Ayo Liburan ke 10 Tempat Wisata Populer di Ancol Taman Impian Jakarta

Rekreasi di Ancol Taman Impian semakin menyenangkan dengan kehadiran Kereta Wisata Sato-Sato. Transportasi massal ini selain bisa mengantarkan wisatawan ke berbagai destinasi seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark, dan yang lainnya, juga bisa menjadi wahana rekreasi sambil menikmati pemandangan sepanjang Ancol.
Mau tahu 10 tempat wisata populer di ancol taman impian Jakarta? Mau tahu juga bagaimana cara dapatkan tiket ancol dengan harga super murah hanya 15 ribu? Simak ulasan selengkapnya di artikel berikut ini ya.

Pantai Ancol

ancol_1

Wisata pantai ancol hingga kini masih menjadi destinasi utama saat liburan. Ancol Taman Impian mempunyai pemandangan pantai yang indah, dan merupakan destinasi wisata pantai favorit dalam kota Jakarta. Pengunjung kawasan Ancol dapat menikmati udara segar serta pemandangan alami di area Pantai Lagoon, Festival, Indah, Beach Pool dan Carnaval, serta Danau Impian, sepanjang kurang lebih 6,5 km.
Wisata pantai ancol ini makin sempurna dengan adanya promenade di hampir sepanjang pantai, serta fasilitas kuliner yang lengkap, antara lain: Jimbaran Resto, Le Bridge, Starbucks, Segarra, Talaga Sampireun dan lain-lain. Hal tersebut menjadikan wisata pantai Ancol ini lebih menarik untuk dikunjungi.

Dunia Fantasi

Tahukah kamu, Dunia Fantasi atau “Dufan” telah berumur lebih dari 30 tahun. Pertama kali dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1985 dan merupakan theme park pertama di Indonesia yang dikembangkan oleh Perseroan dan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2015 sejak Februari 2017. Selain menjadi pusat hiburan outdoor, Dufan juga merupakan kawasan edutainment fisikia terbesar di Indonesia. Mampu memanjakan pengunjungnya dengan Fantasi Keliling Dunia melalui wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 9 (Sembilan) kawasan yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, Kalila dan Fantasy Lights.
Pada tahun 2013, Dufan menambah satu kawasan permainan lagi yaitu kawasan dalam ruang (Indoor Dufan) yang dilengkapi dengan wahana Ice Age dan Kontiki. Kemudian pada tahun 2014-2015, dufan menambahkan wahana hello kitty adventure dan Dufan Glow. Fasilitas umum untuk pengunjung : Free Drinking Water, Gratis pinjam Stroller Bayi dan Kursi Roda, Free Wifi, Charger Point, Toilet bersih disetiap kawasan dan wahana, Baby Care Room, Mushola dan Masjid, P3K dan Ambulance.

Sea World Ancol

Sea World Ancol merupakan sebuah kawasan wisata edukasi biota laut. Terdapat 3 misi besar yang diemban pengelola sea world, yaitu Pendidikan, Konservasi dan Hiburan. Melalui misi ini Sea World Ancol menempatkan diri sebagai tempat hiburan berkualitas. SeaWorld Ancol memiliki lebih dari 7.300 biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil hingga biota laut yang terdiri dari 11.500 biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata, serta 3 jenis reptil. Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium laut, serta 4 kolam terbuka.
Berbagai macam acara dan fasilitas penunjang lainnyapun dihadirkan untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung seperti aksi seru 2 penyelam saat Feeding show di akuarium utama ”yaitu pemberian makan kepada hiu”. Bagi mereka yang ingin berinteraksi dengan biota laut terdapat juga Kolam Sentuh dan mereka ingin bertemu hewan laut dalam maka fasilitas museum yang berisi awetan hewan-hewan laut dalam menunggu disana, seperti Ikan Purba – Raja Laut (Coelacanth).Sea World Ancol senantiasa akan menghadirkan edukasi terkini mengenai dunia air pada umumnya dan kelautan khususnya dengan berbagai biota yang dihadirkan maupun inovasi dalam tampilannya sehingga menjadi yang terdepan di Indonesia.

Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventures merupakan taman rekreasi air tematik dengan konsep peradaban dan kota-kota kuno di wilayah Mediterania yang konon lenyap akibat letusan gunung api dan gempa bumi. Atlantis Water Adventures dahulu bernama Gelanggang Renang Ancol resmi dibuka untuk umum pada tanggal 28 Juni 1974 diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Let.Jend Marinir Ali Sadikin dengan luas areal sekitar 7 HA.
Atlantis Water Adventures mengajak para pengunjung untuk merasakan petualangan ke dunia yang hilang dengan mengarungi Sembilan jenis kolam dan ragam permainan Wahana yang asyik dan juga menantang

Ocean Dream Samudra

Terletak berseberangan dengan Seaworld Ancol, Ocean Dream Samudra ini diresmikan pada juni 1974 oleh Gubernur Ali Sadikin sebagai perwujudan cita-citanya tentang perlunya sarana rekreasi yang mengenalkan kepada masyarakat tentang laut beserta potensinya. Ocean Dream Samudra merupakan Edutainment Theme Park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa laut.
Ocean Dream Samudra merupakan unit oceanarium terbesar yang terdiri dari pentas lumba-lumba, pentas singa laut, pentas aneka satwa, peragaan satwa, akuarium ikan laut dan tawar  serta taman yang merupakan habitat beraneka macam burung. Terobosan Ancol ini menjadi pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba (dolphinarium) karena memiliki konsep dan manajemen lumba-lumba yang paling lengkap, meliputi berbagai unsur yang saling mendukung seperti kolam penampungan lumba-lumba, water treatment, trainer/keeper, pengadaan ikan yang berkualitas, laboratorium, para medis dan dokter hewan.

Pasar Seni

Pasar Seni Ancol adalah pusat seni budaya yang menaungi kesenian multi-disiplin. Sejak didirikan tahun 1977, Pasar Seni Ancol telah menjadi platform kaya sejarah yang penting bagi perkembangan seni budaya di Jakarta dan Indonesia.
Peletakan batu pertama dilaksanakan di Bulan Juli 1977 oleh Bapak Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta, dan diresmikan oleh Gubernur H. Tjokropanolo pada tanggal 17 Desember 1977. Didirikan sebagai wujud nyata kepedulian Ancol bagi perkembangan seni budaya Indonesia dan kelangsungan kerja para seniman berbakat di Jakarta, Pasar Seni telah menjadi  platform berkumpul dan lahirnya ide-ide dari tokoh-tokoh seni budaya Indonesia.
Dengan fasilitas lebih dari 120 studio seniman dan juga puluhan ruang usaha kreatif, Pasar Seni juga memiliki galeri seni, panggung pertunjukan dan menaungi puluhan seniman, pengrajin dan pengusaha kreatif.
Di tahun 2020 ini pengelola pasar seni menghadirkan lebih banyak program pameran seni rupa, seni pertunjukan, music, film, kuliner, forum diskusi, edukasi dan juga untuk menjadi wadah pengembangan insan kreatif Ibu Kota. Perhatian dan pengembangan terhadap budaya Betawi juga akan terus didalami melalui acara-acara seni budaya dan edukasi.

Allianz Ecopark Ancol

Ayo ajak buah hati bermain dan mengasah keterampilan serta keseimbangan motorik di Allianz Ecopark. Dengan luas lahan hampir 34 hektar, membuatnya menjadi sarana rekreasi terbaru yang menawarkan nilai-nilai edukasi (edutainment) dan petualangan (adventure) dengan pendekatan green lifestyle. Sangat cocok untuk mengeksplorasi pengetahuan botani dan rekreasi luar ruang bagi anak-anak.
Allianz Ecopark ancol terbagi menjadi beberapa kawasan (zona) dengan fungsi dan fasilitas berbeda. Selain Eco Care, Eco Nature, dan Eco Art, Allianz Ecopark juga akan menghadirkan zona Eco Energy. Pada keseluruhan zona ini, beragam jenis tanaman pesisir sesuai dengan kegunaannya bagi lingkungan hidup telah ditanam, sekaligus untuk menjadikan Ecopark sebagai sebuah kawasan yang hijau dan teduh, serta tempat pembelajaran botani lengkap yang menyenangkan. Menegaskan keberadaannya sebagai tempat rekreasi yang menawarkan unsur petualangan (adventure).

Faunaland

Faunaland adalah kebun binatang yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara dan berdiri diatas lahan seluas kurang lebih 5 hektar yang terdiri dari daratan dan perairan. Mengusung konsep Papua yang merupakan perpaduan antara benua Asia dan Australia sehingga menciptakan  keindahan flora,  fauna  dan seni budaya daerah tersebut. Konsep ini menghadirkan satwa-satwa unik dan langka dari berbagai wilayah di Indonesia khususnya wilayah timur Indonesia dan juga negara di dunia. Wisata edukasi ini sangat cocok untuk kamu dan keluarga yang ingin memiliki pengalaman berlibur bersama aneka satwa seperti burung dan berbagai jenis hewan unik lainnya.

Gondola Ancol

Ingin menikmati pemandangan tempat wisata di jakarta ini dari ketinggian? Kamu bisa mencoba menaiki gondola ancol. Gondola Ancol merupakan sarana rekreasi kereta gantung yang pertama di Indonesia dengan menggunakan komputerisasi tekhnologi tinggi dengan system control dan keamanan tercanggih. Terletak di dalam area rekreasi Taman Impian Jaya Ancol. Petualangan pemandangan wisata dari ketinggian bersama Gondola akan memberikan pengalaman yang sangat mengesankan dan tak terlupakan, karena kita dapat menikmati keindahan teluk Jakarta dan sarana rekreasi lainnya di Ancol.
Secara keseluruhan Gondola Ancol memiliki 37 unit kereta/cabin, yang dapat menampung 6 orang dewasa per cabin sehingga cukup luas dan nyaman sambil menikmati pemandangan di sekitar Ancol dari ketinggian +21 meter diatas permukaan laut, dengan jarak tempuh 2,4 km selama 20 menit.Gondola Ancol memiliki 3 stasiun, yaitu :Stasiun A Pantai Festival, letaknya di belakang Dunia Fantasi.Stasiun B Pantai Indah, letaknya di sekitar Putri Duyung.Stasiun C Teater mobil, letaknya di sekitar Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, dan SeaWorld.Dari 3 Stasiun tersebut, hanya 2 lokasi yang dapat digunakan untuk naik/turun pengunjung, yaitu Stasiun A dan C.Sejak pertama kali beroperasi pada tanggal 20 Desember 2003 dan saat itu diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Sutiyoso, Gondola Ancol sampai saat ini telah melayani sekitar 2,7 juta orang pengunjung.Pada liburan sekolah tahun ini,

Epicable Park

Epic Cable Park adalah tempat olahraga air Wakeboarding dengan penggunaan kabel (cable-wakeboard) pertama dan satu-satunya di Jakarta yang berskala internasional. Dengan didukung fasilitas olahraga air terbaik di dunia, EPIC Cable dapat memberikan sensasi luar biasa bagi setiap orang yang mencobanya.

No Comments Yet

Comments are closed