AC Kendaraan Tidak Wangi? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Dari banyaknya komponen pada mobil, AC atau Air Conditioner menjadi hal yang sangat penting ketika berkendara di dalam mobil. Selain memberikan kenyamanan memberikan suhu yang sejuk, AC mobil juga berguna untuk mengontrol sistem sirkulasi udara di dalam mesin mobil. Karena fungsi pentingnya ini, maka AC pada mobilpun tak pernah absen saat berkendara. Jika AC sudah dingin suhunya, tetapi bagaimana jika kondisi pada AC kendaraan tidak wangi?

Ketika AC mobil menjadi tidak wangi, tentu ini menjadi sebuah masalah dan juga bisa memberikan dampak yang kurang nyaman saat berkendara. Biasanya, beberapa hal ini kerap menjadi salah satu penyebab mengapa AC pada mobil menjadi tidak wangi. Agar semakin paham dengan komponen mobil yang satu ini ketika mendapatkan masalah tersebut, berikut penyebabnya!

 

Kabin dan interior di dalam mobil yang kotor

Kebersihan tentu adalah salah satu hal yang penting agar terciptanya kondisi yang bersih dan juga terhindar dari bau yang kurang sedap. Kebersihan ini juga bisa mempengaruhi pada AC mobil, tak terkecuali dapat mepengaruhi pada kesegaran dari AC itu sendiri.

Jika kabin dan interior di dalam mobil tidak terjaga kebersihannya, maka ini menjadi penybebab umum AC pada mobil menjadi kurang sedap. Selain itu, debu yang menempel pada AC ataupun pada kompresor AC juga bisa dapat menumpuk dan akan berjamur hingga membuat AC menjadi tidak wangi.

 

Kualitas parfum mobil yang kurang baik

Agar interior di mobil menjadi wangi, pada umumnya para pemilik mobil akan memasang pengharum ataupun parfum pada mobil. Pengharum yang digunakan juga terkadang dibeli dengan harga yang murah tanpa memikirkan kualitas dari pengharum itu sendiri agar bisa menekan biaya.

Namun alih-alih ingin membuat interior pada mobil menjadi wangi, tapi yang didapat hanya bau yang kurang sedap. Karena hal ini pula yang membuat siruklasi AC menjadi kurang baik dan munculnya bau tidak sedap. Hindari penggunaan pengharum yang memiliki kadar alkohol yang tinggi dan juga berkualitas rendah, karena kedua hal tersebut dapat menyebabkan bau asam pada AC mobil.

 

Freon AC yang bermasalah

Ternyata, freon pada AC bisa menjadi penyebab masalah yang timbul pada AC mobil yang tidak wangi lho. Biasanya, ada 2 hal mengapa freon pada AC mobil menjadi penyebab timbulnya bau tidak sedap tersebut. Yang pertama karena adanya kebocoran pada freon itu sendiri. Jika terjadi kebocoran, maka freon akan bercampur dengan udara yang menyebabkan bau tak sedap.

Masalah lainnya yang ditimbulkan akibat freon yang bermasalah adalah akibat freon yang tercemar oleh kotoran. Apabila freon sudah tercemar oleh kotoran, maka AC pun akan berbau tidak sedap serta suhu menjadi kurang dingin.

 

Evaporator AC yang kotor

Masalah lainnya yang menyebabkan AC menjadi tidak wangi adalah karena evaporator yang kotor. Pada bagian komponen ini, tentu memiliki fungsi yang penting pada AC agar dapat berfungsi dengan baik. Apabila evaporator telah kotor, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab AC menjadi berbau tidak sedap. Hal itu dikarenakan evaporator yang kotor akan berlendir dan juga berjamur sehingga memicu bau yang tidak sedap pada AC mobil.

AC pada mobil tentu menjadi komponen yang sangat penting ketika digunakan saat berkendara. Karena seringnya penggunaan tersebut, maka perawatan pada AC mobil sendiri juga perlu diperhatikan agar tetap bersih dan juga terhindar dari bau yang tidak sedap. Pengecekan secara rutin dan juga pembersihan beberapa komponen AC juga perlu dilakukan agar kinerja AC itu sendiri dapat berjalan secara maksimal dan memberikan kenyamanan bagi sang pengendara tersebut.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed