Bela Diri Untuk Anak Mampu Tingkatkan Kepercayaan Diri, Ini Buktinya

Seni bela diri tak hanya untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak. Maka, banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya ke sekolah atau kursus bela diri. Jenis latihan bela diri juga ada banyak seperti karate, tae kwon do, pencak silat, dll. Tidak berbahaya, melainkan banyak manfaat yang bisa si kecil rasakan dari olahraga yang satu ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

Manfaat Bela Diri Untuk Anak

1. Kesehatan yang prima

Bela Diri

Dengan rutin melakukan olahraga, sudah pasti akan berdampak pada kesehatan seseorang. Hal ini juga yang bisa si kecil rasakan. Kesehatan tubuh dan semakin prima mampu menunjang aktivitas kesehariannya. Maka, ia pun akan jarang sakit karena kekebalan tubuh yang meningkat dan kemampuan motoriknya makin terasah.

2. Disiplin Diri

Bela Diri

Dengan belajar ilmu bela diri, anak bisa semakin memupuk rasa disiplin diri yang tinggi. Anak-anak akan terbiasa untuk mengikuti peraturan dan memegang teguh prinsip yang diajarkan. Filosofi yang diajarkan dari seni bela diri ini adalah seni kebajikan, bukan sekedar bertarung untuk ajang pamer kekuatan. Hal ini juga yang menjadi nilai-nilai yang tertanam pada anak.

3. Membangun Kewaspadaan

Bela Diri

Tanpa kita sadari, kejahatan bisa terjadi dimana saja. Dengan belajar bela diri,maka anak bisa memahami situasi karena selama belajar bela diri, ia akan dilatih untuk berfikir cepat, taktis dan waspada. Dengan kebiasaan baik ini, ia akan juga terlatih untuk menghadapi situasi dengan tenang.

4. Meningkatkan Fokus

Saat berlatih, anak akan terbiasa untuk memusatkan pikiran kepada tujuan atau sasaran tertentu. Hal ini akan berkaitan dengan konsentrasi anak yang berdampak pada kemampuan akademik dan sosialnya. Maka, dengan beladiri, anak mampu menerapi diri sendiri agar tidak makin hiperaktif, lebih fokus dan sarana baik penyaluran energi anak-anak.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Bela Diri

Dengan belajar bela diri, maka anak akan lebih kuat dan mandiri. Selain itu, anak juga akan lebih percaya diri terutama dalam hal pergaulan. Dengan rasa percaya diri yang muncul, maka anak tidak akan mudah frustasi saat menghadapi masalah. Hal ini tentu akan berpengaruh pada diri dan sikap anak nantinya.

6. Melatih Keberanian

Bela Diri

Keberanian tak selalu diartikan dengan berani untuk melawan seseorang, namun berani berkata jujur, bertindak benar, berani berinisiatif dan menolong orang. Karena berlatih bela diri tak hanya melatih jurus tetapi juga mentalnya. Selama pelatihan, anak-anak juga akan di motivasi bagaimana berlaku baik dan benar sebagai wujud dari sikap ksatria.7. Belajar untuk Kerja Tim & Berinteraksi

Bela Diri

Seni beladiri akan mengajarkan kita untuk bekerja sama tim dan interaksi sosial. Anak-anak akan belajar koordinasi bersama teman-temannya. Hal ini akan terasa terutama saat anak-anak bersosialisasi di lingkungan rumah maupun sekolah bersama teman. Maka latihan beladiri sangat membantu anak untuk makin cerdas bergaul.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram