6 Tips Membantu Si Buah Hati Agar Cepat Tertidur Lelap

6 Tips Membantu Si Buah Hati Agar Cepat Tertidur Lelap, Blog.lakupon.com. Tidur sangat dibutuhkan bagi semua orang dalam segala umur, khususnya untuk anak-anak. Tidur sangat penting guna menunjang tumbuh kembang dan pola berpikir anak. Kebiasaan untuk membuat anak tidur khususnya pada siang hari akan berguna untuk kesehatannya pula di masa yang akan dating. Sering kali Kamu harus berjibaku dan beradu argument dengan buah hati, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Meski tidur khususnya tidur siang memiliki peranan penting bagi buah hati, semua tentu kembali kepada setiap orang tua untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membuat si buah hati tertidur.

Membuat anak tertidur lelap dan menjadikannya sebuah rutinitas tentu bukanlah perkara yang mudah. Untuk itulah kami akan berbagi tips pada artikel ini, semua yang perlu kamu tahu tentang bagaimana cara membantu si buah hati tertidur lelap dengan cepat.

Buat Jadwal Rutin - 6 Tips Membantu Si Buah Hati Agar Cepat Tertidur Lelap

  1. Buatlah Jadwal Rutin

Menentukan kapan waktu tidur dan juga bangun tidur mampu menumbuh kembangkan pola piker anak lho. Biasakan untuk mengajak anak tidur tepat waktu di malam hari ataupun membuat jadwal tidur siang dapat membantu otak anak berpikir kapan waktu yang tepat untuk tubuhnya beristirahat. Lama-kelamaan hal ini akan berpengaruh pula pada daya tahan tubuh anak.

Musik Atau Lantunan Ayat Suci - 6 Tips Membantu Si Buah Hati Agar Cepat Tertidur Lelap

  1. Mainkan Musik Atau Lantunan Ayat Suci Al-Qur’an

Hal ini untuk mengurangi suara bising dari luar rumah yang kemungkinan terdengar oleh anak. Selain itu, kebanyakan anak-anak tidur saat para orang tua masih terjaga. Ini membantu mereka agar tidak terganggu atau teralihkan dari segala sesuatu yang tidak terduga. Memainkan lantunan music slow, suara alam, ataupun lantunan ayat suci Al-Qur’an yang merdu terbukti mampu membantu anak tertidur lelap dengan cepat.

Kurangi Cahaya Berlebih

  1. Kurangi Cahaya Yang Berlebihan

Cobalah untuk mengurangi cahaya dalam ruangan yang akan digunakan untuk tidur anak. Matikan lampu atau bila perlu gunakan lampu tidur yang kebanyakan bernuansa remang-remang. Langkah ini merupakan salah satu tips paling ampuh untuk tertidur lelap dengan cepat baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Matikan TV Dan Tanda-tanda Kelelahan Pada Anak

  1. Matikan TV dan Lihat Tanda-tanda Yang Diperlihatkan Anak

Anak yang kelelahan tidak sama dengan apa yang orang dewasa anggap demikian. Bahkan tanda yang diperlihatkan sangat berbeda lho. Kebanyakan anak akan memperlihatkan tanda-tanda seerti hiperaktif, rewel, sensitive, dan lain sebagainya saat mereka mengalami kelelahan. Jangan tunggu anak untuk mengungkapkan bahwa mereka kelelahan.

  1. Gunakan Aroma Terapi

Saat ini banyak sekali Aroma terapi ataupun minyak tertentu yang terbukti efektif untuk membantu ssistem tubuh anak santai atau kalem. Beberapa diantaranya seperti lavender dan chamomile, penggunaan aroma terapi ini memang tidak berfungsi pada semua anak. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk dicoba ya Kuponers.

Segelas Susu

  1. Segelas Susu Dan Sedikit Pijatan

Segelas susu ataupun the hangat terkadang sangat efektif untuk membantu anak tertidur. Selain itu, setelah menikmati segelas susu terkadang sedikit pijatan pada punggung anak dapat mentriger anak untuk merasa nyaman dan santai. Hal ini juga dapat mengurangi tensi dan membuat suasana yang nyaman untuk anak cepat tertidur lelap.

Baca juga :

Membuat si buah hati selalu tepat waktu ataupun rutin melakukan tidur siang hari memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Meski begitu, salah satu cara terbaik untuk membuat anak mau melakukannya adalah dengan memulai kebiasaan yang baik. Pastika untuk selalu menjaga kualitas serta kuantitas tidur yang cukup untuk buah hati. Serta cobalah untuk mengenali tanda-tanda kelelahan pada anak, kurangi cahaya berlebih, dan matikan semua layer TV ataupun Handphone yang bisa membuat anak terjaga. Kombinasikan beberapa tips di atas untuk mencoba membantu anak melakukan rutinitas yang baik tersebut. Memang memulai segala sesuatu yang baik terkadang tidaklah mudah. Tetap semangat, seu=mua demi kebaikan si buah hati nantinya.

No Comments Yet

Comments are closed