Bubur Gurih Khas Indonesia Ini Cocok Untuk Sarapan Pagimu Lho!

Bubur merupakan salah satu hidangan yang menjadi menu pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk disantap. Selain itu, bubur juga kerap dipilih untuk disantap di kala pagi tiba. Tak heran, hidangan ini juga selalu menjadi incaran oleh masyarakat untuk dinikmati sebahai hidangan untuk sarapan pagi. Hal itu dikarenakan bubur sendiri murah dan juga praktis untuk disantap di pagi hari sebelum memulai aktivitas di hari tersebut.

Menariknya, bubur yang biasa dipilih oleh masyarakat biasanya adalah varian bubur yang sering dijumpai yaitu bubur ayam. Varian bubur ayam adalah salah satu hidangan bubur yang menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia untuk disantap di waktu pagi hari. Memiliki cita rasa yang cukup gurih dan juga bisa membuat perut kenyang menjadikan alasan mengapa makanan ini selalu ada di hati penikmatnya.

Selain itu, ternyata varian bubur tidak hanya sekedar bubur ayam saja lho! Ternyata ada juga beberapa varian hidangan dari makanan ini yang unik dan juga tak kalah lezat untuk dinikmati oleh para penikmat sajian hangat yang satu ini. Kira-kira, ada varian bubur apa saja yang ada di Indonesia yang bisa kita coba ya? Yuk kita simak infonya berikut ini.

Bubur Ase

Mungkin bagi sebagian orang, mendengar nama hidangan ini tentu sedikit asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, bubur yang memiliki cita rasa yang gurih ini sayang untuk dilewatkan lho! Hidangan ini bernama Bubur Ase. Varian hidangan tradisional yang berasal dari masyarakat Betawi ini tentunya wajib untuk dicoba di waktu pagi hari tiba.

Hidangan ini terdiri dari campuran bubur nasi dan juga dipadukan dengan siraman semur daging khas Betawi. Agar lebih nikmat untuk disantap, hidangan ini ditambahi dengan beberapa bahan pelengkap lainnya seperti ikan teri dan juga asinan sayur khas Betawi.

Baca juga artikel lainnya disini: Sarapan Cepat dan Praktis, Ini Aneka Ragam Nasi Goreng Untuk Sarapan

Bubur Mengguh

Ternyata Bali juga memiliki hidangan bubur lezat yang siap untuk disantap lho! Hidangan tersebut bernama Bubur Mengguh. Bubur Mengguh merupakan bubur yang disajikan dengan berbagai olahan dalam seporsinya seperti daging ayam atau ikan, sayuran, dan juga bumbu-bumbu rempah sebagai bahan pelengkapnya.

Hidangan ini juga memiliki rasa yang gurih dan juga bercita rasa kaya akan rempah. Bubur ini juga dibuat dengan aneka macam bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, kemiri, merica, ketumbar, garam, daun salam, lengkuas, dan juga kaldu bubuk. Kebayang bagaimana rasa perpaduan aneka bumbu tersebut di dalam semangkok hidangan ini?

Bubur Kanji Rumbi

Bubur Kanji Rumbi adalah salah satu varian bubur yang berasal dari wilayah Aceh. Hidangan ini dikenal karena keunikan dari rasanya karena dibuat dengan perpaduan bumbu rempah-rempah khas Melayu. Hidangan ini dicampur dengan berbagai varian bumbu dapur yang kaya akan rasa seperti kayu manis, bunga lawang India, ketumbar, jintan manis, jahe, buah pala, cengkeh, dan buah kapulaga.

Agar lebih lezat saat disantap, hidangan bubur ini juga ditambahkan beberapa bahan pelengkap lainnya yaitu potongan daging ayam maupun daging sapi yang membuat rasa hidangan ini menjadi lebih gurih.

Bubur Manado

Hidangan bubur berikutnya yaitu Bubur Manado. Namun, ada hal yang unik dari masakan yang satu ini lho! Jika bubur biasanya dibuat dengan beras yang ditanak, Bubur Manado ini dibuat dari labu kuning yang dimasak sampai lembut saat proses pembuatannya.

Bahan-bahan untuk membuat ini terdiri dari daun singkong, kangkung, kemangi, ataupun bayam. Dengan bercampurnya bahan bumbu dapur tersebut, makanan ini memiliki perpaduan rasa yang unik lho yaitu antara gurih dan juga manis yang pas untuk disantap.

Bubur Cirebon

Jika dilihat secara kasat mata, hidangan ini tentunya sangat mirip dengan bubur ayam seperti biasanya. Namun, hidangan ini juga memiliki perbedaan yang terlihat berbeda dari biasanya lho! Makanan ini dikenal dengan nama Bubur Cirebon. Bubur ini sendiri mempunyai perbedaan yaitu memiliki kuah yang cukup banyak dan juga terdapat banyak isian di dalam semangkuknya.

Bubur Cirebon dari berbagai bahan campuran bumbu dapur yang membuat cita rasanya menjadi gurih dan juga lezat untuk disantap. Bumbu dapur beras, air, serai, daun salam, dan garam adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuat hidangan ini. Selanjutnya, ditambahkan bahan seperti daun bawang, seledri, garam, lada, bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, lengkuas dan juga kaldu. Dengan perpaduan bahan-bahan tersebur, Bubur Cirebon dikenal dengan rasanya yang gurih.

Baca juga artikel lainnya disini: 7 Menu Sarapan Pagi Sehat & Enak Ini Mampu Kontrol Berat Badan

Selain memiliki rasa yang gurih, bubur juga cukup praktis serta mengenyangkan untuk sarapanmu di pagi hari. Dengan beragamnya pilihan varian dari hidangan bubur ini, tentu bisa menjadi referensi kamu untuk menikmati semangkok hidangan hangat yabng mengenyangkan ini. Yuk daripada penasaran, langsung saja pilih dan coba langsung hidangan hangat lezat yang khas dari berbagai daerah di Indonesia ini.

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed