6 Manfaat Olahraga Rafting Bagi Tubuh

Apakah kamu menyukai kegiatan yang dapat memicu adrenalin? Atau mungkin juga kamu ingin melakukan kegiatan olahraga yang tidak monoton? Jika iya, ada salah satu jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut lho! Kegiatan seru yang dapat dilakukan tersebut adalah rafting. Lalu, apakah olahraga rafting itu sendiri?

 

Rafting, olaharga seru memacu adrenalin

Rafting atau yang biasa dikenal umumnya dengan sebutan arum jeram adalah salah satu olahraga air yang dilakukan secara bersama-sama dengan menggunakan paret karet. Olahrga ini biasanya dilakukan di sebuah aliran sungai yang memiliki arus yang cukup deras agar bisa melaju dengan cepat.

Selain itu, olahraga arum jeram ini juga tidak hanya tentanng kecepatan dalam menghadapi derasnya arus yang mengalir lho! Di lintasan arus yang dilalui sendiri memiliki rintangan lainnya yang perlu dilewati oleh para penikmatnya yaitu adanya batu-batu yang berdiam di aliran sungai tersebut. Meskipun terdengar sangat seru serta bisa memicu adrenalin, para penikmat arum jeram tentu sangat menyukai tantangan tersebut.

Tak hanya menjadi sarana untuk rekreasi, rafting atau arum jeram sendiri juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh lho! Manfaat apa saja yang didapat? Berikut beberapa manfaatnya.

 

Menguatkan otot dan persendian

Tidak dipungkiri jika olahraga ini dapat membuat otot dan persendian di dalam tubuh dapat menjadi lebih kuat. Hal itu dikarenakan saat melakukan aktivitas ini sendiri, otot tangan akan bekerja secara ekstra untuk mendayuh ketika berada di permukaan sungai.

Agar tidak mengalami cedera ataupun keram, disarankan agar melakukan pemanasan terlebih dahulu. Dengan melakukan pemanasan di awal, maka otot serta persendian tubuh akan lebih siap untuk melakukan aktivitas mengarungi sungai terswbut.

 

Melatih dan menyehatkan jantung

Olahraga ini juga dapat membuat jantung kita menjadi sehat lho! Ketika melakukan Rafting, maka jantung kita yang berada di dalam tubuh akan dipacu akibat pergerakan yang dihasilkan ketika mendayuh tersebut. Ritme jantung juga akan menjadi menjadi lebih cepat di dalam tubuh. Dengan begitu, jantungpun akan lebih sehat dan bisa terhindar dari penyakit seperti stroke.

 

Dapat menurunkan berat badan

Karena memiliki intensitas gerak yang cukup besar, olahraga ini tentunya dapat menurunkan berat badan. Bagi kamu yang ingin menurunkan kalori pada tubuh, rafting adalah jawaban yang tepat untukmu! Dengan mendayuh sekuat tenaga, maka kalori yang ada di dalam tubuhpun akan terbakar dengan cukup besar.

 

Menenangkan pikiran dari rasa stress

Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, olahraga arum jeram juga dapat menyehatkan pikiran lho! Ketika kamu mengalami rasa stress pada pikiran, olahraga ini bisa membuat kamu menjadi segar kembali. Dengan menjelajahi pemandangan yang indah disertai suara angin dan hembusan angin alam yang sejuk, membuat pikiran menjadi lebih rileks dari sebelumnya.

 

Melatih melawan rasa takut

Kamu suka takut akan suatu hal atau belum berani dalam bertindak? Maka olahraga ini bisa membantumu untuk mengatasi gejala negatif tersebut. Dalam olahraga rafting, kamu diwajibkan untuk berani melawan arus dan juga siap untuk menghadapi tantangan dalam mengarungi sungai yang cukup deras. Olahraga ini juga cukup efektif mengatasi rasa takut bagi orang yang mengalami fobia terhadap air lho.

 

Memperkuat persahabatan serta team work

Dalam arum jeram, kamu akan mengarungi sungai secara bersama-sama dalam 1 tim di dalam 1 perahu karet. Agar perahu tersebut dapar berjalan dan juga tidak tenggelam, tentunya perlu adanya koordinasi serta kerja sama yang dengan orang-orang di dalam perahu tersebut. Adanya komunikasi satu sama lain tentunya bisa membuat rasa persahabatan menjadi lebih erat serta. Selain itu, kekompakan team work akan terbangun seiring mengarungi arus dalam kegiatan arum jeram tersebut.

Olahraga rafting atau arum jeram tersebut tentu bisa memberikan dampak yang cukup baik. Tak hanya untuk tubuh dan juga pikiran, kegiatan olahraga ini juga bermanfaat dalam membangun kekompakan bersama dengan teman-temanmu. Sudah siap untuk kegiatan rafting? Jangan lupa memakai helm serta jaket pelampung agar keselamatan tetap terjaga ya.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed