Bulan Puasa, Jangan Lupa Stok Bahan Makanan Ini di Dapur

Bulan puasa adalah bulan dimana setiap ibu akan sibuk menyiapkan menu sahur dan buka puasa. Menyiapakan makanan untuk keluarga saat sahur dan berbuka adalah waktu yang memerlukan waktu lumayan banyak. Agar semakin praktis, maka ada beberapa tips untuk menyetok beberapa bahan makanana ini selama bulan puasa. Apa saja? Cek tipsnya dibawah ini:

Stok Bahan Makanan Wajib saat Bulan Puasa

Makanan Instant / Kalengan

Bulan Puasa

Mungkin ini terdengar kurang sehat, namun tak ada salahnya untuk menyetok makanan instant di saat darurat. Kamu bisa stok makanan seperti tuna, kornet, kaldu instant, dll. Makanan instant ini dapat membantumu menyajikan masakan lebih cepat.

Jangan lupa juga untuk menambahkan bahan makanan segar bersama makanan instant agar menu sahur atau buka puasa mu semakin istimewa. Bumbu instant juga bisa kamu stok untuk menciptakan makanan enak yang praktis dan juga cepat. Kamu bisa pilih bumbu instant bubuk atau basah.

Aneka Bumbu Dapur

Bulan Puasa

Penting sekali untuk menyetok aneka bumbu dapur yang bisa membantu masakan lebih nikmat. Persediaan bumbu dapur itu, seperti aneka saus (saus tiram, saus tomat, saus sambal, kecap asin, kecap manis, dll), bubuk bawang putih, lada, dll. Semua itu dapat membantumu untuk membuat tumisan yang nikmat dan cepat.

Frozen Food

Bulan Puasa

Bahan makanan wajib selanjutnya yang wajib ada saat bulan puasa adalah frozen food atau makanan beku. Bahan makanan ini bisa bertahan lama di kulkas dan bisa digunakan untuk menu sahur. Jika ingin di gunakan untuk sahur, maka dinginkan terlebih dahulu pada suhu ruangan agar cepat matang saat di goreng. Namun, simpan kembali frozen food di freezer agar kualitasnya tidak berkurang.

Abon

Bulan Puasa

Untuk kamu yang bisa makan apa saja saat sahur, stok abon saat bulan puasa bisa jadi penyelamatmu. Kini, banyak rasa abon seperti abon sapi, abon ayam, abon ikan, dll. Nasi hangat dengan abon dan bawang goreng saja sudah terasa nikmat lho! Kamu bisa tambah dengan lauk sahur istimewa lainnya.

Mi Instant

Bulan Puasa

Sepertinya mi instant dijadikan stok makanan bukan hanya saat bulan puasa ya. Namun, kamu bisa stok lebih banyak kalau-kalau disaat darurat dibutuhkan. Kamu bisa oleh mi instant menjadi lauk dengan menambahkan sayuran dan protein didalamnya.

Telur

Bulan Puasa

Protein yang satu ini juga tak kalah penting karena mudah diolah. Di saat sahur pun bisa jadi menu yang nikmat hanya dengan membuat telor ceplok atau telur dadar. Simpan telur secukupnya dan buat kreasi aneka menu berbahan telur untuk sahur dan berbuka di bulan puasa.

Cereal & Roti

Bulan Puasa

Bagi kamu yang masih kurang dengan makan nasi saja, maka bisa juga lengkapi sahur dengan cereal. Kini sudah banyak cereal yang diseduh sehingga seperti susu. Dengan begitu, cereal tersebut bisa menjadi penambah kenyangmu saat sahur.

Bulan Puasa

Stok roti juga bisa menjadi roti bakar atau roti lapis disaat sahur mendadak. Maka kamu tak perlu lagi memasak jika sudah tak terburu waktu. Cukup oleskan roti dan selai kesukaanmu, lalu sahur dengan susu.

Susu, Teh & Sirup

Bulan Puasa

Stok juga susu untuk menu sahurmu begitu juga teh. Sirup bisa digunakan untuk membuat es segar saat berbuka puasa. Susu kesukaanmu bisa jadi pelengkap minuman saat sahur dan semakin memberikan stamina saat berpuasa seharian. Minuman manis juga bisa menambah energy yang hilang setelah seharian beraktivitas dengan berpuasa.

Bulan Puasa

Nah, gimana? Sudah siap berbelanja kebutuhan untuk bulan puasa ini?

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON