Apa Keuntungan Sering Melakukan Medical Check Up? Ini Manfaatnya!

Kesehatan adalah hal yang paling penting untuk dijaga bagi diri kita. Selain itu, kesehatan juga merupakan salah satu aset yang paling berharga untuk setiap pribadi. Dengan memiliki kesehatan yang prima, tentu segala aktivitas yang dilakukan sehari-hari akan berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan kesehatan. Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah suatu hal yang wajib kita lakukan agar kondisi badan tetap prima.

Nah untuk menjaga kondisi kesehatan pada tubuh kita, ada beragam cara yang bisa kita lakukan. Beberapa aktivitas seperti berolahraga secara rutin, mengkonsumsi buah-buahan dan sayur, dan juga istirahat yang cukup adalah beberapa contoh aktivitas sehat yang bisa kita lakukan secara rutin agar tubuh bisa tetap sehat dan juga fit. Selain beberapa aktivitas tersebut, salah satu yang bisa dilakukan agar bisa mengetahui keadaan kondisi kesehatan tubuh adalah dengan melakukan Medical Check Up.

Medical Check Up, Pemeriksaan Badan Secara Menyeluruh

Lebih rinci, Medical Check Up dapat diartikan sebagai pemeriksaan kondisi kesehatan secara menyeluruh pada seluruh anggota tubuh. Dengan pemerikaan Medical Check Up ini, beberapa gejala penyakit ataupun permasalahan pada kondisi tubuh dapat diketahui dan nantinya bisa dianalisis secara medis oleh dokter. Selanjutnya, rencana pengobatan maupun metode perawatan yang akan dijalankan nantinya bisa dilakukan dengan merujuk hasil pemeriksaan yang telah dilakukan tersebut.

Dalam pemeriksaan ini, biasanya dokter akan menanyakan berbagai keluhan yang dirasakan oleh sang pasien. Selanjutnya dokter akan mencatat berbagai keluahan tersebut dan akan diperiksa lebih lanjut sesuai dengan riwayat rekam jejak kesehatan pada pasien. Pemeriksaan ini juga meliputi pemeriksaan pada bagian vital pada tubuh dan juga kondisi fisik dari pasien tersebut.

Baca juga artikel lainnya disini: Apa Itu Foto Rontgen? Ini Yang Perlu Kamu Ketahui

Memiliki Beberapa Prosedur Dalam Pemeriksaannya

Karena merupakan aktivitas di bidang medis, Medical Check Up juga memiliki beberapa prosedur dalam tindakannya. Beberapa prosedur dalam perawatan medis ini sebagai berikut:

Pemeriksaan riwayat kesehatan pasien

Ini adalah tahap awal dalam prosedur tersebut. Dokter akan menanyakan kondisi serta riwayat kesehatan pada pasien. Selain itu, dokter juga akan menanyakan beberapa hal mengenai apakah pasien mengkonsumsi alkohol atau tidak, seorang perokok aktif atau bukan, seberapa seringnya berolahraga hingga gaya hidup sang pasien sehari-hari.

Pemeriksaan tanda vital tubuh

Pemeriksaan selanjutnya akan fokus ke dalam beberapa pemeriksaan pada organ vital di dalam tubuh. Diantara pemeriksaan organ vital tubuh tersebut diantaranya:

Frekuensi denyut jantung. Denyut jantung normal adalah 60-100 kali per menit.

– Frekuensi pernapasan. Pernapasan normal berkisar antara 12-20 kali per menit.

– Suhu tubuh.  Suhu badan normal rata-rata berkisar antara 36-37 derajat Celcius.

– Tekanan darah. Tekanan darah yang dikatakan normal adalah 90/60 mmHg sampai di bawah 120/80 mmHg.

