Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Dengan Cepat Dan Mudah

Apa yang terjadi jika flek hitam muncul pada wajah kita? Tentunya hal tersebut bisa membuat penampilan kita akan menjadi sedikit terganggu dan juga mengurangi kepercayaan diri kita ketika ingin bertemu dengan kolega kita. Bintik hitam ini sendiri sangat mudah dan juga umum untuk muncul pada wajah kita akibat beberapa hal yang kita lakukan dalam keseharian aktivitas kita di tempat publik.

Beberapa hal seperti terkena paparan sinar matahari, kurang tidur, kurangnya vitamin, stress pada pikiran, ketidakseimbangan hormon, hingga akibat mengkonsumsi obatan-obatan tertentu adalah contoh penyebab munculnya flek tersebut pada wajah. Namun karena akibat dari beberapa hal diatas bukan berarti flek hitam pada wajah tidak bisa dihilangkan lho!

Ternyata flek hitam ini bisa dihilangkan dengan cara yang mudah dan juga bisa dilakukan dengan beberapa bahan yang bisa didapat di sekitar kita. Selain itu dengan cara yang sederhana pula kita bisa menghilangkan flek hitap pada wajah tersebut lho. Penasaran bagaimana cara mudahnya untuk menghilangkan bintik hitam yang menempel di wajah itu? Yuk simak beberapa cara mudahnya di bawah ini.

Jus Lemon

Apakah kamu suka menikmati jus lemon yang segar? Ternyata jus lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah kita lho, khususnya pada perasan air lemon itu sendiri. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya membuat flek hitam bisa hilang dari permukaan wajah kita.

Selain air perasan lemon, perasan air jeruk nipis juga bisa menjadi alternatif apabila tidak tersedia lemon di sekitarmu. Berikut cara yang bisa diikuti untuk menghilangkan bintik hitam tersebut dengan menggunakan air perasan lemon di permukaan wajah:

  • Ambil sedikit jus lemon dengan menggunakan kapas dan gosokkan pada area kulit wajahmu yang terdapat flek hitam.
  • Biarkan sampai mengering, lalu cuci bersih dengan air bersih.
  • Lanjutkan cara menghilangkan flek hitam ini selama dua minggu agar kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Jika memiliki kulit yang sensitif, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alternatif lainnya seperti air mawar ataupun air madu sebagai bahan utamanya.

Lidah Buaya

Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan bintik hitam di wajah tersebut adalah lidah buaya atau yang bisa dikenal juga dengan sebutan aloe vera. Tidak bisa dipungkiri jika lidah buaya memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh dan salah satunya adalah bisa bermanfaat bagi wajah kita untuk menhilangkan bintik hitam pada wajah.

Memiliki sebuah kandungan gel yang bernama polisakarida ini, dipercaya mampu untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan juga membantu mengurangi flek hitam serta bisa menyembuhkan bekas luka pada kulit. Untuk penggunaan lidah buaya pada wajah kita, berikut beberapa cara mudahnya:

  • Belah dan ambil gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya.
  • Oleskan pada flek hitam dan bintik hitam diwajahmu.
  • Pijat perlahan-lahan di area wajah dengan ujung jarimu selama beberapa menit.
  • Biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas wajahmu dengan air bersih.
  • Ulangi perawaran ini sebanyak satu atau dua kali sehari selama beberapa minggu untuk memudarkan flek hitam pada wajamu.

Baca juga artikel menarik lainnya disini: Manfaat Totok Wajah Untuk Kecantikan Kulit

Kunyit

Kunyit ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk bahan memasak saja lho, namun juga bisa digunakan sebagai bahan untuk perawatan pada wajah dan terutama untuk membersihkan wajah dari flek hitam. Kunyit sejak dulu dipercaya bisa memperabaiki kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi pigmentasi, dan juga dapat mencerahkan warna kulit.

Lebih lanjut, apabila kulitmu terpapar sinar matahari dan menyebabkan flek pada kulit, maka kulit adalah jawaban untuk kulit wajahmu. Untuk menggunakan kunyit sebagai bahan untuk menghilangkan flek sendiri cukup mudah lho! Beikut caranya dibawah ini:

  • Buat masker dari 2 sendok teh kunyit. Tambahkan sedikit susu, serta perasan air lemon.
  • Oleskan pada area kulit di wajah yang terdapat flek hitam.
  • Biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Pepaya

Suka makan buah papaya? Selain memiliki rasa yang khas, buah pepaya juga bisa digunakan untuk perawatan kulit wajahmu lho. Pepaya mengandung suatu enzim bernama papain yang mampu mengupas dan menyingkrikan sel kulit mati.

Tak hanya itu, enzim ini juga dapat membersihkan kulit dari kotoran dan juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Berikut cara menggunakan buah pepaya pada kulit:

  • Parut buah pepaya hijau dan tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalamnya. Oleskan campuran ini pada flek hitam di wajah.
  • Biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya.
  • Lakukan perawatan ini dua kali seminggu.
  • Kamu juga bisa menggunakan kulit pepaya sebagai scrub yang sangat baik untuk perawatan lutut dan siku.

Oat (Oatmeal)

Makanan yang sering disantap pada pagi hari ini yaitu Oatmeal ternyata juga bisa digunakan untuk perawatan kulit dan bisa menghilangkan flek hitam pada wajah. Tidak hanya bisa membuat perut kenyang, oatmeal juga bisa membuat kulit wajahmu telihat lebih terawat.

Oatmeal sendiri mengandung saponin yang berfungsi sebagai pembersih alami pada kulit sehingga baik untuk pengelupasan pada kulit mati. Nah, berikut cara untuk menggunakan oatmeal untuk membersihkan kulit wajah dari flek hitam:

  • Tumbuk halus secangkir oatmeal.
  • Tambahkan 3 sampai 4 sendok makan air perasan jeruk lemon untuk membuat pasta masker.
  • Oleskan pasta pada kulitmu dan diamkan beberapa saat.
  • Sesudah masker telah mengering, bilas wajahmu dengan air hangat.
  • Jika kamu  mengalami kesulitan saat membersihkan masker pada wajahmu, gunakan kain bersih yang direndam dalam air hangat untuk membersihkan masker pada wajahmu.
  • Lakukan perawatan ini satu atau dua kali seminggu secara berkala.

Baca juga artikel menarik lainnya disini: Tutorial Makeup Korea Ini Bakal Bikin Wajah Tampak 5 Tahun Lebih Muda

Demikian beberapa tips dan juga cara untuk membersihkan flek hitam pada wajah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat disekitarmu. Jadi, tunggu apalagi? Yuk cari bahan-bahan tersebut dirumahmu dan mulai lakukan perawatan kepada wajahmu agar tampak terlihat lebih bersih, cerah, dan juga segar.

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed