6 Tempat Wisata Unik Yang Hanya Ada Di Garuda Wisnu Kencana “GWK”

6 Tempat Wisata Unik Yang Hanya Ada Di Garuda Wisnu Kencana “GWK”, Blog.lakupon.com. Bila kamu sedang liburan di bali dan mampir ke bukit-bukit terjal di Semenanjung Bali, kamu akan dengan mudah melihat kemegahan patung GWK. Patung raksasa yang menjulang tinggi itu kini menjadi salah satu monumen paling ikonik di Bali. Menggambarkan salah satu tokoh mitologi Dewa Hindu Wisnu yang menunggangi burung elang mitos, Garuda. Garuda adalah lambang nasional Indonesia, simbol kebebasan abadi dari penindasan. Memiliki ketinggian lebih dari 120 meter, menjadikannya salah satu patung monumental tertinggi di dunia, bahkan lebih tinggi dari Patung Liberty dan Christ the Redeemer sekalipun.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Patung ini membuat areal taman budaya Garuda Wisnu Kencana atau GWK menjadi semakin menakjubkan. Taman budaya seluas 60 hektar ini kini mampu memikat pengunjung dari seluruh dunia serta dapat memberikan pengalaman tak terlupakan. Kamu bisa menikmati pemandangan taman budaya yang indah ini saat menjelajahi dengan berjalan kaki atau dengan Segway. Ada makna tersendiri dari bentuk Patung GWK yang menggambarkan Wisnu mengendarai Garuda. Dalam mitologi Hindu, Dewa Wisnu dipandang sebagai pelindung Semesta. Sementara rekanannya yang dipercaya, yakni Garuda menyerupai elang yang perkasa mewakili kesetiaan dan pengabdian tanpa pamrih. Kencana berarti emas, dan keduanya dihiasi dalam mahkota mosaik emas. Garuda juga merupakan lambang nasional Indonesia dan mewakili kebebasan.

Dirancang oleh seniman terkenal Bali Nyoman Nuarta, patung ini terbuat dari tembaga dan kuningan yang menurut info kesemua bahannya berasal dari bahan impor. Menampilkan 754 modul dengan 25 segmen baja dengan berat 900 ton, dengan berat baja 1.300 ton. Patung dan alas setinggi 120,9 meter dengan lebar 64 meter berkat lebar sayap Garuda.

Tempat Wisata Unik Yang Hanya Ada Di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Selain patung megah Garuda Wisnu Kencana, ada beberapa tempat menarik lainnya yang berada dalam taman budaya ini. Akan sangat sayang jika kamu sampai tidak mengunjungi semua tempat wisata ini lho. Berikut ulasan selengkapnya.

Lotus Pond

Lotus Pond GWK - 6 Tempat Wisata Unik

Lotus Pond merupakan area outdoor terbesar di Taman Budaya GWK, dan kemungkinan besar menjadi yang terluas di Pulau Bali. Seringkali Lotus Pond dijadikan tempat untuk mengadakan acara outdoor berskala besar. Beberapa acara besar yang sering diadakan di area ini seperti konser musik, pertemuan internasional, hingga rapat partai-partai besar. Lotus Pond adalah tempat wisata unik dengan pilar batu kapur di sisi dan patung megah Garuda di latar belakang.

Plaza Wisnu

Plaza Wisnu GWK - 6 Tempat Wisata Unik

Merupakan titik tertinggi di dalam kawasan taman budaya GWK di mana terdapat potongan patung Dewa Wisnu setinggi 23 meter. Karena lokasinya yang tinggi, Kamu dapat melihat indahnya panorama taman budaya. Patung Wisnu, sebagai titik pusat dari Plaza Wisnu, dikelilingi oleh air mancur dan sumber mata air suci yang tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau.

Commercial Strip

Commercial Strip GWK - 6 Tempat Wisata Unik

merupakan titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Di sini Kamu dapat menemukan banyak toko serta restoran dalam satu kawasan dan dimana semua perayaan terjadi. Ingin membeli oleh-oleh seperti souvenir? Kamu bisa mendapatkan souvenir Bali dan merchandise GWK khususnya di Kencana Souvenirs.

Indraloka Garden

Taman Indraloka GWK - 6 Tempat Wisata Unik

Taman ini diberi nama Indraloka, diibaratkan seperti surga Dewa Indra karena memiliki pemandangan panorama yang indah. Indraloka Garden adalah salah satu tempat paling favorit di Garuda Wisnu Kencana, dan biasanya dijadikan tempat untuk mengadakan pesta kecil menengah, pengumpulan dan upacara pernikahan.

Amphitheatre

Amphitheatre GWK - 6 Tempat Wisata Unik

Amphitheatre adalah tempat outdoor yang dijadikan sebagai tempat pertunjukan khusus akustik yang dirancang dengan baik. Setiap sore Kamu bisa menonton tari Kecak yang terkenal tanpa dipungut biaya tambahan alias gratis. Pertunjukan ini dimulai sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Bahkan Tari Kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

Tirta Agung & Tirta Amertha

Tirta Agung GWK - 6 Tempat Wisata Unik

Tirta Agung adalah ruang outdoor yang sempurna untuk acara menengah. Lokasinya yang berdekatan dengan ticket counter Plaza Bhagawan kerap dimanfaatkan sebagai lokasi drop off dan parkir kendaraan pengunjung. Tirta Amertha merupakan gerbang masuk utama untuk menuju ke dalam kawasan GWK Cultural Park. Di lokasi ini terdapat miniatur patung Garuda Wisnu Kencana yang dihiasi dengan air mancur. Lokasi Tirta Amertha merupakan salah satu photo spot favorit para pengunjung sebelum masuk ke dalam kawasan. Di seblah timur, terdapat diinding besar yang dihiasi dengan lukisan mural bergambar kisah Ramayana. Sementara di sisi barat terdapat Kencana Souvenir Shop, dimana pengunjung dapat memilih berbagai oleh-oleh dan cendera mata untuk dibawa pulang.

No Comments Yet

Comments are closed