5 Asupan Makanan Penambah Berat Badan Paling Efektif

5 Asupan Makanan Penambah Berat Badan Paling Efektif Yang Layak Untuk Kamu Coba, blog.lakupon.com. Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Tubuh yang ideal bagi setiap orang tentulah berbeda. “Ideal” dalam hal ini adalah sebuah hasrat ataupun keinginan pada setiap orang. Terkadang saat berkaca di depan cermin, seringkali secara tidak sadar berkata dalam hati “kayaknya kalau badanku lebih tinggi penampilanku akan lebih menarik” atau “coba kalau badanku lebih kurus lagi” Tentu sebagian dari kamu pernah mengalami hal seperti ini bukan. Dan kemungkinan pula, kamu sedang ingin menambah berat badan. Yang menurutmu, dengan menambah berat badan bisa membuat tubuh semakin ideal dan makin percaya diri.

5 Asupan Makanan Penambah Berat Badan Paling Efektif

Memiliki bentuk tubuh kurus memang terkadang membuat sebagian dari kamu kurang percaya diri. Terkadang memiliki bentuk tubuh kurus juga bisa menjadi bahan tertawaan dan bahan gunjingan. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan badan kamu kurus dan kurang berisi.

Beberapa Hal Ini Sebabkan Badan Kurus, Kamu Wajib Tahu!

Nah, sebelum kita mengulas tentang 5 asupan makanan penambah berat badan paling efektif mari kita sejenak menambah wawasan tentang faktor penyebab tubuh kurus dari alodokter.com. Beberapa faktor tersebut antara lain:

Genetik atau Keturunan

Jika sejak lahir hingga dewasa memiliki postur tubuh kurus, atau jika orang tua dan keluarga Kamu berpostur kurus, kemungkinan Kamu memiliki faktor keturunan berbadan kurus. Beberapa orang memang terlahir dengan metabolisme lebih tinggi dari biasanya, yang kemudian menyebabkan seseorang memiliki badan kurus. Dari segi medis, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari hal ini.

Aktivitas Fisik yang Cenderung Tinggi

Aktivitas fisik seperti olahraga yang terlalu sering atau pekerjaan berat juga dapat memengaruhi berat badan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kalori yang dibakar saat melakukan aktivitas fisik.

Kondisi Medis Tertentu

Tiroid yang terlalu aktif, gangguan pencernaan, diabetes, hingga kanker dapat mengakibatkan penurunan berat badan dan menyebabkan badan kurus.  Diet ekstrim juga bisa menjadi penyebab badan kurus karena kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh.

Obat-Obatan Tertentu

Sebagian obat-obatan yang diresepkan dokter juga bisa menyebabkan mual dan penurunan berat badan. Kemoterapi juga cenderung mengurangi nafsu makan dan memperburuk penurunan berat badan akibat sakit.

Masalah Psikologis

Kesehatan mental juga dapat menjadi faktor penyebab badan kurus. Stres, depresi, gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia, dan masalah emosional bisa memengaruhi kebiasaan hingga nafsu makan Kamu, yang akhirnya berdampak pada penurunan berat badan.

Baca juga : 8 Olahraga Menurunkan Berat Badan bagi Wanita Millenial

Bagaimana Cara Menambah Berat Badan?

Langkah terbaik untuk mengatasi tubuh kurus adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika Kamu merasa terlalu kurus dan tidak tahu penyebabnya, Kamu dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter dan melakukan beberapa pemeriksaan yang diperlukan. Dokter biasanya akan menganjurkan program penambahan berat badan. Kendati demikian, bukan berarti Kamu harus menggila dengan porsi makan dan camilan berupa junk food. Ada beberapa tips untuk mendapatkan berat badan yang proporsional seperti yang kamu inginkan. Salah satunya adalah dengan memilih asupan makanan penambah berat badan yang tepat.

Asupan Makanan Penambah Berat Badan Paling Efektif

Pas banget nih buat kamu yang sedang mencari tahu tentang tips untuk menambah berat badan. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips tentang 5 asupan makanan penambah berat badan paling efektif yang bisa kamu coba.

1. Daging Merah

daging merah - Asupan Makanan Penambah Berat Badan Paling Efektif

Daging merah sudah terkenal sebagai makanan yang dapat manambah berat badan secara efektif. Tentu hal ini karena kandungan protein di dalamnya yang tinggi. Mengonsumsi daging merah secara rutin dapat membuat berat badan bertambah dengan cepat karena tingginya kalori, lemak, serta protein yang dikandungnya. Daging merah ini bisa kamu peroleh dari daging sapi, kambing, dan hewan mamalia darat lainnya.

2. Buah-buahan

buah buahan - Asupan Makanan Penambah Berat Badan Paling Efektif

Buah-buahan juga bisa Kamu jadikan andalan bila ingin cepat menaikkan berat badan. Ini adalah pilihan tepat makanan penambah berat badan anak, remaja, maupun orang dewasa. Buah-buah seperti pisang, alpukat, dan pepaya memiliki banyak nutrisi baik yang sangat berguna untuk proses menaikkan berat badan.

3. Kacang-kacangan

kacang kacangan - Asupan Makanan Penambah Berat Badan Paling Efektif

Makanan kecil mungil ini tak boleh dipandang remeh karena ternyata merupakan makanan terbaik untuk menambah berat badan. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Kamu coba yaitu kacang tanah, kacang hazel, walnut, almond, pecan nuts, dan juga madamacia.

4. Telur

telur - Asupan Makanan Penambah Berat Badan Paling Efektif

Telur juga bisa dijadikan sebagai makanan penambah berat badan dan massa otot yang baik terutama karena tingginya kandungan protein di dalamnya. Tingginya kandungan protein di dalamnya membuat telur sering dikonsumsi terutama oleh para binaragawan untuk membentuk tubuh dan juga otot.

5. Roti Gandum

roti gandum - Asupan Makanan Penambah Berat Badan Paling Efektif

Tahukah kamu, ternyata roti gandum juga direkomendasikan sebagai asupan makanan yang efektif untuk menambah berat badan lho. Setiap potong roti gandum mengandung sekitar 69 kalori yang baik dan menyehatkan serta sangat cocok guna membantu meningkatkan berat tubuh.

Baca juga : 7 Menu Sarapan Pagi Sehat & Enak Ini Mampu Kontrol Berat Badan

Semoga ulasan mengenai 5 Asupan Makanan Penambah Berat Badan Paling Efektif ini bisa bermanfaat bagi kamu. Barengi tips asupan makanan penambah berat tersebut dengan berolahraga. Disarankan memilih olahraga yang membangun kekuatan dan massa otot seperti yoga. Olahraga ini dapat membangun otot-otot dan membantu kenaikan berat badan. Serta cukupi kebutuhan cairan. Setidaknya minum 6 – 8 gelas air per hari. Hindari untuk minum sebelum makan yang dapat menimbulkan rasa kenyang. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini jika memang menurutmu bermanfaat.

No Comments Yet

Comments are closed