7 Pertanyaan Tentang Panduan #DiRumahAja Yang Sering Dilontarkan Masyarakat Umum

7 Pertanyaan Tentang Panduan #DiRumahAja Yang Sering Dilontarkan Masyarakat Umum, blog.lakupon.com. Senin 30 Maret 2020, Pemerintah melalui juru bicaranya achmad yurianto memberikan data terbaru terkait kasus covid-19 di Indonesia. Terkonfirmasi sebanyak 1.285 kasus, dengan angka kematian mencapai 114, dan pasien covid-19 yang sembuh berjumlah 64 orang.

Merespon akan perkembangan penyebaran virus covid-19 yang kian masih, pemerintah pun pada beberapa hari yang lalu telah mengeluarkan langkah-langkah panduan guna memperlambat serta menghentikan laju penyebaran tersebut. Salah satu langkah awal untuk menanggulangi penyebaran virus covid-19 adalah dengan perintah untuk tetap berada di rumah atau “stay at home“.

7 Pertanyaan Tentang Panduan #DiRumahAja Yang Sering Dilontarkan Masyarakat Umum

Apa sebenarnya maksud dari perintah untuk tetap berada di rumah, dan bagaimana efek yang ditimbulkan bagi masyarakat umum. Pasti timbul beberapa pertanyaan yang sering muncul atas langkah panduan tetap di rumah tersebut. Berikut beberapa pertanyaan tentang panduan #DiRumahAja yang sering kali dilontarkan masyarakat pada umumnya.

1. Apa Sih Maknanya Tetap Berada Di Rumah?

Perintah untuk tetap berada di rumah artinya sebisa mungkin kamu harus berada di rumah dan hindari untuk melakukan kontak langsung dengan orang lain, kecuali sangat penting dan mengharuskan kamu untuk keluar rumah.

Sebisa mungkin untuk selalu berada di rumah, dan keluarlah dalam keadaan tertentu yang memang mengharuskanmu seperti untuk mendapatkan pertolongan, membeli obat, mencari makanan, dan bekerja. Perhatikan selalu untuk melakukan langkah-langkah ini saat kamu berada di luar rumah.

2. Apa Tujuan Dari Tetap Berada Di Rumah?

Tujuan dari stay at home tentu mengurangi jumlah orang yang kemungkinan besar dapat terpapar virus covid-19 dengan mudah. Jika semua orang diperbolehkan untuk melkukan hal yang biasa mereka lakukan, kemungkinan besar mereka akan melakukan kontak dengan virus. Sekitar 80% akan mengalami rasa sakit, dan 20% nya lagi mengharuskan mereka mendapatkan perawatan di Rumah Sakit.

3. Apa Yang Dapat Saya Lakukan Jika Ada Perintah Untuk Tetap Berada Di Rumah?

Kamu masih bias melakukan berbagai aktifitas seperti biasanya seperti mendapatkan obat, berbelanja makanan, dan memenuhi kebutuhan lainnya seperti suplai makanan dan minuman. Meskipun pada umumnya beberapa fasilitas umum akan tetap buka seperti SPBU, Bank, Kantor Pos, Dan Pengiriman Barang. Namun, ada juga yang mengharuskan untuk tutup seperti Gym, kolam renang dan tempat wisata.

4. Apa Yang Tidak Boleh Dilakukan?

Yang tidak diperbolehkan saat perintah tetap di rumah dikeluarkan adalah berkumpul dengan banyak orang jika memang tidak diperlukan seperti pesta pernikahan, mengunjungi konser, dan masih banyak hal lainnya.

5. Berapa Lama Biasanya Hal Ini Dilakukan?

Hingga saat ini memang masih belum diketahui secara jelas berapa lama langkah perintah tetap berada di rumah dan efek yang ditimbulkan.

6. Perlukah Untuk Menyimpan Dan Mengumpulkan Beberapa Makanan?

Hal ini sangat dianjurkan jika sampai perintah tetap berada dirumah dikeluarkan oleh pemerintah. Bebrapa hal yang perlu untuk kamu simpan seperti makanan beku, makanan kaleng, buah-buahan, roti, pasta, cemilan, dan juga ikan. Hal ini perlu dilakukan meskipun ada beberapa tempat yang membatasi pembelian barang makanan berupa gula, susu, telur, dan beberapa hal lainnya.

Sangat dianjurkan untuk melakukan pembelian barang secara online, hal ini untuk menanggulangi kamu keluar rumah untuk mengunjungi took kebutuhan pangan. Jangan lupa pula untuk selalu menyediakan tisu dan juga air minum.

7. Langkah Apa Saja Yang Harus Saya Lakukan Untuk Melindungi Diri Saat Meninggalkan Rumah?

Tujuan dari melakukan langkah tetap berada di rumah adalah menghindari kontak dengan orang lain serta menghindari terkontaminasi dari droplets virus covid-19 saat seseorang di dekatmu bersin ataupun batuk.

Kamu bias menggunakan hand sanitizer setiap dibutuhkan, ataupun mencuci tangan selama kurang lebih 20 detik setelah tiba di rumah. Sangat dianjurkan pula untuk menjaga jarak dari orang lain kurang lebih 1 meter hingga 2 meter.

No Comments Yet

Comments are closed