Pemeriksaan fisik

Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada pasien. Pemeriksaan ini akan dimulai dari mengukur berat badan dan juga tinggi badan pasien serta pengecekan dari kepala hingga kaki. Selain itu, ada juga pemeriksaan otot yang dilakukan dengan beberapa rangkaian intruksi perintah yang diberikan oleh dokter untuk dilakukan oleh pasien tersebut. Lebih lanjut dalam prosedur pemeriksaan fisik, dokter juga akan melakukan pemeriksaan kelamin pada pasien agar bisa mengecek adakah indikasi gejala ataupun penyakit secara menyeluruh di setiap anggota tubuh.

Pemeriksaan penunjang lainnya

Selain beberapa pemeriksaan tadi, ada juga beberapa prosedur pemeriksaan penunjang lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih rinci pada tubuh dalam pemeriksaan Medical Check Up tersebut. Pemeriksaan penunjang lainnya yang bisa dipilih oleh pasien diantaranya pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan pencitraan, rekam jantung dan juga Paps Smear.

Baca juga artikel lainnya disini: Begini Trik Lolos Medical Check Up (Tes Kesehatan) untuk CPNS, TNI & Polri

Mempunyai Manfaat Yang Baik

Selain bisa mengetahui kesehatan dan juga kondisi tubuh, melakukan Medical Check Up juga bisa memberikan manfaat yang cukup baik bagi kita lho. Beberapa manfaat mulai dari segi ekonomi hingga untuk segi kesehatan itu sendiri bisa didapati dengan melakukan pengecekan kesehatan ini dengan rutin. Untuk itu, beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.

Bisa memiliki data kesehatan

Dengan melakukan Medical Check Up secara rutin, maka kita bisa memiliki data kesehatan untuk tubuh kita yang cukup lengkap. Dengan begitu, setiap pemeriksaan kesehatan nantinya akan lebih mudah dilakukan serta bisa cepat ditangani karena sudah memiliki data kesehatan yang rinci secara berkala.

Menekan biaya kesehatan

Jika di dalam tubuh terserang suatu penyakit, tentunya biaya untuk pengobatan yang dikeluarkanpun akan cukup besar. Selain itu, biaya pengobatan yang dilakukan di rumah sakit setiap tahunnya juga akan mengalami kenaikkan sehingga akan menjadi lebih mahal. Untuk itu, dengan melakukan Medical Chek Up secara rutin, maka kita bisa mengetahui serta mencegah berbagai gejala penyakit yang ada pada tubuh kita sedini mungkin agar perawatan kesehatan nantinya tidak terlalu besar karena sudah dilakukan pencegahan dari sebelumnya.

Mencegah penyakit yang ada di dalam tubuh

Dengan mengetahui kondisi tubuh lewat pemeriksaan medis, maka kita bisa mencegah berbagai gejala penyakit yang bisa timbul di kemudian hari. Selanjutnya, dokter juga bisa memberikan rekomendasi penanganan medis untuk mencehag timbulnya penyakit tersebut di dalam tubuh. Berbagai gejala seperti hipertensi, Alzheimer, diabetes, hingga kanker pun bisa dicegah lebih dini dengan adanya pengecekan kondisi kesehatan.

Mendapatkan rekomendasi untuk pola hidup sehat

Setelah dilakukan pengecekan oleh dokter, tentunya kita bisa mendapatkan rekomendasi pola hidup sehat untuk menjaga tubuh tetap bugar. Dokter juga akan memberikan saran mengenai seputar menjaga kesehatan seperti olahraga yang bisa dilakukan, ragam sayuran ataupun buah yang tepat untuk dikonsumsi, hingga saran untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kesehatan merupakan hal yang cukup penting bagi tubuh kita. Dengan pentingnya memiliki kesehatan pada tubuh, Medical Check Up menjadi kegiatan yang cukup penting agar bisa mengetahui dan juga mengontrol kesehatan tubuh agar bisa tetap bugar dan juga sehat. Yuk mulai hidup sehat dari sekarang juga!

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed