Rencana Ambil Asuransi Mobil? Begini Tipsnya Agar Menguntungkan

Asuransi Mobil menjadi salah satu pilihan yang harus kamu ambil jika memiliki kendaraan roda empat. Memiliki tabungan untuk perawatan mobil saja belum cukup, untuk itu, asuransi mobil bisa jadi pilihan selanjutnya. Tapi, sebelum kamu ambil asuransi kendaraan, ketahui dulu jenisnya berikut ini:

Jenis Asuransi Mobil

Asuransi Mobil

Ada 2 jenis asuransi mobil yang umum ditawarkan, antara lain:

1. Asuransi All Risk

Asuransi kendaraan ini melingkupi asuransi keseluruhan. Asuransi ini bisa kamu pilih jika mobilmu berumur 0-10 tahun. Kenapa? Karena pada usia tersebut kondisi body mobil masih mulus sehingg inilah saat yang tepat untuk melindunginya secara menyeluruh. Asuransi jenis ini juga umum menawarkan klaim untuk kecelakaan (tabrakan), pencurian, perlindungan dari banjit, dll. Lebih dari itu, asuransi all risk juga bisa melindungi dari tuntutan pihak ketiga, terbalik, kebakaran, tergelincir, dll.

2. Asuransi TLO (Total Loss Only)

Asuransi mobil jenis ini hanya meng-cover untuk kehilangan total, maksudnya adalah akibat pencurian atau kerusakan. Kamu bisa menggunakan jenis asuransi ini jika mobil sudah berusia 10-15 tahun, karena kondisi body mobil sudat tak semulus dulu dan bisa berpeluang tidak digunakan lagi. Jika mobil lama yang berusia 6-10 tahun menggunakan asuransi all risk maka akan dikenakan biaya loading rate 5% per tahun.

Tips Memilih Asuransi Mobil

Asuransi Mobil

1. Sesuaikan dengan Kemampuan

Kini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai macam perlindungan. Semakin banyak yang dilindungi tentu semakin baik, namun kamu harus menyesuaikannya dengan kemampuan membayar premi asuransi. Jangan sampaimudah tergiur oleh biaya premi asuransi yang murah karena belum tentu mendapatkan pelayanan yang baik kamu butuhkan. Sebaiknya bandingkan terlebih dahulu pada setiap produk asuransi dari setiap perusahaan asuransi mobil, agar mendapatkan yang sesuai kebutuhanmu.

Asuransi Mobil

2. Pilih Perusahaan Asuransi Terbaik

Kini banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan program proteksi kendaraanmu. Dalam memilih asuransi mobil sebaiknya jangan terburu-buru, berikut tips memandingkan setiap perusahaan asuransi kendaraan.

Kredibilitas Perusahaan: Pastikan perusahaan tersebut memiliki kredibilitas baik yang terpercaya.

• Review Konsumen: Penting sekali melihat review dari konsumen yang sudah menggunakan jasa asuransi sebuah perusahaan. Kamu bisa mengeceknya dari berbagai forum online dan internet. Cek seberapa besar tingkat keluhan nasabah yang menggunakan jasa asuransi tersebut.

• Bengkel Rekanan: Pertimbangkan juga asuransi yang rekanan dengan bengkel kendaraan mobilmu. Bengkel rekanan dengan asuransi bisa dipercaya dan mempermudah saat melakukan perbaikan.

• Fitur Layanan Perusahaan: Dengan fitur pelengkap dari layanan asuransi tentu membuatmu lebih nyaman dan mudah. Pilih perusahaan asuransi dengan layanan call center 24 jam sehingga kapanpun kamu butuhkan, mereka siap dengan keluhan dan tindakan yang bisa dilakukan. Contoh fitur layanan lain yang bisa kamu cek pada produk asuransi mobil, seperti:

Asuransi Mobila. Mobil derek
b. Pick up Service
c. Bengkel Autorized
d. Kartu Member
e. Biaya Ambulance
f. Layanan Service Perpanjangan STNK
g. Dll

• Layanan Mobile: Kini jamannya sudah digital sehingga kemudahan mengakses layanan asuransi bisa via smartphone kamu. Dengan layanan mobile ini kapanpun dan dimanapun bisa dengan mudah kamu lakukan.

3. Pertimbangkan Rekomendasi Dealer

Jika kamu bingung memilih asuransi mobil, coba pertimbangkan rekomendasi dari dealer mobil. Dealer akan merekomendasikan perusahaan asuransi mobil yang mungkin bisa dipercaya. Namun, tetap pertimbangkan dengan memandingkan setiap perusahaan asuransi.

Setiap jenis asuransi dari perusahaan yang berbeda memberikan manfaat yang berbeda pula, hal ini tergantung dari jenis dan fitur layanan. Cek manfaat yang bisa kamu dapatkan dari setiap program asuransi sehingga kamu tak akan mengalami kerugian di masa yang akan datang.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON