Di Rumah Banyak Nyamuk? Ini 7 Rekomendasi Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Di Rumah Banyak Nyamuk? Ini 7 Rekomendasi Tanaman Hias Pengusir Nyamuk – Suka kesel ngga sih kalau lagi asik-asiknya bersenda gurau bareng anak dan istri tapi digangguin sama nyamuk. Pasti kesel dan jengkel banget kan?

Kamu tahu ngga, nyamuk merupakan serangga yang dianggap sebagai pengganggu bagi kita sebagai manusia. Selain itu, nyamuk bahkan bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan deman berdarah. Kasihan kalau sanak family kita sampai tekena imbas penyakit tersebut bukan. Terkadang karena kesal dan jengkel karena gangguan nyamuk itu, akhirnya kita memutuskan untuk menggunakan berbagai obat-obatan. Tanpa sadar akan efek samping yang ditumbulkannya.

Jaman makin modern, namun ternyata lagi-lagi tuhan telah memberikan kita jawaban atas segalanya. Bila kita ragu menggunakan obat-obatan guna mengusir nyamuk ternyata ada beberapa tanaman hias yang mampu mengusir mereka lho. Beberapa tanaman hias seperti lavender, rosemary, dan krisan dikenal memiliki efek mengusir nyamuk sehingga membuat rumah kita lebih nyaman.

7 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Setiap tanaman memiliki keistimewaannya masing-masing. Nah, kita tinggal pilih tanaman hias mana yang cocok dengan rumah kita? Sebagai solusi, kami akan berbagi tips untuk memilih tanaman hias pengusir nyamuk yang sesuai untuk hunian.

Serai Wangi

Serai Wangi

Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman saja. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk sering menggunakan serai sebagai bahan utamanya. Serai bisa tumbuh subur di berbagai iklim dan jenis tanah. Hal inilah yang membuat serai jadi tanaman yang mudah ditemui dan dipelihara sendiri di rumah. Meskipun serai tidak cocok bila ditanam di dalam pot, kita bisa mengakalinya dengan menanamnya di bawah jendela sekitar rumah. Ini dilakukan agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

Lemon balm

Lemon Balm

Sama seperti serai, lemon balm juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk. Meski begitu, Kamu harus berhati-hati apabila ingin menanam daun ini di pekarangan rumah. Pasalnya, tanaman ini memiliki sifat invasif, atau memiliki pertumbuhan yang cepat.

Lavender

Lavender

Bunga lavender berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harum. Meski aromanya banyak disukai manusia, namun bagi nyamuk aroma lavender merupakan aroma yang paling dihindari. Pasalnya lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, yaitu dua zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Kamu bisa meletakkan tanaman bunga lavender di dalam pot dekat jendela atau pintu agar tidak ada nyamuk yang masuk ke rumah.

Catnip

catnip

Catnip atau Nepeta cataria adalah tanaman yang sering digunakan untuk merangsang kucing agar lebih aktif. Setelah kontak dengan tanaman ini, kucing Kamu mungkin akan menunjukkan perubahan perilaku yang semakin aktif. Namun, hal ini tidak berlaku bagi nyamuk. Pasalnya, catnip merupakan tumbuhan yang sangat ditakuti nyamuk. Penelitian menundapati bahwa kandungan minyak esensial dalam catnip, yang dikenal sebagai nepetalactone, diketahui ampuh untuk mengusir nyamuk daripada obat DEET (Diethyl-meta-toluamide), yaitu unsur kimia yang berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan.   Tanaman ini bisa tumbuh tinggi, jadi jika Kamu ingin menanamnya di pekarangan rumah, sebaiknya tanamlah di area yang tidak akan menghalangi pKamungan.

Baca Juga : Tips & Trik Lainnya Di Blog Lakupon

Zodia

zodia

Zodia adalah tanaman endemik asal Papua yang sudah banyak dibudidayakan saat ini. Masyarakat Papua biasa menggunakan aroma dari tanaman ini untuk mengusir nyamuk. Anda cukup meletakkannya di dalam ruangan untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, untuk hasil lebih optimal, Anda juga boleh mengusapkan daunnya ke kulit Anda.

Memiliki tinggi sekitar 70 cm ketika sudah dewasa, tanaman ini tak akan terasa terlalu bongsor diletakkan di dalam ruangan. Satu lagi khasiat hebat dari tanaman ini! Hanya dengan mengusapkan daun Zodia ini pada area bekas gigitan nyamuk, bentol dan gatal pun lenyap. Cocok bagi Anda yang menginginkan lebih dari sekadar tanaman pengusir nyamuk.

Bunga kamboja

Bunga kamboja

Bunga kamboja sering dianggap bunga keramat karena pohonnya sering ditemukan di pemakaman. Meski begitu, bukan berarti bunga ini tidak bisa ditanam di perkarangan rumah Anda. Tanaman ini cukup banyak disukai karena bunganya hadir dalam beberapa macam warna lembut. Saat mekar sempurna, kebanyakan orang akan berdecak kagum akan keindahan bunganya.

Untuk mendapatkan efek yang optimal, Anda dapat mengekstraksi minyak bunganya. Minyaknya harum dan memiliki efek aromaterapi, sekaligus ampuh dalam mengusir nyamuk. Tanaman bunga ini mampu tumbuh hingga setinggi 6 meter dan hidup selama puluhan tahun. Tak ingin bolak-balik menanam tanaman pengusir nyamuk? Tanaman kamboja solusinya.

Geranium

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Geranium juga diketahui sebagai jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin. Kamu bisa menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Selain untuk mengusir nyamuk, geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna bunga yang sangat cantik.

Menemukan tanaman hias pengusir nyamuk yang cocok memang membutuhkan ketelitian karena jenisnya yang beragam. Kamu juga harus memikirkan faktor perawatan dan ukuran tanamannya. Namun, begitu Kamu menemukan tanaman yang cocok, rumah Kamu akan menjadi lebih nyaman karena bebas nyamuk.

Jadi, apakah Kamu sudah menemukan tanaman yang cocok untuk diletakkan atau ditanam di rumah? Kami harap salah satu dari tanaman yang kami rekomendasikan menjadi kandidatnya. Semoga dengan artikel ini Kamu dapat terbantu dalam mengusir nyamuk-nyamuk pengganggu yang membawa penyakit.

No Comments Yet

Comments are closed