Cara Membuat Kopi Sendiri Seenak Coffee Shop ala Barista

Kopi buatan kafe atau coffee shop memang terasa berbeda dari kopi buatan sendiri. Karena cita rasanya yang enak inilah maka tak heran kopi di coffee shop dibandrol dengan harga yang lumayan mahal untuk secangkirnya. Namun, dibalik itu, pembuatan hingga kualitas bahan baku yang digunakan membuat kopi di coffee shop mahal dan enak. Kini, Anda tak perlu lagi khawatir karena ad acara membuat kopi dirumah seenak di coffee shop, berikut ini:

Cara Membuat Kopi ala Barista

1. Biji Kopi

Cara Membuat Kopi

Jika Anda ingin mendapatkan rasa kopi nikmat seperti di coffee shop, maka pastikan kalau biji kopi tersebut berkualitas. Jangan gunakan kopi instant kemasan yang sudah diolah. Pilihlah biji kopi yang masih segar atau baru disangrai, sehingga memunculkan aroma yang nikmat dan harum.

2. Giling Kopi

Cara Membuat Kopi

Setelah biji kopi di sangrai, maka kini waktunya untuk menggiling. Pilihlah grinder atau penggiling biji kopi yang berkualitas sehingga hasilnya pun tetap baik. Saat menggiling kopi, pastikan alat giling tersebut atau grinder bersih dan bebas dari aroma lainnya, karena bisa mempengaruhi rasa juga aroma kopi nantinya.

3. Rasio Perbandingan Kopi & Air

Cara Membuat Kopi

Rasio ini juga bisa mempengaruhi rasa akhir nantinya. Sebaiknya jangan gunakan air terlalu banyak karena akan membuat rasa kopi tawar, begitu juga sebaliknya, jangan pakai air terlalu sedikit karena akan membuatnya pahit. Rasio yang tepat adalah setiap 1 gram bubuk kopi diseduh dengan 15 cc air.

4. Suhu Air Panas

Cara Membuat Kopi

Suhu pada air panas yang digunakan juga akan mempengaruhi rasa pada kopi. Maka, cara membuat kopi seenak coffee shop tak bisa sembarangan. Sebaiknya, gunakan air panas yang bersuhu 89-96 derajat celcius. Air panas mendidih justru akan merusak kualitas kopi dan berpengaruh pada rasanya.

5. Pakai Susu atau Creamer?

Cara Membuat Kopi

Jika ingin rasanya lebih kaya, maka sebaiknya gunakan susu pasteurisasi atau UHT. Susu UHT sangat pas dipadukan dengan espresso atau kopi lainnya. Susu juga bisa memberikan rasa manis pada kopi dibandingan creamer yang hambar.

6. Teknik Dripper

Cara Membuat Kopi

Coffee drip atau dripper adalah metode / cara membuat kopi dengan cara membuat air meneter perlahan setelah bubuk kopi diseduh dengan air panas. Pertama, Anda bisa menuangkan air panas kedalam kettle yang sudah berisi bubuk kopi dengan wadah dripper. Anda bisa menuangkan air sedikit demi sedikit atau sekaligus semuanya. Teknik menuangkan air ini yang mempengaruhi dan memanipulasi pergerakan bubuk kopi saat dilalui di air panas.

Membuat Kopi dengan Cafflano Klasik

Cara Membuat Kopi

Dengan tips cara membuat kopi diatas, maka Anda bisa menikmati kopi enak dirumah tanpa harus beli di coffee shop. Selain teknik dan bahan yang berkualitas, Anda juga butuh alat pembuat kopi yang praktis, seperti Cafflano Klassic.

Cara Membuat Kopi

Cafflano Klassic merupakan termos kecil yang didalamnya terdapat cup tmbler dripper hingga mesin penggiling kopi. Alat ini juga sangat baik untuk menghasilka kopi nikmat karena bahannya yang anti-karat sehingga aman dan tahan lama. Untuk dapatkan Cafflano Klassic, Anda bisa beli di Lakupon karena ada diskon spesial DISINI.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON