Tempat Nongkrong Asik Buat Ngopi, Sambil Melukis di Atas Kopi

Tempat nongkrong nggak selalu harus ke restoran mahal, tapi juga nggak ketempat asal-asalan kan? Apalagi kalo mau ngajak orang kesayangnmu ke caffe gaul dengan harga bersahabat. Kalau tak ingin mencicipi hidangan berat, coba aja ngopi di coffe shop favorit kamu. Di Jakarta, tempat nongkrong coffe shop lagi nge-hits banget lho! Kopi yang dulunya identik dengan orangtua, saat ini tak lagi. Kopi mampu dinikmati setiap kalangan, terutama anak muda.

tempat nongkrong

Seiring perkembangan jaman, kopi yang tadinya hanya kita kenal dengan sebutan kopi hitam dengan rasa pahitnya yang khas, sekarang ngak lagi. Banyak varian kopi yang sudah dikolaborasi dengan susu, creamer, coklat dan bahan lainnya. Beberapa tempat nongkronng kopi pun menyajikan varian kopi seperti cappuccino, arabica, mocachino, vanilla late dan aneka kopi lainnya. Hmm… nikmatnya !!

Tempat Nongkrong Ngopi, Pilih Varian Kopi Mana Yang Jadi Favoritmu ?

Sebagian orang tetap mempertahankan cita rasa kopi yang original, namun ada juga yang tidak menyukai kopi dengan cita rasa yang kuat. Mereka lebih memilih beralih ke kopi modern yang sudah di mix dengan campuran kopi lainnya. Berikut beberapa varian kopi yang biasanya disajikan di coffe shop.

Cappuccino

tempat nongkrong

Kopi yang satu ini cukup banyak disajikan di beberapa kedai kopi kebanyakan. Cappuccino merupakan minuman tradisional Italia yang terkenal dengan topping forth susu yang biasanya di garnish dengan bubuk cokelat. Cappuccino memiliki tiga bagian yakni 1/3 Espreso, 1/3 Steamed milk dan 1/3 milk forth. Nah kenapa dikatakan cappuccino karena ketiganya memiliki takaran pas.

Latte

tempat nongkrong

Kalau mau sensasi nyeruput kopi yang agak milky ada baiknya memilih coffe jenis latte. Perbedaan kopi latte dengan cappuccino ialah pada proses steaming susunya. Biasanya, proses steaming susu memiliki fungsi dua hal yakni, memanaskan susu sampai temperatur tertentu dan untuk menghasilkan micro foam. Kompisi Latte yakni 60 ml espresso , susu yang di steam sekitar satu cangkir, micro foam setebal 1 cm untuk lapisan atasnya. Membedakan kopi latte sangat mudah, biasanya setelah diminum kita akan merasakan rasa susu yang begitu mendoinasi daripada rasa kopinya.

Espresso

tempat nongkrong

Satu lagi varian kopi yang suka kita jumpai di coffe shop yakni espresso. Espresso merupakan kopi bubuk yang sangat halus yang dikemas menjadi portafilter dan dimasukkan ke dalam mesin espresso. Air yang dipanaskan sampai 190-197 derajat Fahrenheit ditekan di bawah 8-10 tekanan atmosfer melalui portafilter kopi halus untuk menghasilkan 1-2 ons espresso.

Moccacino

tempat nongkrong

Jenis kopi yang satu ini udah ngak bisa ditolak lagi deh, terutama buat kamu hawa. Rasa moca yang dominan ketika di mix bareng kopi membuat kopi ini terasa berbeda dengan jenis kopi lainnya. Hanya saja buat kamu yang nggak terlalu suka manis mungkin kurang begitu suka dengan kopi ini. Moccacino memiliki paduan antara kopi latte dan cappuccino yang diberi tambahan sirup coklat. Terkadang juga digunakan bubuk kokoa untuk menambah aroma dan rasa kopi.

Latte Art, Bikin Ngopi Semakin Semangat !

tempat nongkrong

Tak cukup sampai disitu saja pengenalan kita sama varian kopi yang sering di sajikan di coffee shop. Ada juga seni melukis diatas kopi atau yang kita kenal dengan sebutan “Latte Art”. tak hanya menyajikan secangkir kopi nikmat saja, tapi juga menampilkan seni indah ketika meneguk secangkir kopi. Kopi yang tadinya biasa, spontan di sulap jadi kopi yang luar biasa, bahkan sayang untuk di minum.

tempat nongkrong

tempat nongkrong

Penyajiannya latte art sendiri yakni dengan menuangkan susu panas kedalam kopi kemudian dilukis sesuai bentuk yang diinginkan.

tempat nongkrong

Untuk foam, biasanya barista menggunakan susu yang di mix sampai membentuk foam untuk topping kopi. Tempat nongkrong sambil ngopi pun menjadi tambah popular karena adanya latte art sehingga semakin semangat buat ngopi.

Tutorial cara pembuatan latte art

 

Rekomendasi Tempat Nongkrong buat Ngopi Cantik!

tempat nongkrong
Mau ngopi cantik di tempat nongkrong favorit itu nggak perlu mahal kok. Ada rekomendasi coffee shop favorit patut kamu coba, namanya Kolary Coffe & Kitchen. Disini selain bisa kongkow bareng temen-temen, kamu juga bisa menikmati kopi enak yang diracik oleh barista profesional dalam menyajikan secangkir kopi nikmat. Beberapa varian kopi bisa kamu nikmati disini dengan harga yang nggak bikin kantong bolong lho!

tempat nongkrong

Kolary kopi punya beberapa menu coffee pilihan dengan rasa yang tak terbantahkan. Nih beberapa menu kopi yang cucok buat dicoba.

tempat nongkrong

Mumpung ada promonya, manfaatin aja ngopi cantik dengan harga Rp 55.000 (Rp. 100.000 harga normal). Kamu juga bisa menikmati secangkir kopi cantik dengan latte art favoritmu.

tempat nongkrong

No Comments Yet

Comments are closed