6 Kegiatan Yang Bisa Membuat Puasa Ramadan Kamu Makin Sempurna

6 Kegiatan Yang Bisa Membuat Puasa Ramadan Kamu Makin Sempurna, blog.lakupon.com. Hayo siapa yang lagi puasa dan jam segini udah mulai ngerasain laper dan pengen minum yang seger-seger? Salah satunya, Kamu yah Kuponers? Tahan sebentar lagi yah, tinggal hitungan jam kok! Kamu pasti bisa laluin godaan yang cukup menggiurkan dari abang-abang yang jualan es doger di seberang jalan sana. Puasa Ramadan memang identik dengan menahan lapar dan dahaga, tapi biar kegiatan ibadah puasa ramadan makin sempurna, banyak hal yang bisa kamu lakukan lho minimal 6 kegiatan berikut ini.

1. Membaca Al-Ma’tsurat di Pagi dan Sore Hari

Menjalankan ibadah puasa ramadan di saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini pastinya ada sedikit rasa was-was dan juga takut. Selain senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, ada baiknya untuk selalu mendekatkan diri dengan Maha Pencipta Allah SWT. Salah satu cara untuk selalu mengingat dan mendekatkan diri kepada-Nya adalah dengan membaca Al-Ma’tsurat di pagi dan sore hari. Hal ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun kamu berada. Kamu bisa mengucapkan dengan lisan maupun membacanya dalam hati. Selain mengharap segara urusan terasa lancar dan hati tenang, ada pula beberapa keutamaan membaca Al-Ma’tsurat pada pagi dan juga sore hari seperti:

  • Rumah terlindung dari gangguan setan,
  • Dicukupi segala kebutuhan di dunia,
  • Disempurnakan nikmat,
  • Tanda syukur pada Allah,
  • Mendapat keridaan Allah,
  • Dilindungi dari ancaman dan bahaya,
  • Mendapat lebih banyak pahala,
  • Termasuk ahli surga,
  • Dihapus segala kesalahan dan diangkat derajatnya, serta
  • Memperoleh syafaat di hari kiamat.

2. Memperbaiki Shalat

Sudah baligh tapi sering melalaikan kewajiban sholat 5 waktu? Jadikan moment ramadan kali ini sebagai kesempatan yang tepat untuk memperbaiki hal tersebut. Jika memang sudah menunaikan shalat 5 waktu, cobalah untuk memperbaiki kualitasnya agar lebih benar dan khusyuk. Jangan lupa untuk menambahkan kuota waktu Kamu untuk mendirikan sholat sunnah, agar ibadah semakin berkah.

Baca juga :

3. Mendirikan Sholat Malam, dan Jangan Tinggalkan Sholat Tarawikh

Sholat tarawikh adalah ibadah yang hanya di lakukan di saat bulan ramadan, maka dari itu jangan sampai kesempatan tersebut kamu sia-siakan begitu saja. Sempatkan pula untuk menunaikan sholat malam atau yang sering disebut juga dengan sholat tahajud. Waktu yang dianjurkan untuk menunaikan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam. Tidak ada batasan rakaat untuk menunaikan sholat tahajud, cobalah untuk melakukannya malam ini ya Kuponers.

4. Membaca Al-Qur’an

Jika boleh jujur, mimin sendiri jarang sekali membaca Al-Qur’an pada hari biasanya, mungkin salah satu di antara Kamu yang membaca artikel ini juga seperti mimin. Maka dari itu, ayo jadikan moment puasa ramadan kali ini sebagai waktu yang tepat untuk memulai membaca Al-Qur’an, setidaknya mulai memperbaiki cara bacaannya, setelah itu tingkatkan dengan menghafalkannya, serta mengetahui makna yang terkandung di dalamnya.

5. Memperdalam Pengetahuan Agama

Banyak di antara kita pasti masih awam dengan ilmu pengetahuan agama, biasanya pada bulan puasa ramadan akan banyak kegiatan-kegiatan islami seperti pengajian ataupun kuliah subuh di pagi hari. Namun hal tersebut pastinya akan sangat sulit kita jumpai di saat pandemi covid-19 seperti sekarang. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menambah wawasan ilmu agama seperti dengan membaca buku tentang agama, menyimak acara-acara keagamaan di TV, dn bisa juga dengan menyimak pengajian-pengajian yang ada di media sosial seperti Youtube.

6. Bersedekah

Jika Kamu merupakan salah seorang yang tergolong mampu bila dibandingkan dengan kebanyakan orang lainnya, jadikan moment puasa ramadan kali ini sebagai ajang untuk menambah pahala dengan bersedekah. Bersedekah tidak perlu melimpah, sesuaikan dengan kemampuanmu. Setelah bersedekah, biasanya Kamu akan merasakan suatu kebahagiaan dalam diri yang tidak bisa kamu ungkapkan dan gambarkan.

Menyempurnakan ibadah puasa di bulan ramadan pastinya sangat bisa kamu lakukan! Yuk mulai dari sekarang.

No Comments Yet

Comments are closed