5 Varian Roti Manis di Dunia, Pernah Mencicipi Salah Satunya?

Meskipun bukan menjadi salah satu makanan pokok orang Indonesia, roti menjadi pilihan favorit panganan untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Selain bisa cukup mengenyangkan, varian rasa dalam sebuah roti juga menjadi salah satu hal yang sangat penting ketika dinikmati oleh para konsumen. Tak heran hingga sekarang ini terdapat berbagai macam varian rasa dan juga bentuk yang dapat dipilih dan juga dinikmati oleh masyarakat.

Varian rasa seperti asin, gurih, dan juga manis adalah contoh dari varian rasa pada olahan roti yang bisa ditemui. Namun dari sekian rasa yang ada, roti manis adalah salah satu roti yang paling umum dan juga sering dinikmati oleh masyarakat umum. Selain disukai karena rasa yang disukai oleh semua umur, roti manis juga bisa dimodifikasi menjadi beberapa sajian kue yang lezat nan gurih.

Sejarah roti, makanan yang bersejarah panjang

Roti memiliki sejarah yang panjang di dunia. Selain itu, makanan ini juga tergolong termasuk makanan yang cukup tua pada sejarah maupun peradaban manusia. Sejarah awal diperkirakan bahwa roti pertama kali ditemukan di benua Eropa pada sekitar 30.000 tahun yang lalu. Penemuan itu berawal dari adanya residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan.

Selanjutnya pada tahun 10.000 SM di era neolitikum, roti mulai dibuat dari berbahan dasar biji-bijian karena adanya perkembangan pertanian pada era tersebut. Pada era ini, roti tersebut terbuat dari bahan pertanian seperti gandum yang telah diolah.

Saat itu, setiap kualitas pada gandum yang diolah menjadi roti dan dikonsumsi juga menentukan status sosial seseorang pada masa tersebut. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin tinggi juga status sosial yang disandangnya. Tak heran, roti-roti yang lezat dan juga berkualitas baik hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang saja di masa itu.

Varian jenis roti manis di dunia

Di dunia, terdapat berbagai macam varian roti manis yang ada. Roti manis tersebut juga menyesuaikan dengan adat tradisi ataupun kultur budaya di daerah tersebut. Lalu, apa saja sajian roti manis yang terkenal di berbagai belahan dunia? Penasaran? Berikut adalah beberapa roti manis yang menjadi favorit dan dikenal oleh masyarakat dunia.

Bagel

Sekilas jika diliat dari bentuknya, roti ini lebih mirip dengan sebuah donat bukan? Ya, roti manis ini merupakan salah satu sajian roti yang cukup terkenal di daerahnya yaitu di kawasan Polandia.

Adonan dari Bagel biasanya ditambahkan beberapa bahan pelengkap lainnnya seperti kismis, blueberry, biji-bijian, dan bahkan bumbu daun. Agar rasanya menjadi lebih manis, Bagel akan diolesi dengan keju krim sebagai bahan pelengkapnya.

Crumpet

Negara Inggris juga memiliki sajian roti manis yang cukup dikenal oleh masyarakat dunia lho. Roti manis tersebut ialah Crumpet. Bentuknya yang cukup kecil ini hampir mirip dengan muffin jika dilihat secara sekilas. Roti manis ini biasanya dibuat dengan dua cara yaitu dengan cara dipanggang ataupun dibakar, tergantung selera dari penikmati sajian roti ini. Selain itu agar lebih manis, roti ini kadang juga diolesi beberapa topping pelengkap seperti madu, mentega, ataupun krim.

Pau Duce

Roti manis selanjutnya berasal negara Portugis. Dikenal dengan sebutan roti manis Portugis, namun nama asli dari roti ini adalah Pau Duce. Rasa manis dari Pau Duce tidak lepas dari bahan-bahan adonannya yaitu gula, madu, dan juga susu. Roti ini biasanya disajikan pada hari raya Natal dan juga Paskah, namun para penikmat roti masih bisa mencicipinya pada hari biasa di toko kue ataupun di café-café terdekat.

Challah

Challah adalah sebuah roti ragi manis yang berasal dari daratan Eropa Timur. Roti ini dibuat dari berbahan dasar telur dan juga mentega. Challah kemudian dibentuk dengan cara dikepang. Selain itu, roti ini juga memiliki tekstkur yang lembut lho.

Croissant

Bergeser ke negara Perancis, negara di kawasan benua Eropa ini juga memiliki sajian roti yang manis dan juga dikenal di seluruh dunia lho! Roti itu ialah Croissant. Terbuat dari adonan puff pastry, membuat roti ini memiliki tekstur yang empuk dan juga renyah. Biasanya, Croissant yang manis dinikmati dengan hidangan pelengkap seperti kopi ataupun teh sebagai minumannya.

Dari kelima varian roti manis yang ada diatas, apakah kamu pernah mencicipi salah satunya? Selain memiliki rasa yang manis, roti-roti tersebut tentunya bisa membuat kenyang serta bisa meningkatkan mood kamu menjadi lebih baik. Apakah kamu memiliki roti manis favorit lainnya selain dari kelima roti yang di atas?

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"

No Comments Yet

Comments are closed