7 Pilihan Makanan dan Minuman Sehat Untuk Sarapan Pagi

Hari baru telah tiba ketika waktu pagi datang! Semangat baru untuk menjalani aktivitas ataupun rutinitas telah dimulai saat matahari telah terbit. Untuk mengawali hari yang baru, salah satu aktivitas yang tidak boleh dilupakan adalah mengisi tenaga pada tubuh dengan sarapan. Dengan sarapan, tentunya badan akan lebih bertenaga dan lebih semangat untuk menjalani aktivitas.

Ada ragam menu sarapan yang bisa dipilih untuk menemani di hari pagimu. Mulai dari makanan pokok seperti nasi uduk, nasi goreng, dan juga nasi kuning. Ataupun juga terdapat beberapa makanan yang lebih ringan untuk disantap seperti aneka roti, kue dan juga kemasan sereal yang mudah untuk makan pagi yang cepat.

Meskipun terdapat ragam makanan dan minuman yang bisa disantap di pagi hari, pilihan menu makanan dan minuman sehat untuk sarapan pagi bisa menjadi pilihan alternatif untuk kamu yang ingin menikmati sarapan tanpa memikirkan efek samping pada kesehatan lho! Lantas menu makan dan minuman sehat apa saja yang bisa menjadi rekomendasi untuk sarapanmu? Berikut beberapa makanan sehat tersebut yang bisa kamu pilih.

Telur

Makanan sehat pertama yang bisa kamu konsumsi untuk sarapanmu adalah telur. Ya! Telur bisa menjadi makanan yang cukup sehat bagi waktu sarapanmu lho. Selain itu, dengan mengkonsumsi juga dapat membuat perut menjadi cukup kenyang dan bisa memberikan energi yang cukup baik untuk aktivitasmu di pagi hari. Hal itu karena kandungan protein pada telur dapat mencukupi kebutuhan sarapan di pagi hari.

Dalam sebutir telur memiliki 13 kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan seperti Vitamin B kolin untuk daya ingat ataupun lutein yang bisa mempersehat mata untuk penglihatan kita. Selain itu, ada juga kandungan kolin yang bisa membuat sehat otak serta hati di dalam tubuh kita lho.

Kamu bisa memvariasi olahan telur menjadi hidangan yang cukup lezat di waktu sarapanmu. Masakan seperti telur mata sapi ataupun telur orak arik adalah beberapa olahan menarik yang bisa dibuat di pagi hari. Untuk menjadi lebih lezat, kamu bisa menambahkan irisan sayur maupun saus pelengkap agar rasanya menjadi lebih nikmat.

Oatmeal

Selain sereal, ada makanan sehat lainnya yang bisa disantap dengan cepat dan juga mudah untuk sarapanmu lho. Oatmeal sendiri terbuat dari biji gandum yang kaya akan protein. Di dalam oatmeal juga terdapat zat besi, magnesium serta Vitamin B Kompleks yang berguna bagi tubuh. Oatmeal juga dapat mencegah resiko penyakit pada tubuh seperti jantung, hipertensi, kolestrol, ataupun diabetes.

Cukup menambahkan susu cair layaknya seperti menikmati sereal dan itu sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuhmu saat sarapan di pagi hari. Selain itu, kamu bisa menambahkan buah segar saat mengkonsumsi oatmeal agar lebih sehat dan juga lebih segar saat dikonsumsi.

Greek Yogurt

Berbeda dengan yogurt biasa pada umumnya, greek yogurt adalah salah satu varian yogurt yang bisa memberikan manfaat lebih banyak dari yogurt lainnya lho. Diketahui bahwa Greek yogurt memiliki sumber protein yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, greek yogurt juga mempunyai kalsium yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan tulang di dalam tubuh.

Untuk menikmati Greek yogurt sendiri, kamu bisa menikmatinya dengan berbagai cara. Cara yang paling mudah adalah menikmatinya secara langsung, namun bisa juga ditambahkan beberapa bahan pelengkap seperti buah-buahan, kacang-kacangan, ataupun granola yang dapat menambah rasa lezat saat menyantap yogurt ini tanpa mengesampingkan sisi kesehatan.

Ragam jenis buah beri

Kamu menyukai buah beri? Jika iya, kamu bisa mengkonsumsinya untuk sarapanmu lho! Ragam jenis beri yang bisa kamu pilih seperti stroberi, blueberry, raspberry, ataupun blackberry adalah beberapa contoh beri yang memiliki kada gula yang rendah serta tinggi serat yang baik bagi tubuh. Agar lebih nikmat, kamu bisa mencampurkan buah beri tersebut ke dalam beberapa makanan seperti roti, yogurt, ataupun oatmeal yang sesuai dengan selera kamu.

Teh Hijau

Setelah menyantap hidangan sarapan, sekarang saatnya meminum minuman hangat di pagi hari. Untuk pagi harimu, kamu bisa meminum segelas teh hijau untuk sarapanmu. Teh hijau sendiri dikenal lebih sehat dibandingkan pada teh biasa pada umumnya. Di dalam segelas teh hijau terdapat beberapa kandungan yang baik bagi tubuh seperti antioksidan dan juga L-theanine.

Meminum segelas teh juga dapat mencegah tubuh dari berbagai resiko penyakit lho. Beberapa gejala penyakit seperti melindungi fungsi otak, saraf, jantung, serta bisa meningkatkan fokus adalah contoh manfaat yang bisa kamu dapat di dalam segelas teh hangat di pagi hari.

Kopi

Tahukah kamu juga meminum kopi di pagi hari juga bisa memberikan dampak yang sehat bagi tubuh? Untuk bisa menjadi minuman yang sehat untuk sarapanmu, cobalan untuk meminum kopi tanpa menggunakan creamer ataupun gula ketika menyeduhnya. Efek kandungan di dalam segelas kopi juga terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan berguna bagi kesehatan tubuh.

Dalam segelas kopi tersebut selain memiliki antioksidan yang tinggi, kopi juga bisa menghindarkan tubuh dari beberapa masalah kesehatan seperti mengurangi resiko kanker, diabeters, hingga menurunkan resiko penurunan keterampilan kognitif. Selain itu, kafein di dalam kopi juga bisa meningkatkan mood baik pada tubuh di pagi hari.

Setelah mengetahui beberapa makanan dan minuman sehat yang bisa disantap untuk waktu sarapan, yang mana menjadi favoritmu? Tetap ingat bahwa sarapan menjadi hal yang penting serta tidak boleh dilewatkan agar aktivitas dapat dilakukan dengan semangat dan tidak lapar di pagi hari. Sudahkan kamu sarapan pagi pada hari ini?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed