5 Menu Favorit Untuk Sarapan Masyarakat Indonesia, Yang Mana Favoritmu?

Sarapan adalah salah satu hal yang tidak pernah absen di pagi hari. Untuk menyambut hari yang baik di waktu pagi, tentu sarapan adalah hal utama yang dicari agar rasa lapar dapat terhindarkan. Ada berbagai macam makanan dan juga hidangan yang bisa dipilih untuk dinikmati pada pagi hari tersebut. Ragam makanan seperti mulai dari yang ringan hingga makanan utama adalah beberapa contoh makanan yang biasanya disantap pada pagi hari untuk sarapan.

Biasanya masyarakat Indonesia menikmati ragam sarapan yang beragam. Dari roti, biskuit, hingga aneka lauk sayuran merupakan beberapa makanan yang disantap pada pagi hari untuk sarapan. Selain beberapa makanan tadi, masyarakat Indonesia cukup umum menikmati sajian-sajian yang khas untuk waktu sarapan mereka lho!

Tentunya setiap daerah memiliki hidangan favorit masing-masing sesuai dengan selera masyarakat setempat. Lantas, apa saja menu favorit untuk sarapan yang biasanya disantap oleh masyarakat Indonesia? Berikut daftar makanannya!

Nasi Goreng

Yang pertama adalah nasi goreng. Ya! Siapa yang tidak kenal dengan sajian berbahan dasar nasi ini? Tentunya semua masyrakat Indonesia sudah sangat mengenal sajian yang satu ini. Nasi goreng merupakan salah satu hidangan favorit masyarakat Indonesia yang bisa disantap kapan saja ataupun dimana saja lho dan tak terkecuali di pagi hari untuk sarapan.

Selain cocok dengan semua lidah masyarakat Indonesia, nasi goreng juga mudah untuk dibuat dan juga bisa mengenyangkan perut yang lapar di pagi hari. Varian nasi goreng juga beragam dan juga dimodifikasi sesuai dengan selera penikmatnya. Penamahan isian di dalamnya seperti sosis, telur mata sapi, daging ayam, dan aneka bahan pelengkap lainnya bisa ditambahkan di dalam sepiring nasi goreng.

Tak hanya aneka isian yang bisa ditambahkan, dengan penambahan kerupuk serta sambal juga membuat hidangan ini semakin nikmat untuk disantap pada pagi hari.

Bubur

Sarapan selanjutnya yang bisa dinikmati adalah bubur. Untuk hidangan ini, kamu dapat dengan mudah menemuinya lho sehingga tidak sulit untuk dapat menikmati semangkuk bubur hangat di pagi hari. Selain mudah untuk ditemukan, bubur juga bisa dapat mengenyangkan perut dikala waktu sarapan tiba. Tak hanya itu, bubur juga memiliki harga yang sangat terjangkau sehingga memiliki penikmat yang cukup banyak di kalangan masyarakat.

Dalam semangkuk bubur, dapat ditambahkan ragam sajian pelengkap lainnya yang sesuai dengan selera para penikmatnya lho! Biasanya, para penikmat bubur akan menambahkan beberapa toping seperti suwiran daging ayam, kacang, sambal, hingga sate telur ataupun sate usus. Harga yang terjangkau dan juga mudah ditemui membuat bubur menjadi hidangan favorit untuk dinikmati saat pagi hari oleh masyarakat.

Nasi Uduk

Varian nasi lainnya juga sering dinikmati oleh masyaraakt Indonesia di pagi hari untuk waktu sarapan lho! Varian nasi lainnya yaitu nasi uduk yang tidak kalah lezat dan juga bisa mengenyangkan untuk waktu pagimu. Selain itu, banyaknya penjual nasi uduk yang dapat ditemui serta harganya yang sangat terjangkau juga membuat hidangan ini menjadi bisa dikenal dengan luas sebagai makanan pagi untuk sarapan.

 Di dalam seporsi nasi uduk juga terdapat aneka sajian lauk pelengkap lainnya yang bisa menambah kelezatan dalam menikmati hidangan ini. Biasanya varian lauk seperti telur dadar, tempe orek, suwiran ayam, bihun goreng, perkedel, dan lainnya bisa ditambahkan dalam seporsi nasi uduk. Dengan harga yang terjangkau serta banyaknya lauk yang ada didalamnya, nasi uduk menjadi pilihan yang tidak pernah absen bagi masyarakat untuk dinikmati di pagi hari.

Lontong Sayur

Menu sarapan lainnya yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah lontong sayur. Bagi masyarakat yang ingin menikmati hidangan berkuah dan juga hangat di pagi hari, lontong sayur adalah menu alternatif yang bisa dipilih. Hidangan ini berbahan dasar lontong yang terbuat dari beras dan dicampur dengan kuah santan yang gurih.

Sebagai pelengkap, lontong sayur bisa ditambahkan lauk lainnya seperti sayuran dan juga telur bulat di dalam seporsinya. Selain itu, penambahan taburan bawang goreng juga akan menambah rasa gurih dari rasa hidangan lontong sayur ini.

Aneka kue tradisional

Selain makanan utama, masyarakat Indonesia juga gemar mengkonsumsi aneka kue tradisional yang dapat dengan mudah ditemui. Biasanya aneka kue tradisional ini bisa ditemui diantaranya di pasar ataupun di toko kue yang tersebar di beberapa tempat. Sebut saja seperti kue bolu, onde-onde, kue apem, bakpia, martabak mini, ataupun donat bisa dipilih sebagai santapan pagi yang pas untuk sarapan.

Dari beberapa hidangan diatas, yang mana menjadi favoritmu untuk sarapan pagi? Jangan lupakan nilai gizi pada makanan yang disantap pada pagi hari tersebut ya agar santapan yang dimakan dapat membuat tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Sudahkah kamu sarapan pada pagi ini?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed