5 Hidangan Khas Thailand ini Siap Menggoda Lidah Para Penikmatnya

Negara di kawasan benua Asia memang memiliki banyak kuliner menarik dan juga memiliki cita rasa yang khas. Ditambah dengan ragamnya bumbu rempah-rempah yang menyatu dalam satu masakan, masakan Asia menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur. Dari banyaknya kuliner yang ada, hidangan khas Thailand menjadi salah satu pilihan yang selalu ada di daftar makanan yang wajib dicoba.

Ya! Negeri yang terkenal dengan sebutan ‘Gajah Putih’ ini memang memiliki beragam kuliner menggoda yang khas dan siap memanjakan para penikmatnya. Paduan berbagai macam bumbu yang unik dan juga rasa yang beda, membuat masakan Thailand memiliki banyak penggemar karena kedua keunikan itu sendiri.

Dari banyaknya hidangan Thaliand yang ada saat ini, beberapa diantaranya memiliki cita rasa yang gurih serta disukai oleh banyak orang lho! Penasaran? Berikut beberapa hidangan khas Thailand yang menjadi favorit bagi semua orang.

 

Pad Thai

Terlihat jika dilihat secara keseluruhan, masakan ini mungkin terlihat seperti kwetiaw goreng yang biasa kita temui sehari-hari. Meskipun sama-sama berbahan dasar kwetiaw atau yang disebut Pad See Ew, tetap ada perbedaan bahan masakan pada masakan ini lho. Masakan yang ada pada masa kerajaan Ayutthaya ini memiliki beberapa bumbu khas yang membuatnya semakin lezat.

Beberapa bumbu seperti saus tiram, bawang putih, cabai, gula palem, kacang kedelai dan juga dicampur dengan telur ini menjadikan rasanya yang semakin gurih. Untuk menemui makanan ini sendiri juga cukup mudah lho. Sama seperti di Indonesia, makanan ini juga bsa ditemui di berbagai restoran ataupun tempat makanan kaki lima.

 

Khao Phad

Jika Indonesia memiliki nasi goreng, negara Thailand juga mempunyainya lho! Di Thailand, nasi goreng ini dikenal dengan nama Khao Phad. Nasi goreng ini menjadi pilihan bagi para wisatawan yang ingin menikmati hidangan khas Thailand namun tidak menyukai rasa yang pedas. Khao Phad sendiri memiliki cita rasa yang gurih lho.

Dalam memasak Khao Phad, bumbu-bumbu yang digunakan seperti bawang putih, saus tiram, saus kecap, garam dan gula. Selain itu, potongan timun, selada dan juga tomat lebih menambah cita rasa dari masakan berbahan dasar nasi ini. Terkadang, Khao Phad juga bisa dijadikan dengan potongan daging ayam, kepiting ataupun udang yang menyeseuaikan selera dari para penikmat makanan ini.

 

Kaeng Phet

Bagi kamu yang ingin menikmati sajian pedas dan berkuah, masakan ini menjadi pilihan yang tepat untukmu! Ya! Kaeng Phet atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan sup pedas adalah salah satu hidangan sup yang cukup dikenal akan rasanya yang khas tersebut. Kaeng Phet dibuat dari beberapa campuran seperti bumbu kari merah, santan dan juga daging. Di masakan ini, dagingnya pun bisa beragam seperti daging ayam ataupun sapi.

Yang membuatnya semakin gurih adalah masakan ini kaya akan bumbu rempah lho. Diperkirakan ada 13 bumbu rempah yang menjadi satu dalam masakan Kaeng Phet. Tak heran, aroma dari masakan ini sendiri sangat kuat dan juga memiliki rasa yang cukup pedas. Cocok untuk para pecinta kuliner pedas.

 

Som Tam

Ingin menikmati sajian yang segar dan gurih? Cobalah Som Tam. Som Tam sendiri adalah sebuah hidangan yang terbuat dari campuran papaya muda dan dicampur dengan aneka bumbu masakan. Berbagai bumbu seperti cabai, bawang putih, saus ikan, tomat, dan juga jeruk nipis inipun ampuh untuk membuat segar lidah karena campuran aneka bumbu yang kuat.

Untuk semakin nikmat, Som Tam bisa ditambahkan dengan beberapa varian seperti penambahan ebi atau udang kering, tomat, kacang sangrai dan juga kacang panjang. Dengan rasa yang dimilikinya ini, Som Tam masuk ke dalam daftar 50 Makanan Paling Lezat di Dunia oleh CNN Go di tahun 2011 lho!

 

Tom Yum

Mendengar nama dari makanan ini saja tentu sudah kita sudah bisa menebak dari mana asalnya. Tom Yum, sup dari Thailand yang sudah mendunia ini pastinya sudah tidak asing di telinga kita. Sup ini memiliki rasa yang kuat karena dibuat dari berbagai macam aneka bumbu yang disatukan dalam pembuatannya sendiri.  Bumbu masakan seperti serai, laos, jeruk nipis, saus ikan, daun jeruk dan juga cabai adalah beberapa bumbu yang digunakan dalam pembuatan Tom Yam.

Tom Yum memiliki beberapa varian yang bisa dipilih lho! Jika kamu menyukai Tom Yum ayam, kamu bisa memilih Tom Yum Gai. Untuk penyuka makanan laut, kamu bisa memilihh beberapa aneka Tom Yum dari panganan laut seperti Tom Yum Goong (udang), Tom Yum Pla (ikan), ataupun campuran aneka panganan laut (Tom Yum Talay atau Tom Yum Po Taek).

Masakan Thailand tentu memiliki aroma dan juga cita rasa unik yang bisa memanjakan lidah para penggemarnya. Tidak hanya rasa yang gurih, aneka rempah di dalam hidangan tersebut juga membuat lidah tak henti-hentinya untuk menyantapnya dengan segera. Dari sekian hidangan Thailand diatas, yang mana menjadi favorit kamu untuk disantap bersama keluarga ataupun teman-temanmu?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed