso Kepiting
Chicken Mantou

Pilihan Blue :
Baso Singapore
Tahu Baso Seafood
Siomay Ayam
Crab Claw
Crab Nugget

Pilihan Red :
Salmon Ball
Otak – Otak
Scallop
Beef Bacon
Octopus

Pilihan Black :
Beef Warapped Enoki
Beef Wrapped Sausage
Beef Wrapped Juhi
Fish Cake Singapore
Fish Cake Chilly

Kamu bisa dapatkan harga spesial ini di Lakupon dengan voucher diskonnya. Mau coba lok lok? Pakai voucher INI untuk rasakan makanan khas Malaysia ini.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

No Comments Yet

Comments are closed

FOLLOW US ON