10 Jenis Olahraga Sederhana Yang Dapat Kamu Lakukan Di Rumah

Dalam situasi dan kondisi yang serba terbatas sekarang ini, olahraga menjadi penting dan wajib dilakukan guna menjaga stabilitas dan daya tahan tubuh. Hal ini juga sejalan dengan semboyan “mensana in corpore sano”, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

 

Yups, semboyan yang sangat masuk akal bukan? Tubuh sehat memberikan efek positif bagi jiwa. Maka dari itu, sudah seharusnya kita berusaha untuk terus menjaga kesehatan tubuh. Selain memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh, olahraga pun terbilang ampuh mengusir kebosanan selama berada di rumah.

Ada bermacam olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Berikut telah kami ulasa 10 jenis olahraga ringan di rumah baik untuk pria maupun wanita. Beberapa olahraga dirumah ini juga mampu menurunkan berat badan serta mengecilkan perut lho, yuk simak ulasan selengkapnya.

10 Jenis Olahraga Sederhana Yang Dapat Kamu Lakukan Di Rumah jogging

Joging

Joging bisa dilakukan di rumah dengan ataupun tanpa alat, joging tidak hanya bisa dilakukan di luar ruangan dengan kelengkapan jogging track. Joging bisa kamu lakukan dalam ruangan atau di rumah dengan menggunakan dengan menggunakan alat bantu treadmill.

Agar semakin menambah semangat dan menyenangkan, usahakan untuk mengajak anggota keluarga lainnya untuk melakukan joging bersama. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, lalu pendinginan setelahnya agar tidak mengalami cedera otot.

Stretching

Kelihatannya gerakan olahraga ini sangat sederhana, namun jika kamu stretching dengan cara yang benar, otot-otot akan menjadi lebih rileks lho. Bahkan kamu secara tidak langsung melatih otot-otot tersebut agar lebih lentur dan bekerja dengan baik.

Plank

Plank bermanfaat bagi seluruh bagian tubuh, olahraga ini dapat kamu lakukan dengan cara menahan seluruh bagian tubuh dengan tumpuan siku dan jari jemari kaki. Cukup lakukan plank selama 15 – 30 detik saja jika kamu masih baru. Setelahnya, kamu bisa menambah lamanya waktu plank.

Naik turun tangga

Tinggal di rumah bertingkat ataupun apartemen? Mungkin kamu bisa mencoba olahraga yang satu ini. Naik turun tangga adalah olahraga yang paling sederhana di rumah. Bagi yang memiliki rumah dengan beberapa lantai, tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga sederhana seperti ini. Lakukan selama 10–15 menit setiap harinya. Melakukan olahraga sederhana ini secara rutin, dipercaya mampu membakar kalori dengan sangat efektif. Kamu akan melihat hasilnya setelah beberapa kali melakukan olahraga ini secara rutin. Jangan kaget jika perut buncitmu hilang ya.

Zumba

Ibu-ibu biasanya akan merasa lebih mengasyikkan jika melakukan zumba di pusat kebugaran bersama teman-teman. Namun, dilakukan di rumah pun tidak kalah asyiknya lho bun. Terlebih jika ada kerabat yang menemani atau mungkin suami tercinta. Yang perlu kamu lakukan adalah memutar video zumba dan mengikuti setiap gerakan yang diajarkan pelatih di layar. Lakukan kurang lebih selama 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Yoga

Yoga merupakan olahraga sederhana, tetapi olahraga jenis ini sangat membutuhkan konsistensi dan boleh dibilang merupakan yang paling cocok dalam kondisi seperti sekarang ini. Yoga juga jadi salah satu solusi untuk tetap sehat dan berpikiran jernih, kamu bisa melakukan gerakan sederhana, seperti tree pose, cat-cow, dan mountain pose untuk menghindari cedera lantaran tidak ada pelatih yang mengawasi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan teknik pernapasan yang sederhana (pranayama). Akan lebih asyik jika dalam melakukan olahraga ini ditemani pasangan atau buah hati.

Skipping

Siapa diantara kamu yang dulu suka bermain lompat tali? Jangan salah lho, lompat tali juga mampu membakar lemak dan olahraga ini pun sudah dikenal sejak lama. Skipping juga menjadi salah satu olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Alat yang diperlukan pun juga sangat sederhana, hanya seuntai skipping atau seutas tali untuk membantumu melompat. Lakukan olahraga ini setelah melakukan pemanasan dan peregangan. Durasi yang disarankan adalah sekitar 15 sampai 20 menit per hari. Tapi ingat, jangan dilakukan di dalam rumah. Gunakan teras.

Hulahop

Olahraga hulahop sempat populer di era 80-an. Bagi kamu yang mengalami masa kecil dengan bermain hulahop, pastilah sangat menyenangkan. Jika masih menyimpannya di rumah, tidak ada salahnya kamu menggunakan kembali hulahop tersebut untuk berolahraga. Walaupun terlihat sederhana, bermain hulahop ternyata memiliki efek yang luar biasa. Gerakan pinggul yang dilakukan pada permainan hulahop memiliki manfaat untuk membentuk pinggul yang indah. Sementara bagi pria, bermain hulahop dapat melatih stamina bagian bawah tubuh.

Push up dan sit up

Push up dan sit up jadi olahraga standar yang memiliki banyak manfaat.Push up dan sit up bisa jadi merupakan olahraga ringan yang paling favorit dan banyak dilakukan di rumah. Maklum saja, push up dapat memperkuat otot lengan, sedangkan sit up baik untuk melatih dan membentuk perut. Ajaklah anggota keluarga lainnya untuk melakukan olahraga push up dan sit up ini selama berada di rumah. Selamat berolahraga.

Squat

Ingin paha menjadi langsing dan kencang sekaligus bokong lebih seksi? Squat adalah jawabannya. Hati-hati, jangan sampai salah melakukan squat ya! Jika salah teknik, maka hasilnya pun tak ada. Lakukan squat 4×8 set.

Manfaat olahraga secara rutin

Dengan berolahraga secara rutin kamu akan mendapatkan berbagai manfaat seperti mencegah berbagai macam penyakit, membuat tubuh lebih proporsional, terlihat fresh, mampu menghilangkan stres, membantu relaksasi, meningkatkan stamina dan energi, mampu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah hipertensi, dan masih banyak manfaat olahraga lainnya.

Sudah tahu kan manfaat serta berbagai jenis olahraga secara rutin di rumah. Tunggu apalagi, ayo olahraga rutin mulai sekarang.

No Comments Yet

Comments are closed