7 Benda Di Dalam Rumah Ini Sering Kamu Sentuh, Perlu Dibersihkan Dengan Desinfektan!

7 Benda Di Dalam Rumah Ini Sering Kamu Sentuh, Perlu Dibersihkan Dengan Desinfektan!, Blog.lakupon.com. Dunia hingga saat ini dibuat pusing karena semakin merebaknya virus corona. Jenis coronavirus baru ini telah membuat seluruh orang untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Agar Kamu dan keluarga tetap sehat selama masa pandemi ini, ada beberapa benda ataupun barang yang ada di rumah dan kemungkinan besar Kamu sentuh atau gunakan, dan itu perlu disanitasi. Dalam artikel pendek ini akan sedikit diulas secara detil panduan tentang cara membersihkan barang ataupun benda guna membantu mencegah penyebaran virus corona.

Perlu juga dicatat bahwa tidak semua pembersih disinfektan mampu membunuh virus covid-19 ini. Jadi yang perlu Kamu lakukan adalah mencari tahu tentang daftar produk pembersih yang disetujui pada situs kesehatan terkemuka. Diharapkan produk tersebut efektif membunuh COVID-19 pada suatu barang ataupun benda. Saat membersihkan, fokuskan dulu pada barang-barang dan tempat-tempat yang paling sering Kamu sentuh seperti ponsel, gagang pintu, keyboard komputer, hingga remote TV.

Bersihkan-Ponsel Dengan Desinfektan

Bersihkan Ponselmu Dengan Teratur

Disaat social distancing diberlakukan, pastinya intensitasmu menggunakan ponsel lebih sering bila dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Bahkan mungkin Kamu sedang memegangnya saat membaca artikel ini. Meskipun Kamu rajin mencuci tangan dengan benar, perhatikan juga kebersihan ponselmu. Siapa yang tahu ada kuman, bakteri maupun virus yang menempel di ponselmu. Pertimbangkan seberapa sering menggunakan ponsel, tidak mengherankan jika sebuah studi pada tahun 2012 oleh University of Arizona menemukan bahwa ponsel memiliki lebih banyak kuman daripada kursi toilet.

Untuk membersihkan ponsel, secara mendalam dengan teratur tanpa risiko kerusakan. Usahakan untuk selalu menjaga tangan dalam kondisi bersih, bersihkan permukaan ponsel dengan kain microfiber antibakteri, dan semprotkan pembersih ke kain, usahakan pula untuk tidak mengenai langsung ke layar untuk mencegah kerusakan. Lepaskan kasing dan lap dengan kain bersih yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil 70%, lalu biarkan kering.

Bersihkan Keyboard Dengan Desinfektan

Sering Gunakan PC? Bersihkan Pula Keyboard Yang Kamu Gunakan

Bentuk keyboard pada umumnya berisi dengan celah-celah yang memungkinkan terjadinya penimbunan kotoran, dan kemungkinan anda menggunakannya selama berjam-jam dalam sehari. Keyboard komputer Anda adalah pengumpul kuman, dan semua celah itu membuatnya sulit untuk dijaga kebersihannya. Untuk membersihkannya dengan cepat, yang perlu dilakukan adalah dengan melepas kabel penghubung dan biarkan dalam kondisi istirahat penuh. Balikkan dan Kamu juga bias menggunakan alat penyedot debu untuk menghilangkan remah dan debu pada celah-celahnya. Untuk mendisinfeksi, lap permukaan dengan alkohol isopropil 70%, berhati-hatilah agar cairan tidak menetes ke keyboard.

Bersihkan Gagang Pintu Dengan Desinfektan

Gagang Pintu dan Sakelar Lampu

Kamu mungkin mengira jatuh sakit hanya karena memegang gagang pintu ataupun saklar lampu yang dipenuhi kuman adalah hal yang mustahil. Tetapi menurut Chuck Gerba, seorang profesor mikrobiologi lingkungan di Universitas Arizona di Tucson, itu sangatlah mungkin terjadi. Kuman bertahan lebih lama di permukaan sebuah benda daripada yang Kamu kira. Untuk mendisinfeksi gagang pintu dan pelat sakelar lampu di rumah fokuskan pada titik-titik dengan intensitas Kamu memegannya sangat sering, seperti pintu kamar mandi. Bersihkan dengan produk pembunuh kuman, seperti yang direkomendasikan. Saat membersihkan pelat sakelar lampu, berhati-hatilah agar cairan tidak menetes ke bagian aliran listrik.

Bersihkan Area Dapur Dengan Desinfektan

Bersihkan Area Dapur

Hal ini mungkin sudah Kamu lakukan sehari-hari, khususnya bagi para ibu rumah tangga. Tetapi itu menjadi sangat penting selama musim pandemic virus covid-19 seperti sekarang ini. Karena boleh jadi, dapur adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga seperti keran air sering disentuh oleh tangan yang penuh kuman. Untuk menjaga daerah ini bebas bakteri, semprotkan batu berpori (seperti granit), serta keran dan gagang, dengan semprotan desinfektan.

sd cszdBersihkan Boneka

Bersihkan Boneka dan Juga Selimut

Jika si buah hati sedang sakit, pastikan tidak terkontaminasi bakteri dari teman bermain favorit mereka seperti boneka. Sebelum memulai membersihkan boneka, periksa label pada boneka binatang untuk melihat apakah dapat dicuci dengan mesin cuci atau tidak, dan jika demikian, ikuti instruksi mencuci ini dengan menggunakan pengaturan air terpanas, bersama dengan pembersih cucian, dan kemudian keringkan sepenuhnya.

Bersihkan Meja Kerja

Meja Kerja

Kamu juga mengalami imbas dari social distancing? Jika begitu, pastinya Kamu juga akan semakin sering menggunakan meja kerja yang ada di rumah. Pastikan untuk menggunakan semprotan desinfektan atau lap pada permukaan dan juga kursi. Sekali lagi, perhatikan permukaan yang sering Anda sentuh (pegangan laci, pengatur file, dll.) Dan desinfeksi tempat-tempat tertentu terlebih dahulu.

Bersihkan Remote TV

Sanitasi Remote TV yang sangat diperlukan

Satu hal yang pasti saat social distancing diberlakukan, yakni menghabiskan lebih banyak waktu di rumah berarti lebih banyak waktu nonton Netflix dan YouTube, atau situs streaming movie lainnya. Untuk membersihkan remote TV, pertama-tama lepaskan baterai. Kemudian gunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam 70% alkohol isopropyl. Dan gunakan Q-Tip untuk membersihkan tombol dengan hati-hati. Pastikan remote control benar-benar kering sebelum mengganti baterai dan menonton film favorit atau acara tv.

No Comments Yet

Comments are closed