10++ Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami tanpa Ke Dokter Gigi

Cara menghilangkan karang gigi tak harus pergi ke dokter gigi. Kamu pun bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan karang-karang membandel di gigimu itu. Selain aman, menggunakan bahan alami juga murah dan terbukti efektif. Kamu pun bisa melakukan pembersihan karang rutin dengan bahan alami secara rutin. Nah, bahan apa saja yang bisa dijadikan cara menghilangkan karang gigi ya?

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

1. Baking Soda

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Basahi sikat gigi, lalu taburkan baking soda diatasnya, dan sikatlah gigimu. Agar makin maksimal, tambahkan juga garam diatasnya.
Selain untuk menyikat gigi, kamu juga bisa jadikan baking soda sebagai mouthwash sehari-hari, caranya:

Campur 1,5 cangkir baking soda dengan 1 cangkir air, 100 tetes minyak essensial lemon, 4 sdt gliserin dan 1 sdt gel lidah buaya.
Campur semua bahan diatas dan simpan dibotol.

2. Tomat & Strawberry

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Kedua buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C bisa menjadi antioksidan yang baik untuk kesehatan rongga mulutmu. Maka, cukup gosokkan buah ini dan diamkan selama 5 menit, maka karang gigi akan melunak karena kandungan vitamin C nya.

Lalu, kumur dengan air hangat yang sudah di campur dengan baking soda. Plak gigi bisa hilang dengan cara ini.

3. Keju

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Keju tak hanya enak dimakan, tapi juga bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi alami. Pilihlah keju swiss atau cheddar lalu konsumsi dan kunyah layaknya cemilan, maka kandungan asamnya dapat menetralkan plak gigi.

4. Snack Buah

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Ada beberapa buah yang bisa kamu konsumsi sekalus gunakan untuk menghilangkan karang gigi, seperti apel, wortel, melon dan batang seledri. Kunyah buah tersebut selama 1 jam setelah makan, maka gigmu akan senantiasa bersih dan gusi pun kuat.

5. Biji Wijen

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Kunyah biji wijen segenggam saja, namun jangan di telan. Lalu sikat gig kering biji wijen di dalam mulut. Biji wijen ini akan menjadi scrub alami.

6. Buah Ara

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Kunyah buah ara mampu menstrimulasi mulut untuk memproduksi air liur. Maka, yang akan terjadi adalah gigi dapat dibersihkan dengan alami.

7. Minyak kelapa

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Kulum-kulum saja minyak kelapa murni selama 20 menit, lalu ludahkan. Setelah itu, gosok gigi seperti biasa. Lakukan cara menghilangkan karang gigi ini seteiap hari sebelum makan.

8. Aloe Vera

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cukup gosokkan isian potongan lidah buaya ke gigi dan batas gusi, lalu diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin dan kamu akan rasakan gigi yang segar dan bersih. Lakukan cara menghilangkan karang gigi ini 2 kali sehari.

9. Cengkeh

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Tak hanya dijadikan bumbu dapur, kamu juga bisa gunakan cengkeh untuk hilangkan plak. Campur 1 sdt bubuk cengkeh dengan minyak zaitun, lalu aplikasikan ke gigi dan diamkan beberapa menit sebelum di bilas dengan air hangat.

10. Buah Apel

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara lain adalah dengan menggunakan apel. Aple mengandung vitamin C yang dapat mengurangi karang-karang gigi. Jadi, rajin konsumsi apel tak hanya baik untuk tubuh tapi juga kesehatan gigi kamu.

11. Air Putih

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Air putih adalah salah satu bahan alami yang paling mudah ditemukan. Selain baik untuk kesehatan tubuh, banyak mengkonsumsi air putih juga mampu membersihkan karang gigi perlahan. Kumur menggunakan air putih sesering mungkin agar karang gigi dapat hilang.

Nah, lakukan cara menghilangkan karang gigi secara alami maka hasilnya pun bisa kamu rasakan. Ada banyak manfaat yang akan kamu rasakan, tanpa harus ke dokter gigi.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON