Tips Memilih Bengkel Mobil Non Resmi Sekualitas Bengkel Resmi, Cek Disini!

Bengkel mobil kini menjamur di Jakarta sampai-sampai kita bisa bingung mana bengkel non resmi yang bagus dan abal-abal. Banyaknya kendaran roda empat di ibukota tentu membuat bisnis bengkel mobil sukses. Namun, sebagai konsumen juga harus cerdas memilih bengkel non resmi yang baik. Pemilihan bengkel untuk kendaraanmu layaknya “jodoh” sehingga sekali melayani terbaik akan terus kembali, dan sebaliknya jika pelayanan buruk tentu konsumen tidak ingin kembali lagi.

Tips Memilih Bengkel Mobil

Bengkel Mobil

Nah, berikut ada beberapa tips memilih bengkel mobil non resmi terbaik:

1. Bengkel yang Lengkap Suku Cadangnya

Hal pertama yang wajib kamu ketahui adalah suku cadang. Walaupun non resmi, bengkel mobil sebaiknya memiliki suku cadang yang lengkap dengan banyak pilihan. Semakin banyak jenis suku cadang yang ditawarkan maka semakin bervariasi juga pilihan kualitas hingga harga yang sesuai dengan isi kantong kamu.

2. Teknisi Professional

Hal selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah teknisinya. Teknisi yang professional mampu mengatasi segala masalah pada mobilmu. Pastikan bengkel tersebut memiliki teknisi professional dan bersertifikat. Maka, perbaikan mobil akan menjamin pengetahuannya tentang mobil lebih details dan tepat.

3. SOP & QC Berkualitas

Walaupun bengkel non resmi namun sebaiknya memiliki SOP (Standard Operating Procedure) dan QC (Quality Control) yang berkualitas, maka mobilmu bisa diperbaiki dengan tepat. Bengkel juga mampu mendiagnosa masalah pada mobil lebih akurat dengan prosesnya yang sesuai SOP.

Bengkel Mobil

4. Gunakan Pelayanan Bengkel

Sebelum menggunakan jasanya, kamu bisa menggunakan pelayanan sederhananya seperti oli, spooring balancing, dll. Jika kamu sudah merasa puas dari pelayanan tersebut, maka bisa melanjutkan proses servis ke tahap yang lebih lengkap lagi.

5. Diskusi dengan Teknisi

Berdiskusi dengan teknisi bisa menjadi cara mengetahui pelayanan bengkel mobil tersebut professional atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa menilai kemampuan teknisi tersebut dalam bidang perbaikan dan service mobil.

6. Bengkel yang Ramai

Salah satu yang mudah terlihat adalah keramaian bengkel tersebut. Umumnya, bengkel non resmi yang ramai oleh konsumen memiliki reputasi bagus. Walaupun ini tidak selalu menjamin 100% namun setidaknya hal ini bisa jadi indikasi bengkel dengan pelayanan dan harga yang pas di kantong.

Bengkel Mobil

7. Catatan Service Mobil Terperinci

Catatan service mobil yang terperinci mampu menunjukkan tingkat profesionalitas bengkel tersebut dalam pelayannya. Dengan catatan ini, maka konsumen juga dapat mengetahui akar masalah yang terjadi pada mobil dan membantu menghitung biaya perbaikan mobil yang akan di keluarkan.

8. Jadikan Bengkel Resmi sebagai Acuan

Jika kamu masih ragu dengan bengkel mobil non resmi, coba jadikan bengkel resmi sebagai acuanmu. Bengkel resmi pastinya menyediakan suku cadang asli dengan teknisi prodessional. Walaupun suku cadang asli mobil harganya mahal, namun kualitas pun akan sama dengan apa yang akan kamu dapatkan. Maka dari itu, coba bandingan keduanya agar kamu bisa lebih untung dengan kualitas yang tak terlalu jauh berbeda.

9. Bengkel dengan ruang tunggu nyaman

Hal ini mungkin bisa menjadi acuan terakhir saat memilih bengkel mobil. Kenyamanan yang kamu dapatkan di ruang tunggu bisa membuatmu kembali lagi dan lagi. Fasilitas diruang tunggu bisa seperti AC, TV, Toilet bersih, hingga free wifi.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON