Cara Ampuh Rumah Bebas Tungau, Ketahui Tips Ampuhnya Disini

Kebersihan di dalam rumah merupakan prioritas penting agar seluruh anggota keluarga dapat tinggal sengan sehat serta nyaman. Untuk menjaga kebersihan serta kesehatan tersebut, salah satu yang menjadi polemik bagi para penghuni rumah adalah adanya kemunculan serangga di dalam rumah. Dari beberapa serangga yang dapat bersarang dirumah, diantaranya yang sering didapati adalah tungau yang dapat menganggu kesehatan para anggota rumah

 

Kenali apa itu tungau

Tungau atau yang biasa dikenal dengan kutu busuk adalah sejenis serangga kecil yang hanya memiliki ukuran hanya 0,5 mm saja. Jika dilihat secara kasat mata, maka serangga inipun tidak dapat dilihat secara jelas. Selain itu, serangga ini juga dikenal dapat dengan mudah berkembang biak secara cepat.

Selain itu, terdapat beberapa tempat yang disenangi oleh serangga ini untuk dihinggapi. Tempat-tempat tersebut diantaranya seperti sofa, karpet, lemari pakaian, hingga tempat tidur. Karena tinggal di beberapa sudut tersebut, berbagai masalah kulit bisa dirasakan oleh anggota keluarga akibat serangga ini sendiri. Gatal-gatal, bentol pada kulit hingga sesak nafas saat bangun tidur adalah gejala umum yang sering dikeluhkan akibat tungau yang berada di sudut rumah tersebut.

Untuk menghindari gejala pada kulit tersebut dan bisa terhindar dari serangga ini, setidaknya ada beberapa tips ampuh yang bisa dilakukan supaya terbebas dari tungau. Berikut tips-tipsnya agar rumah kamu dapat bersih dari tungau.

 

Cuci bantal, sprei, dan perlengkapan rumah dengan bersih

Salah satu cara termudah untuk terbebas dari tungau adalah mencuci perlengkapan rumah dengan bersih. Beberapa perabotan rumah seperti batal, sprei, guling ataupun parabotan lainnya perlu dicuci agar tungau tidak dapat berkembang biak. Gunakan deterjen anti bakteri agar mendapatkan kebersihan yang maksimal.

Tips dalam mencucinya sendiri disarankan untuk menggunakan air panas agar bakteri-bakteri yang bersarang dapat hilang. Usahakan agar mencuci perabotan yang ada di dalam rumah sebulan sekali agar tidak ada tungau yang berkembang biak pada berbagai perabotan ruma tersebut.

 

Jemur di bawah sinar matahari

Setelah mencuci perabotan rumah tersebut, langkah selanjutnya adalah menjemurnya di bawah sinar matahari. Dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, maka bakteri ataupun tungau tidak dapat tumbuh kembang disana. Selain itu, sisa-sisa bakteri yang masih menempel saat dicuci juga akan mati karena sinar matahari tersebut.

 

Semprotkan cairan pembasmi serangga di sudut rumah

Menyemprotkan cairan pembasmi serangga adalah salah satu cara yang efektif agar tungau tidak dapat tumbuh berkembang biak. Di dalam cairan pembasmi serangga sendiri terdapat insektisida yang dapat membasmi serangga yang ada dirumah. Selain praktis, menyemprotkannya sendiri terbilang cepat dan mudah untuk dilakukan.

 

Gunakan Air Purifier di sudut ruangan

Untuk mendapatkan ruangan udara yang bersih dan juga terbebas dari serangga, gunakanlah Air Purifier. Air Purifier atau yang dikenal dengan penjernih udara adalah sebuah alat yang bisa menghilangkan kelembapan udara di ruangan dan juga bisa menyaring debu, kotoran hingga bakteri sekalipun. Dengan kelembapan udara yang pas, maka tungaupun tidak dapat berkembang biak di ruangan ataupun pada benda-benda di sekitarnya.

 

Bersihkan rumah dengan Vacuum Cleaner

Menggunakan Vacuum Cleaner untuk membersihkan tungau bisa menjadi pilihan yang tepat jika tidak memiliki waktu untuk menjemurnya. Tidak hanya membersihkan debu dan kotoran pada sudut rumah maupun tempat tidurmu, Vacuum Cleaner juga bisa menyedot tungau yang menempel lho! Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk menjangkau sudut-sudut ruangan yang sulit dijangkau ketika membersihkan sudut ruangan tersebut.

Menjaga rumah tetap bersih dan sehat merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga. Kesehatan semua anggota keluarga menjadi hal yang tidak boleh dikesampingkan agar aktivitas anggota keluarga dapat berjalan dengan lancar. Dengan lingkungan rumah yang bersih dan bebas dari tungau, maka kesehatan juga dapat terjaga dengan baik. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed