5 Hobi Saat Pandemi Ini Semakin Digemari Masyarakat Lho!

Hobi merupakan sebuah kata serapan dari bahasa inggris “hobby”, arti hobi dalam kamus besar bahasa indonesia hobi adalah kesenangan istimewa (kegiatan spesial) yang dilakukan pada waktu senggang. Contoh ataupun jenis-jenis hobi bermacam-macam, antara lain fotografi, kaligrafi, melukis, menulis, menjahit, dan berbagai jenis yang lainnya. Dari sekian banyaknya jenis hobi, pasti ada kan salah satu yang jadi hobi favoritmu.

Nah, di saat pandemi seperti sekarang ini, ternyata ada beberapa hobi yang semakin naik daun dan digemari masyarakat indonesia dan dunia lho. Berikut rangkuman hobi saat pandemi yang sedang hits saat ini.

Bersepeda

hobi saat pandemi - bersepeda

Hobi yang satu ini menjadi daftar teratas menurut mimin. Saat pandemi seperti sekarang, banyak orang yang semakin menggemari kegiatan bersepeda, khususnya di kawasan perkotaan. Semakin meningkatnya jumlah penggiat sepeda dapat dilihat dari semakin banyaknya orang yang memilih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi alternatif menuju kantor ataupun sekolah.

Saat akhir pekan tiba, jangan kaget bila arena car free day atau CFD di berbagai sudut kota dipenuhi pengguna sepeda. Bahkan saat ini semakin banyak pula yang mendirikan komunitas pecinta sepeda lho. Jangan-jangan salah satunya adalah kamu. Hayo ngaku!!

Pernah beberapa waktu yang lalu viral diberbagai media sosial ulah rombongan pesepeda yang menerobos rambu lalu lintas. Hal tersebut tentu merugikan serta membahayakan diri sendiri dan orang lain. Mimin harap hal seperti itu tidak kamu contoh ya, selalu taati rambu-rambu lalu lintas yang ada dan selalu jaga keselamatan.

Baca juga : Macam Hobi Kreatif Yang Bisa Bikin Kamu Terbebas dari Stres

Bercocok tanam

hobi saat pandemi - bercocok tanam

Bercocok tanam mungkin bisa jadi salah satu efek positif dengan adanya pandemi virus covid-19. Masyarakat saat ini semakin peduli akan pentingnya menjaga lingkungan dan juga kesehatan. Dengan bercocok tanam, masyarakat mendapatkan kesenangan tersendiri saat memeliharanya dari bibit hingga waktu panen tiba.

Beberapa metode bercocok tanam saat pandemi yang dipraktekkan masyarakat adalah hidroponik, aeroponik, akuaponik, vertikultur, dan tabulampot. Jika ingin mencoba bercocok tanam di rumah, pilih metode yang paling cocok dengan kondisi di lingkungan rumahmu dan juga perhatikan ketinggian “mdpl” dan juga jenis tanaman.

Usahakan pula untuk mempraktekkan metode bercocok tanam dengan pupuk organik ya.

Memasak

hobi saat pandemi - memasak

Memiliki waktu senggang yang cukup banyak di saat pandemi menjadikan hobi memasak menjadi salah satu hobi favorit, khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga. Biasanya, mereka tertular dan ingin mempraktekkan beberapa menu yang mereka lihat di sosial media ataupun tv.

Setelah mendapatkan info bahan-bahan serta beberapa peralatan yang dibutuhkan, mereka akan langsung dengan giat membeli kebutuhan tersebut lalu mulai mempraktekannya. Para suami jangan kaget ya, karena saat sudah matang kamu akan dijadikan sebagai customer percobaan.

Tips untuk ibu-ibu rumah tangga yang ingin memasak adalah mulailah dengan sesuatu yang simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mempraktekannya.

Nonton

hobi saat pandemi - nonton

Punya waktu senggang yang banyak saat pandemi juga kadang kala menumbuhkan jiwa malas dan juga hobi menonton film-film favorit. Memang benar saat ini beberapa bioskop ternama di Indonesia masih tutup. Tapi, kamu juga bisa menonton film secara streaming.

Jika dahulu kamu masih bisa mengakses beberapa situs film streaming secara gratis lain halnya dengan saat sekarang ini. Kamu bisa mencoba beberapa situs berbayar dengan harga yang cukup terjangkau, dan dari sekian banyaknya mimin sarankan untuk berlangganan netflix aja.

Selain murah, banyak banget film favorit kamu di netflix dan juga ada update film terbaru setiap minggunya. Ajaklah beberapa teman untuk berlangganan agar biaya yang dikeluarkan semakin sedikit. Jangan lupa pula untuk menyiapkan beberapa cemilan sepeti popcorn dan minuman bersoda saat menonton film.

Baca juga : Food Blogger of The Month: Foodirectory, Kolaborasi Sepasang Kekasih yang Berawal dari Hobi Makan

Pelihara ikan

hobi saat pandemi - pelihara ikan

Hobi yang satu ini kian digemari saat pandemi, karena pastinya siapapun akan merasakan kesenangan tersendiri saat memelihara ikan. Terlebih jika memiliki waktu senggang saat pagi dan juga sore hari, sangat pas untuk memberi makan kepada ikan-ikan di kolam bukan?

Jika kamu tidak memiliki kolam berukuran besar untuk memelihara ikan dan ingin menyalurkan hobimu saat pandemi ini, Kamu bisa mencoba memeliharanya di tempat kecil seperti akuarium. Meskipun kecil, kamu bisa menempatkan akuarium tersebut di beberapa spot dalam rumah seperti teras depan, ruang tamu, atau bahkan kamar pribadi.

Beberapa ikan yang saat ini sedang digemari untuk dipelihara adalah ikan dengan ukuran kecil seperti cupang, guppy, corydoras, bandit, botia, zebra, molly, platy dan masih banyak jenis yang lainnya.

Gimana kuponers? Ada nggak diantara 5 hobi saat pandemi tersebut yang menjadi hobimu. Ada hobi lain yang sedang naik daun saat pandemi? Kamu bisa ikutan berkontribusi di kolem komentar di bawah ini ya.

No Comments Yet

Comments are closed