11 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Yang Termanjur

Seindah-indahnya rambut Anda, tetap akan tampak buruk jika ada ketombe. Ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering hingga mengelupas. Ketombe bisa memberikan sensasi rasa gatal sehingga membuatnya makin tersebar.

Menggunakan shampoo anti ketombe adalah hal yang umum dilakukan orang. Namun, ada cara menghilangkan ketombe secara alami yang dipercaya ampuh. Berikut cara menghilangkan ketombe secara alaminya:

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

1. Minyak zaitun

Cara Menghilangkan Ketombe

Minyak zaitun tak hanya digunakan untuk masak, tapi juga perawatan rambutmu. Minyak zaitu juga bisa menghilangkan ketombe dengan maksimal. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala lalu pijat lembut kepalamu hingga minyak zaitun meresap. Lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

2. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Ketombe

Lidah buaya memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kecantikanmu. Aloe Vera atau lidah buaya mampu menyegarkan kulit kepala sekaligus sebagai cara menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan menghaluskan daging lidah buaya, lalu ratakan ke permukaan kulit kepala dan pijat kelapamu. Biarkan lidah buaya meresap selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Jeruk Nipis & Santan

Cara Menghilangkan Ketombe

Jika kamu sering mencari cara menghilangkan ketombe secara alami pasti sudah sering mendengar bahwa jeruk nipis ampuh untuk menghilangkannya. Anda bisa menghilangkan ketombe dengan mengoleskan kedua bahan ini di kulit kepala. Lalu diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

4. Cuka

Cara Menghilangkan Ketombe

Cuka yang biasa digunakan sebagai bahan masakan, kini juga bisa menjadi cairan yang mampu menghilangkan ketombe. Cuka yang bersifat abrasive mampu menghilangkan kulit mati yang terkelupas di kulit kepala. Namun, jangan gunakan cuka terlalu banyak ya, batasi penggunaannya karena cukup keras.

5. Baking Soda

 

Cara Menghilangkan Ketombe

Baking soda tak hanya dipakai untuk membuat kue, tapi juga salah satu media cara menghilangkan ketombe. Untuk bahan yang satu ini, jangan gunakan terlalu sering ya. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mencampur baking soda dengan air hangat lalu aplikasikan ke kulit kepala.

6. Lemon

Cara Menghilangkan Ketombe

Buah lemon bisa menghilangkan ketombe. Caranya sangat mudah yaitu dengan gunakan air perasan jeruk lemon untuk membasuh kulit kepala. Lalu diamkan sejenak dan bilas hingga bersih.

7. Daun Pandan

Cara Menghilangkan Ketombe

Daun pandan bisa mengusir ketombe dari rambutmu. Cara penggunaannya cukup mudah hanya dengan menghaluskan daun pandan dan campur dengan air hangat sedikit, lalu oleskan ke kulit kepala. Lalu bilas ke rambut hingga bersih.

8. Kangkung

Cara Menghilangkan Ketombe

Kangkung, si sayuran yang sering di tumis ini ternyata bisa menghilangkan ketombe lho! Cukup rebus daun kangkung dengan 2 gelas air, lalu cuci rambut hingga bersih. Lakukan perawatan ini untuk hasil maksimal.

9. Bawang Merah

Cara Menghilangkan Ketombe

Bawang merah sering digunakan untuk menurunkan panas atau demam, ternyata ada manfaat lain yang bisa digunakan yaitu menghilangkan ketombe. cara menghilangkan ketombe dengan bawang merah sudah di pakais ejak jaman nenek moyang terdahulu. Cara menggunakannya cukup haluskan bawang merah, lalu oleskan ke kulit kepala dan bilas hingga bersih.

10. Tea Tree Oil

Cara Menghilangkan KetombeCara Menghilangkan Ketombe

Tea Tree oil kini sangat populer dikalangan wanita pecinta skin care. Ternyata tea tree oil juga bisa menghilangkan ketombe. Caranya dengan campur satu sendok makan tea tree oil dengan satu cangkir air hangat lalu semprotkan ke area kepala.

11. Garam

Cara Menghilangkan Ketombe

Kalau bahan yang satu ini sepertinya tak asing lagi untuk menghilangkan ketombe ya. Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu menggosokkan kulit kepala dengan sedikit garam, lalu bilas kepala hingga bersih. Garam bersifat scrub sehingga mampu mengangkat kulit mati.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON