Bleaching Gigi Amankah? Baca Info Terlengkap Pemutih Gigi Sebelum ke Dental

Bleaching gigi merupakan salah satu cara memutihkan gigi di klinik atau dokter gigi. Pola hidup yang kurang tepat hingga bertambahnya usia dapat membuat gigi tampak lebih kuning. Masalah gigi kuning bisa sangat mengganggu penampilanmu apalagi jika berbicara didepan orang. Selain memutihkan gigi secara alami, kamu juga bisa melakukan bleaching gigi yang aman. Sebelum melakukan hal ini, ada baiknya ketahui berbagai infonya berikut ini:

Apa itu Bleaching Gigi?

Bleaching Gigi

Bleaching gigi adalah proses memutihkan gigi dengan menggunakan bahan tertentu yang membuat gigi makin putih dan cerah. Selain memakai bahan tertentu, bleaching juga menggunakan laser yang mampu mengaktifkan gel carbamide peroxide. Gel ini mampu membersihkan noda yang sulit dihilangkan pada gigi.

Berapa Lama Bleaching Gigi akan Bertahan?

Proses bleaching mampu bertahan 6-12 bulan, namun tetap tergantung dari kebiasaan pasien. Gaya hidup seperti sering merokok, minum alcohol, minum kopi mampu membuat bleaching bertahan lebih cepat yaitu 3 bulan saja. Untuk itu, melakukan pemutihan gigi harus diimbangi juga dengan gaya hidup yang tepat.

Pantangan Setelah Bleaching Gigi

Bleaching Gigi

Agar proses memutihkan gigi ini tidak sia-sia, maka ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, seperti berikut:

• Gunakan obat pemutih gigi dari dokter secara rutin. Umumnya, pasien akan diberikan obat pemakaian dirumah dalam bentuk gel.

• Memakai bleacing tray secara rutin. Bleaching tray adalah lapisan seperti plastik yang mirip dengan bentuk gigi.

• Gel pemutih gigi berkadar rendah dapat dipakai saat malam hari namun kamu harus menggosok gigi malam hari dan tidak diperbolehkan mengkonsumsi makana minuman kecuali air mineral.

• Selama 7 haru setelah bleaching, kamu juga dilarang untuk mengkonsumsi makanan dan minuman seperti kopi.

• Kamu juga tidak diperbolehkan merokok, minum alcohol, minuman bersoda, makanan yang berwarna-warni dan makanan yang terbuat dari kacang kedelai (kecap).

Efek Samping Bleaching Gigi

Tak hanya bermanfaat untuk memutihkan gigi, bleaching juga memiliki efek samping, antara lain:

• Iritasi gusi
• Ngilu pada gig
• Mual hingga ingin muntah
• Tenggorokan kering

Umumnya, efek samping ini akan terasa 1-3 hari setelah proses pemutihan gigi dan selanjutkan akan berangsur baik.

Siapa Saja yang Tidak Diperbolehkan Bleaching?

Proses memutihkan gigi dengan bleaching tentu menggunakan bahan-bahan kimiawi. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui siapa saja yang boleh melakukan pemutihan gigi. Siapa saja bisa melakukan bleaching, kecuali:

• Anak-anak
• Wanita hamil
• Peminum berat
• Perokok berat

Bleaching Gigi pada Gigi Sensitif

 

Bleaching Gigi

Jika gigmu sensitive, maka ada beberapa cara untuk mengurangi efek samping dari bleaching ini, antara lain:

Sikatlah gigi dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitive. Pasta gigi untuk gigi sensitive biasanya mengandung kalium nitrat yang biasanya dapat mengurangi ketegangan pada syaraf gigi.

Hentikan obat pemutih selama 2-3 hari, agar kamu bisa memberikan waktu untuk adaptasi terhadap obat-obatan yang dipakai.

Gunakan produk yang mengandung fluoride. Flouride dapat remineralisasi gigi.

Nah, bagaimana? Masih ingin mencoba memutihkan gigi dengan bleaching? Kamu bisa pertimbangkan manfaat dan efek samping yang akan terjadi. Namun, memang jika sudah sangat mengganggu gigimu, lakukan pemeriksaan ke dokter dan bleaching gigi sekarang juga.

Pastikan klinik gigi atau dental terbaik yang kamu pilih untuk melakukan tindakan pemutihan gigi ini. Selamat mencoba!

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON