Bebek Goreng

Bebek Goreng Makin Gurih & Empuk dengan 5 Tips Memasaknya Ini

Bebek goreng menjadi salah satu pilihan menu khas Indonesia yang bisa dengan mudah kita temui dimanapun. Mengolah bebek ternyata tidak bisa sembarangan. Daging bebek yang banyak lemak rentan akan aroma amis. Selain itu, daging bebek juga memiliki serat yang cukup besar sehingga proses memasaknya cukup lama agar empuk. Jika kamu ingin mengolah bebek, ada beberapa tips memasak bebek agar empuk dan tidak amis.

Tips Masak Bebek Goreng Empuk Tak Amis

Bebek Goreng

1. Bersihkan Bebek

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan tentulah membersihkan bebek. Pastikan seluruh bulu pada bebek sudah tercabut semua dan kuli tbersih. Selain itu, bersihkan bagian perut dan jeroannya hingga brutu yang sering berbau amis.

2. Hilangkan Bagian Brutu Bebek

Brutu adalah bagian pantat bebek yang sering memberikan aroma amis. Agar hilang amisnya, maka kamu bisa potong brutu agar lemak amis tersebut tidak menyebar saat di masak. Tahap ini harus dilakukan diawal saat mencuci bebek agar aliran air tidak menyebar ke bagian lainnya.

Bebek Goreng

3. Potong Bebek

Setelah di cuci bersih, maka potong bebek sesuai kebutuhan. Potonglah bebek dengan ukuran yang tidak terlalu kecil atau besar karena nantinya akan mempengaruhi tekstur dahingnya itu sendiri.

4. Lumuri dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis selalu menjadi “senjata” jitu untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan. Cukup lumuri bebek dengan jeruk nipis, lalu diamkan selama 30 menit dan cuci bersih. Selain jeruk nipis, kamu juga bisa gunakan jeruk lemon.

Bebek Goreng

5. Cuci dengan Daun Pepaya

Daging bebek rentan berlendir. Agar lendir pada bebek hilang, maka kamu bisa gunakan daun pepaya yang dilumatkan. Sebelum membumbui daging bebek, hilangkan dahulu lendir yang membuatnya bau amis.

6. Rebus dengan Rempah

Rempah mampu menghilangkan aroma tak sedap dari daging bebek. Saat merebus bebek, gunakan rempah-rempah pada masakan. Selain bau amis hilang, cita rasa masakan bebek seperti bebek goreng juga makin kaya dan nikmat. Rempah membantu bumbu bebek goreng sedap. Rempah yang bisa digunakan seperti serai, daun jeruk, kunyit dan bawang putih.

Bebek Goreng

7. Rebus Minimal 1 Jam

Saat merebus bebek goreng, maka waktu memasaknya haruslah lama. Aroma tajam dan amis dari bebek bisa hilang karena proses perebusan. Selain itu, minimal 1 jam waktu yang dibutuhkan agar daging bebek goreng empuk saat matang. Selain itu, ada cara lain yakni rendam daging dengan bumbu selama 3 jam agar tekstur daging semakin empuk.

8. Istirahatkan Bebek Semalaman

Jika ingin bebek goreng yang gurih juga renyah, maka kamu tak boleh melewatkan proses ini. Diamkan bebek yang telah di rebus semalaman, lalu simpan di kulkas dan tutup. Nah, saat menggoreng, gunakan minyak yang banyak dan panas juga bersih, maka bebek goreng akan renyah dan gurih.

Bebek Goreng

Dengan tips memasak bebek diatas, maka kamu bisa dapatkan bebek goreng yang empuk, gurih juga nikmat. Kini, menikmati bebek goreng bisa dengan membuatnya sendiri dirumah.