Manfaat Capoeira yang Mampu Bakar Lemak hingga Kurangi Stress

Capoeira adalah seni bela diri yang menggabungkan elemen tari dan akrobatik yang sangat kompleks dengan musik yang menyertainya. Orang mengenal capoeira berasal dari Brasil yang dikembangkan oleh orang Afrika. Seni bela diri ini memiliki gerakan tarian yang juga baik untuk kesehatan. Nah, apa saja manfaat capoeira untuk kesehatan, berikut ulasannya:

Manfaat Capoeira bagi Kesehatan

Capoeira

1. Mengurangi Stress

Gerakan pada seni bela diri ini di iringi dengan music upbeat yang membuat Anda semakin bersemangat. Tanpa kita sadari, saat mendengarkan music, otak akan membentuk struktur kecil baru berdasarkan rangkaian nada yang kita dengar. Proses ini dapat membantu pola pikir yang lebih baru. Maka dari itu, capoeira dapat menjadi pilihan untuk melepas stress Anda.

2. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Gerakan capoeira menitikberatkan pada kombinasi lompatan, tendangan dan jungkir balik. Maka, Anda bisa ajak teman untuk ikut capoeira karena pada gerakannya dilakukan “bersahutan”. Gerakan-gerakannya dilakukan secara constant sehingga Anda butuh melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tubuh lebih lentur. Apa hubungannya dengan kekuatan tubuh?

Jadi, pada saat Anda melakukan peregangan otot, maka tendon (urat) akan lebih panjang dan Anda akan semakin mudah mempersebar ukuran otot yang bisa digunakan sebagai latihan kekuatan. Membangun serat otot mampu mendorong kerja metabolisme tubuh dan juga makin bugar.

Capoeira

3. Mengurangi Resiko Jantung

Gerakan-gerakan capoeira ternyata mampu mengurangi resiko penyakit jantung karena mampu membakar lemak yang berada di dinding pembuluh darah. Selain itu, gerakannya juga mampu meningkatkan kerja pembuluh darah dan mencegaj terjadinya penyumbatan. Jika Anda melakukan capoeira selama satu jam, maka kalori yang terbakar bisa hingga 500 kalori. Maka, jika Anda ingin kurus, capoeira bisa jadi pilihan olahraga yang tepat.

Capoeira

4. Meningkatkan Metabolisme

Gerakan pada capoeira ini antara lain, tarian, badan menggulung, dorongan, hingga gerakan seperti terbang. Gerakan ini mampu meningkatkan sistem kerja otot lebih optimal hingga berdampak pada metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang cepat, maka pembakaran kalori pada tubuh juga akan berjalan dengan lancar.

5. Membentuk Otot Bagian Bawah

Ada banyak gerakan yang melatih keseimbangan dengan menuntut tubuh harus menunduk dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan membuat tumpuan tubuh berada pada bagian tubuh. Gerakan dasar ini akan membentuk fisik yang kuat pada bagian bawah tubuh. Untuk otot yang lebih kuat, maka kombinasikan dengan lari di pagi hari.

Capoeira

6. Melatih Kecepatan

Kecepatan dalam capoeira juga dibutuhkan. Tak hanya cepat, Anda juga butuh kepekaan dalam setiap gerakan. Jika Anda sering berlatih bela diri ini, maka gerakan seperti tendangan dan kayang bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Untuk itu, bagus bagi Anda yang ingin melatih kepekaan dan kecepatan gerakan dengan capoeira.

7. Melatih Koordinasi Tubuh

Capoeira adalah gerakan bela diri yang diikuti dengan menari. Gerakan ini membutuhkan koordinasi antar tubuh sehingga lama kelamaan tubuhmu terbiasa dengan kooridnasinya. Gerakan yang lembut, tertata dan berirama ini mampu melatih kooridnasi tubuh yang lebih baik.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON