Cara Menggunakan Kompor Gas

Hindari Kebocoran Gas dengan 7 Langkah Hebat Ini! – Cara Menggunakan Kompor gas Electrolux yang aman

Untuk sebagian orang, menggunakan kompor gas cukup menyeramkan ya. Apalagi banyak kasus seperti tabung gas meledak, dsb. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus tahu cara menggunakan kompor gas yang aman. Berikut tips jitunya:

Tips Cara Menggunakan Kompor Gas Aman (Electrolux)

Cara Menggunakan Kompor Gas Aman
Sumber: google
  • Pastikan selang & regularor terpasang tepat

Satu penyebab umum yang membuat ledakan kompor gas adalah tidak tepatnya pemasangan selang dan regulator. Pastikan regulator sudah terpasang dengan baik pada mulut tabung gas. Tanda bahwa regulator belum terpasang dengan baik adalah adanya suara mendesisi hingga baunya gas. Perbaikiah posisi dengan menekan tuas pengatur hingga berbunyi ‘klik’ sebelum kompor dinyalakan. Pastikan selang tidak tertekuk atau terjepit yang bisa membuat aliran gas tabung terhambat.

  • Perhatikan posisi kompor & tabung gas

Pastikan meletakkan kompor dan tabung pada permukaan datar dan kokoh. Hal ini untuk menghindari selang dan regulator yang tertarik. Jadi, usahakan untuk meletakkan tabung gas di permukaan datar.

  • Gunakan semua perlengkapan berlabel SNI

Umumnya, perlangkapan yang berlabel SNI memiliki kemampuan lebih yaitu mampu menahan gas dari tabung dan menyalurkan jika pemantik pada kompor dinyalakan. Selain itu, pilih juga regulator yang memiliki jarum penunjunk angka untuk melihat tekanan gas dari tabung.

  • Cek Kondisi Tabung Berkala

Periksa perlengkapan secara teratur. Jika terjadi kebocoran, maka segera atasi. Sambungan regulator dengan mulut tabung dan selang sangat rentan terhadap kebocoran. Maka gosokkan bagian tersebut dengan sabun, lihat ada gelembung udara atau tidak, jika ada maka bisa diindikasikan bocor.

  • Jauhan Tabung dari Bahan lain yang Mudah terbakar

Posisikan atau letakkan tabung jauh dari benda yang dapat menimbulkan percikan api, seperti colokan listrik, aerosol, dll. Hindari meletakkan kompor minyak dan gas berdekatan, apalagi menggunakan bersamaan.

  • Sirkulasi Udara yang Baik

Pastikan dapur di lengkapi dengan ventilasi udara yang baik agar panas saat memasak bisa keluar. Jika tidak sengaja terjadi kebocoran, maka gas bisa langsung tersalurkan dengan baik. Buka hendela atau pintu sebelum memasak.

  • Lepas regulator saat pergi dalam jangka waktu lama

Jika kamu meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya lepas regulator dari mulut tabung. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan, seperti digigit tikus atau longgar. Pastikan semua peralatan elektronik tercabut agar tak korsleting listrik.

Lakupon menawarkan berbagai promo kompor gas Electrolux yang berkualitas dengan tampilan menawan modern. Kamu bisa dapatkan diskon hingga 50% lho untuk kompor Elextrolux.

Cara Menggunakan Kompor Gas
Sumber: google
Cara Menggunakan Kompor Gas
Sumber: lakupon
Cara Menggunakan Kompor Gas Aman
Sumber: lakupon

Lihat DI SINI semua promo kompor gas termurah. Klik www.Lakupon.com sekarang juga!