5 Alat Ini Bisa Mengecek Kompresor AC Pada Mobil, Ketahui Alatnya

5 Alat Ini Bisa Mengecek Kompresor AC Pada Mobil, Ketahui Alatnya

Kompresor AC pada mobil merupakan salah satu komponan yang sangat penting di dari sekian komponen yang ada di dalam mesin mobil. Fungsi dari kompresor AC juga hal yang cukup vital bagi sistem pendingin pada mobil itu sendiri. Cara kerja dari kompresor AC ini adalah untuk mengalirkan Freon ke seluruh sistem AC mobil serta menaikkan tekanan pada freon.

Mengingat pentingnya fungsi dari komponen ini, pengecekan kompresor AC tentu menjadi hal yang wajib dilakukan agar AC tetap dalam kondisi prima dan juga suhu dinginnya tetap terjaga. Untuk mengeceknya, 5 alat ini ternyata bisa digunakan untuk melakukan pengecekan pada kompresor AC mobil lho. Berikut beberapa alat yang dapat digunakan untuk mengecek komponen tersebut.

 

Manometer

5 Alat Ini Bisa Mengecek Kompresor AC Pada Mobil, Ketahui Alatnya

Mungkin bagi sebagian orang, mendengar nama dari benda ini adalah hal yang cukup asing. Manometer sendiri adalah sebuah alat yang digunakan untuk menganalisis kinerja AC pada mobil. Lewat Manometer ini, kerusakanpun dapat dengan cepat diketahui. Pada alat ini, terdapat dua macam pengukur yaitu untuk pengukur tekanan rendah dan juga pengukur tekanan tinggi.

Untuk cara kerjanya, Manometer akan mengukur tekanan di dalam kompresor AC tersebut. Pengukur tekanan rendah akan menunjukkan ke angka kisaran 15-45 psi dan pada pengukur tekanan tinggi akan menunjukkan angka pada kisaran 150-250 dalan satuan psi. Jika berada dalam angka ini, maka dapat diketahui bahwa tekanan freon dan kompresor dalam kondisi baik.

Namun jika pada tekanan rendah menunjukkan pada angka di atas 50 psi dan tekanan tinggi di angka kurang dari 175 psi, maka kompresor ataupun komponen AC lainnya di dalam mobil terindikasi adanya masalah

Selain itu apabila saat AC mobil dalam kondisi dimatikan dan Manometer tidak menunjukkan angka berapapun dan juga ukuran tekanan rendah dan tekanan tinggi tetap menunjukkan angka nol, maka bisa dikatakan bahwa freon sudah habis.

 

Stetoskop

5 Alat Ini Bisa Mengecek Kompresor AC Pada Mobil, Ketahui Alatnya

Biasanya, stetoskop digunakan oleh para dokter untuk mengecek kondisi tubuh dari para pasien di rumah sakit. Namun, stetoskop juga bisa digunakan untuk hal lainnya dan salah satunya adalah untuk mengecek kondisi kompresor AC di dalam mobil.

Dengan menggunakan stetoskop, kita bisa lebih mendengar secara jelas apakah kompresor AC sedang dalam kondisi baik atau tidak. Jika saat pengecekan menggunakan stetoskop dan terdengar suara-suara yang tidak wajar, maka dapat disimpulkan bahwa kompresor AC berada dalam kondisi yang kurang baik atau bermasalah.

 

Test Pen

5 Alat Ini Bisa Mengecek Kompresor AC Pada Mobil, Ketahui Alatnya

Alat berikutnya yang bisa digunakan adalah Test Pen. Test Pen adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengecek apakah adanya aliran listrik atau tidak pada kabel, relay, atau fuse. Dengan fungsi sebagai aliran pengecek aliran lsitrik, Test Pen juga berguna untuk mengecek kompresor AC pada mobil.

Untuk pengecekan menggunakan Test Pen, Test Pen akan dihubungkan pada Magnet clutch atau kopling magnet. Selain itu, kopling magnet ini sendiri juga berfungsi untuk menghubungkan kompresor AC dengan putaran mesin mobil. Apabila kopling magnet ini mengalami kerusakan, maka kompresorpun juga ikut mengalami kerusakan.

 

Multitester

5 Alat Ini Bisa Mengecek Kompresor AC Pada Mobil, Ketahui Alatnya

Sama seperti Test Pen, Multitester juga gidunakan untuk mengecek komponen listrik yang berada di dalam mobil. Dengan menggunakan alat ini, kita bisa mengetahui kondisi kelistrikan setiap komponen AC mobil termasuk kompresor. Jika ingin mengetahui aliran listrik pada kompresor AC mengalami gangguan atau tidak, Multitester adalah alat yang tepat.

 

Alat pemeriksa kebocoran

5 Alat Ini Bisa Mengecek Kompresor AC Pada Mobil, Ketahui Alatnya

Alat terakhir yang bisa digunakan untuk mengecek adalah alat pemeriksa kebocoran yang ada di bengel spesialis AC mobil. Dari namanya saja, sudah diketahui bahwa alat ini berguna untuk mengecek apabila kompresor mengalami kebocoran atau tidak.

Cara kerja dari alat ini sendiri yaitu dengan memasang alat ini ke salah satu perangkat komponen AC mobil, kemudian diberikan tekanan angin yang diambilkan dari kompresor angin. Dengan alat ini sendiri, tidak hanya kompresor AC yang bisa dicek namun beberapa komponen juga bisa dicek seperti kondensor maupun evaporator.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing" Go follow @jochristiady