Cara Memasak Daging

6 Rahasia Cara Memasak Daging agar Empuk & Tak Alot saat Di Masak

Cara memasak daging agar empuk ada triknya lho! Daging sapi lebih enak dimasak hingga cukup empuk, sehingga nikmat saat dimakan dan digigit. Serat daging sapi yang cukup tebal membuatnya agak sulit untuk dimasak empuk. Untuk itu, perhatikan tips cara memasak daging sapi agar empuk ini ya.

Cara Memasak Daging agar Empuk

1. Arah Memotong Daging

Cara Memasak Daging

Memotong daging sapi agar empuk tak bisa sembarangan, perhatikan seratnya. Sebaiknya potong daging dengan melawan alur urat dan seratnya sehingga daging lebih cepat empuk saat di masak. Selain itu, masakanmu juga akan lebih lezat.

2. Pukul-pukul Daging

Cara Memasak Daging

Cara yang banyak orang lakukan adalah dengan memukul-mukul daging sebelum dimasak. Cara ini mampu melemaskan otot daging sapi sehingg akan lebih cepat empuk dan teksturnya juga lembut. Memukul daging bisa dengan alat pemukul daging khusus atau ulekan.

3. Proses Membumbui

Cara Memasak Daging

Proses membumbui daging juga mempengaruhi keempukan daging lho! Sebaiknya bumbui daging sebelum di masak, karena kebanyakan dari bumbu mengandung asam yang mampu mengempukkan daging. Bahan atau bumbu daging sapi akan membuat daging tidak alot dan tentunya lebih bercita rasa.

4. Temperatur

Cara Memasak Daging

Temperatur daging saat dimasak juga mempengaruhi tingkat keempukkannya. Daging sapi bisa sulit di kunyah jika terlalu matang atau temperature yang salah. Temperatur yang tepat agar daging terasa empuk saat di kunyah adalah 145 derajat farenheit.

5. Masak Tak Terburu-buru

Cara Memasak Daging

Memasak daging sapi tentu akan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Sebaiknya masak daging sapi secara perlahan agar jaringan pada daging bisa hancur. Namun, sebaiknya jangan masak daging terlalu lama karena bisa membuatnya sulit di gigit dan terasa keras.

6. Mengempukkan dengan Bahan Alami

Cara Memasak Daging

• Teh: Teh mengandung tanin yang mampu mengempukkan daging secara alami. Cara memasak daging agar empuk menggunakan teh bisa kamu coba dengan rendam daging di air the selama 30 menit. Lalu masak daging seperti biasa.

• Jahe: Jahe mengandung enzim proteolitik alami yang mampu mengurai ikatan protein paa daging sehingga akan menjadi lebih empuk. Caranya sangat sederhana yaitu dengan melumuri jahe yang telah di parut selama 30 menit sebelum di olah atau masak.

• Air jeruk: Cairan pada jeruk mengandung asam yang mampu melembutkan otot ataus erat. Selain itu, jeruk juga mampu menambah hingga memperkaya rasa daging sapi. Cara memasak daging agar empuk dengan jeruk adalah dengan merendamnya selama 30 menit di air jeruk.

• Garam Laut: Taburkan garam laut di permukaan daging lalu basuh sebelum di masak. Garam mampu menghancurkan ikatan protein sehingga daging bisa lebih cepat empuk.

• Saus Tomat: Tomat mengandung asam yang cukup tinggi, asam ini bisa membantu daging lebih empuk. Caranya dengan menggunakan saus tomat yang dioles pada daging sapi sebelum di masak.

• Kopi: Kopi juga bisa jadi bahan alami untuk mengempukkan daging. Sebelum dimasak, rendam daging di air kopi selama 24 jam, baru keesokan harinya dimasak.

• Mentega Susu: Mentega dan susu mengandung kalsium. Kalsium ini mampu mengaktifkan enzim yang dapat memecah protein sehingga daging bisa lebih empuk.

• Pisang: Buah yang satu ini tak hanya enak di makan, tapi juga bisa mengempukkan daging. Kulit pisang mengandung bahan aktif yang mampu menguraikan protein agar lebih empuk. Jangan lupa untuk bersihkan kulit pisang sebelum dipakai untuk mengempukkan daging.

• Nanas: Banyak ibu-ibu yang menggunakan nanas untuk mengempukkan daging. Enzim bromelin pada nanas mampu menguraikan serat daging agar lebih empuk. Cara memasak daging ini bisa kamu praktekkan sebelum masak daging sapi.