5 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Yang Jarang Kamu Ketahui

5 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Yang Jarang Kamu Ketahui, Blog.lakupon.com. Kesehatan adalah Investasi. siapa sih yang tidak setuju dengan istilah ini? Buat kaum milenials, kesehatan merupakan salah satu investasi yang wajib mereka lakukan. Anak jaman now sudah mengerti tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan mereka sendiri dan ini merupakan langkah pintar untuk investasi di masa tua. Berbagai cara pun mereka lakukan guna menjaga kesehatan  seperti berolahraga rutin, mengkonsumsi sayuran organik, tidur cukup dan teratur, menjaga kebersihan, hingga menkonsumsi berbagai vitamin-vitamin penting bagi tubuh.

5 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan

5 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Yang Jarang Kamu Ketahui

Berbagai cara tersebut senantiasa anak jaman now lakukan guna menunjang kesibukan mereka, terlebih mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Kaum milenial di daerah perkotaan biasanya memiliki jadwal yang padat, hal inilah yang akhirnya membuat mereka lebih memperhatikan kondisi kesehatan mereka sendiri. Dari sekian banyak cara yang sudah disebutkan di atas, ternyata ada satu cara unik yang biasanya kaum milenial paling gemari, yaitu dengan mengkonsumsi coklat. Anak jaman now yang giat berselancar di dunia maya sudah mengetahui akan manfaat coklat bagi kesehatan. Nah, buat kamu yang lagi mencari tahu apa sih sebenarnya manfaat coklat bagi kesehatan, berikut akan kami ulas sedikit tentang hal tersebut.

Zat Dalam Coklat

Meskipun makanan coklat sering diidentikkan sebagai makanan yang tidak sehat, ternyata coklat mengandung sejumlah zat gizi baik untuk tubuh manusia lho. Coklat memiliki rasa manis yang khas, sehingga membuat coklat menjadi makanan favorit setiap orang di berbagai belahan dunia. Mau tahu apa saja kandungan yang terkadung dalam coklat? Berikut ini selengkapnya:

  • 14% kandungan karbohidrat
  • 9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin)
  • 31% lemak
  • zat-zat lain, seperti alkanoid (zat yang menyebabkan coklat terasa pahit)

Sejumlah kandungan zat dalam coklat yang begitu beragam, hal inilah yang menjadikan coklat baik untuk dikonsumsi dan juga memberikan manfaat untuk kesehatan.

Manfaat coklat untuk kesehatan salah satunya adalah karena coklat mengandung senyawa antioksidan bernama flavonoid.

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Yang Jarang Kamu Ketahui

Coklat berasal dari tanaman kakao, dan kakao kaya akan flavanoloid. Kedengarannya memang cukup sederhana, tetapi mengkonsumsi beberapa jenis coklat dengan kandungan flavonoid ini, diduga dapat mempengaruhi kesehatan sistem tubuh, berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Meningkatkan Produksi Insulin

Para peneliti di Italia baru-baru ini, melakukan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons cokelat hitam atau cokelat putih dalam jumlah sama, yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15 hari. Kemudian penelitian ini menunjukkan hasil, bahwa resistensi insulin (faktor risiko untuk diabetes) secara signifikan menurun terhadap mereka yang makan dark chocolate. Jadi manfaat coklat bisa juga untuk meningkatkan insulin.

  1. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah

Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kelompok makan dark chocolate. Kandungan zat flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat. Coklat bermanfaat sebagai antioksidan.

Baca juga : Manfaat Es krim yang Perlu Kamu Tahu!

  1. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Peneliti di John Hopkins School of Medicine membuat sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut, dark chocolate bermanfaat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%, ucap Diane Becker, MPH, ScD. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah menjadi lebih lambat terhadap orang dengan konsumsi cokelat dibandingkan pada mereka yang tidak. Hal ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang terkenal baik untuk menjaga bobot tubuh, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang diet. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menghasilkan penemuan bahwa dark chocolate memberikan perasaan lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Ini artinya coklat cukup bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

  1. Mengurangi Tingkat Stress

Jika berada pada situasi yang memungkinkan mengalami stres, ada baiknya untuk kamu mengkonsumsi dark chocolate. Coklat tidak hanya akan membantu mengurangi efek stres terhadap lingkungan, tapi juga untuk meningkatkan kekuatan otak ketika sedang benar-benar dibutuhkan. Selain itu, tahukah kamu bahwa minum kokoa atau coklat yang kaya akan flavanol bermanfaat dalam peningkatan aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam. Hal ini dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan otak untuk jangka pendek.

Selain 5 Manfaat utama di atas , coklat juga berdampak pada kesehatan lain pada tubuh manusia, berikut beberapa di antaranya:

  • Mencegah penyakit jantung
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kolesterol
  • Anti depresan
  • Kandungan lemak rendah
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Menghindari kelelahan kronis
  • Menghambat penuaan
  • Meningkatkan kesehatan mata.
  • Mengurangi risiko kanker.
  • Dapat menghaluskan kulit.
  • Membantu kita untuk menurunkan bobot tubuh.
  • Sangat baik untuk Kesehatan Otak
  • Anti Depresi

Baca juga : For Mom to be, Ini Manfaat Coklat untuk Ibu Hamil dan Janin yang Super Banget! – Promo Diskon Jual Voucher Royce Chocolate Murah Jakarta

Meskipun coklat memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, mengkonsumsinya pun tidak dianjurkan dalam jumlah yang berlebihan lho. Konsumsilah coklat secukupnya saat kamu benar-benar membutuhkannya. Semoga artikel tentang 5 manfaat coklat bagi kesehatan ini berguna bagi kamu. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya.

Dapatkan manfaat coklat ini pada produk coklat delfi 55gram yang tersedia di lakupon.com.

No Comments Yet

Comments are closed