5 Angkringan Terpopuler Ini Wajib Kamu Sambangi saat Wisata ke Jogja

Angkringan merupakan salah satu tempat makan sekaligus kongkow yang populer di Yogyakarta. Angkringanpun menjadi ciri khas kuliner saat wisata ke Jogja. Walaupun sudah banyak kita temui di Jakarta dan sekitarnya, rasanya belum lengkap rasanya kalau ke Jogja tidak kulineran ke angkringan.

Di tempat makan itu, kamu akan menemukan berbagai macam menu khas dari sate-satean, lauk pauk hingga nasi kucing yang wajib ada. Makanannya pun terbilang cukup ringan karena porsinya tak terlalu besar sehingga cocok untuk teman ngobrol. Angkringan hanya buka di malam hari dan biasanya berada di pinggir jalan. Nuansa khas Jogja di malam hari ini bisa kamu rasakan bersama teman-teman.

Angkringan Jogja Populer

Jika kamu berencana wisata ke Yogyakarta, yuk mampi ke angkringan enak di Jogja berikut ini:

1. Angkringan Lek Man

Angkringan

Salah satu menu yang paling terkenal justru bukan lauk atau nasi kucingnya, melainkan kopinya. Kopi Joss ala Lek Man ini menggunakan arang menyala yang dicelup ke gelas layaknya es batu. Tambahan arang menyala pada kopi hitam justru menambah kenikmatan saat menyeruputnya.

Angkringan

Menu yang ditawarkan juga bervariasi seperti nasi kucing, aneka sate (sate usus ayam, sate telur puyuh, sate kulit) dan aneka gorengan. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung dan sering menjadi tujuan kuliner malam wisatawan.

Lokasi:
Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta.

2. Angkringan Pak Jabrik

Angkringan

Jangan lewatkan juga untuk kulineran di angkringan ini. Angkringan yang beralaskan tikar ini sangat lengkap menunya yang mantap. Pengunjung bisa duduk lesehan sambil menikmati berbagai rasa nasi kucing.

Nasi kucing sambal teri
Nasi kucing mercon jamur
Nasi kucing oseng ati
Oseng tempe, oseng jamur dan sambal tomat

Angkringan

Menu lauknya juga bervariasi, antara lain sate keong, sate telur puyuh, sate kulit, sate usus dan aneka gorengan.

Lokasi:
Jalan Mangkubumi, Yogyakarta (depan kantor Surat Kabar Kedaulatan Rakyat – KR)

3. Angkringan Prasmanan Kang Harjo

Angkringan

Angkringan ini memiliki konsep prasmanan sehingga pembeli akan lebih leluasa memilih makanannya. Ada banyak lauk yang ditawarkan hingga 50 jenis lauk dan 24 macam sayur. Pilihan minumannya juga bervariasi seperti the poci gula batu, wedang jahe gula batu, susu tape ketan dan wedang uwuh.

Angkringan

Kamu pun bisa datang bersama banyak teman karena tempatnya cukup besar. Ada juga saung lesehan di lantai dua yang mampu menampung banyak orang.

Lokasi:
Jalan Wijilan, Yogyakarta.

4. Angkringan Pendopo Ndalem

Angkringan

Bukan di pinggir jalan, melainkan dalam ruangan dengan suasana ala bangsawan Jogjakarta. Angkringan ini mirip seperti restoran yang di prakarsai oleh Jogja Automotive Community. Disana juga sering menjadi tempat berkumpulnya komunitas Yogya. Desain interior angkringan ini dipenuhi dengan ornament jawa yang sangat etnik, seperti pada lampu, furniture hingga bangunannya.

Angkringan

Untuk makanan dan minumannya sendiri cukup bervariasi, seperti wedang leser dan wedang gasu. Kedua minuman ini sangat unik karena diracik dari rempah seperti serai, cengkeh hingga jeruk nipis.

Lokasi:
Jalan Sompilan no.12, Ngasem, Jogjakarta

5. Angkringan Ngaggo Suwe (Lek Adi)

Angkringan

Walaupun terlihat seperti warung nasu biasa, tempat ini juga memiliki menu angkringan, namun tanpa gerobak yang menjadi ciri khas angkringan. Ada banyak menu yang bisa pengunjung coba seperti nasi bakar, aneka sate, aneka sate hingga tongseng keong. Banyak anak mahasiswa yang nongkrong di tempat ini sembari menikmati aneka wedang hangat di malam hari.

Lokasi:
Jalan Pramuka, Giwangan, Umbulharjo, Jogjakarta.

Ingin berkunjung ke Jogja? Jangan lupa untuk menikmati kuliner malamnya di angkringan-angkringan populer di Jogja ini.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON