8 Camilan Sehat & Enak di Malam Hari Ini Tak Bikin Kamu Gemuk

Camilan sehat, mendengar kata ini pasti kamu akan langsung terbayang betapa “merananya” jika ingin sehat tentu harus dari cemilan yang sehat pula.

Malam hari adalah waktu yang paling sering digunakan orang untuk menikmati cemilan. Hal ini karena hanya di malam hari saja orang bisa bersantai dirumah, sambil menonton tv, berkumpul bersama keluarga hingga menikmati makanan. Namun, kebiasaan nyemil di malam hari bisa membuat tubuh gemuk dan tak sehat lho! Untuk itu, kamu perlu menyiasatinya dengan memilih camilan sehat. Apa saja camilan sehat itu? Berikut pilihannya:

Camilan Sehat Malam Hari

1. Selai Kacang Alami

Camilan Sehat

Selai kacang harus yang alami jika ingin sehat. Ada banyak selai kacang yang dijual di pasaran namun umunya sudah dicampur dengan bahan pengawet, dll. Kandungan lemak pada selai kacang dapat mengurangi kolesterol jahat. Selain itu, selai kacang juga mengandung vitamin E, folat dan protein. Kamu bisa menikmatinya dengan mengoleskan di roti gandum.

2. Pisang

Camilan Sehat

Banyak orang beranggapan kalau mengkonsumsi pisang dimalam hari bisa membuatmu gemuk. Benarkah? Sesungguhnya pisang bisa mengenyangkan juga membantumu tidur nyenyang. Pisang mengandung potassium dan magnesium. Potassium mampu meningkatkan fungsi kesehatan kardiovaskular dan kognitif.

3. Keju & Crackers

Camilan Sehat

Untuk penggemar keju, maka jangan takut konsumsi keju sebagai camilan sehat malam harimu. Keju dan crackers bisa jadi pilihan cemilan enak dan sehatmu. Cemilan ini bisa melengkapi kebutuhan protein dan karbohidrat kompleks. Namun, tetap perhatikan jumlah keju dan crackers yang kamu makan ya, sebaiknya hanya 150 kalori. Pilih cracker gandum utuh dan keju feta, lebih baik.

4. Oatmeal

Camilan Sehat

Oatmeal sering dipilih orang sebagai menu sarapan sehat, namun oatmeal juga bisa menjadi pilihan cemilan sehat di malam hari. Oatmeal mampu membantu tubuhmu untuk memproduksi hormone serotonin, hormone ini mampu menstimulasi produksi melatonin. Oatmeal termasuk cemilan sehat karena mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Kamu bisa menikmatinya bersama yoghurt tanpa lemak.

5. Susu

Camilan Sehat

Susu sebelum tidur tak hanya diperuntukan anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Namun, susu juga bagus sebagai camilan sehat. Susu dapat membantumu tidur lebih nyenyak karena mengandung tryptophan asam amino yang mampu memproduksi serotonin.

6. Ubi

Camilan Sehat

Ubi adalah karbohidrat kompleks yang juga mengandung potassium juga niacin. Kedua zat ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Lebih dari itu, ubi juga mengandung vitamin A, C dan fosfor. Agar lebih sehat, konsumsi ubi dengan cara di kukus.

7. Popcorn

Camilan Sehat

Cemilan bioskop ini bisa jadi camilan sehat malam hari lho! Namun, perlu diingat, masak popcorn tanpa garam alias hambar. Popcorn adalah makana rendah kalori dan lemak juga tinggi serat. Kamu bisa menikmati popcorn tanpa rasa sebagai cemilan nonton film.

8. Buah-buahan

Camilan Sehat

Tentu saja, buah-buahan termasuk kedalam camilan sehat. Kamu hanya perlu membatasi asupan buah karena buah manis juga tak terlalu baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Pilih buah-buahan berry karena tinggi vitamin C dan antioksidan.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner"Follow my instagram: Enjigram

No Comments Yet

Comments are closed