Tips menjaga stamina selama puasa

Cara menjaga kebugaran selama menjalankan ibadah puasa.

Menjaga stamina agar tetap fit selama bulan puasa.
Dalam menjalankan ibadah puasa kuponers sangat butuh stamina yang cukup agar aktifitas kuponers dalam sehari tidak terhambat. Puasa memang suatu nikmat yang harus di syukuri bagi umat Islam. Tetapi terkadang puasa menjadi beban bagi sebagian orang yang tidak sungguh – sungguh menjalakannya dan tidak bersyukur. Menahan rasa lapar dan haus dijadikan beban dan tidak mensyukurinya sebagai nikmat, walaupun sebenernya tidak sulit untuk menajalankan ibadah puasa. Rasa lemas memang sering menghampiri kita. Agar tetap fit hingga waktu berbuka nanti, kita harus bisa mengatur kesehatan dan juga stamina kita.

Kali ini, kami akan mencoba memberikan beberapa tips yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh kita selama bulan Ramadhan. Dimulai dari hal-hal simpel yang pastinya mudah dijalankan, dan tidak perlu memakan banyak biaya dan juga tenaga.

Perhatikan menu sahur Banyaklah konsumsi sayuran dan buah saat sahur.
Sahur merupakan poin yang memegang peran penting dalam puasa kita sehari penuh. Makanan sahur yang tepat akan memberikan kita tenaga agar bisa terus kuat hingga waktu berbuka tiba. Salah satu menu makanan yang paling penting adalah sayur. Sayur memang sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh, karena sayur mengandung serat-serat penting yang sangat diperlukan oleh tubuh.
Jangan meninggalkan makanan-makanan yang mengandung karbohidrat yang akan menjadi tenaga bagi Anda. Roti gandum, nasi merah, jagung, atau ubi-ubian bisa menolong kuponers jika merasa bosan dengan nasi putih yang sering kali di jumpai sehari-hari.
Jangan makan berlebihan saat berbuka Hindari makanan berat dan berminyak sebagai menu berbuka.

Memakan makanan mengandung minyak pada saat berbuka puasa memang menggiurkan, seperti gorengan. Makan berlebih apalagi gorengan memang salah satu hal yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sedang berpuasa. Karena minyak yang terdapat pada makanan tersebut akan membuat tenggorokan terasa gatal dan kering jika Anda tidak banyak meminum air putih setelah itu.
Sel – sel darah merah akan menggumpal yang dapat mengurangi aliran oksigen hingga 20% dan berakibat ckup buruk bagi kuponers yang bekerja atau bersekolah pada siang hari. yaitu rasa kantuk yang akan mengganggu kegiatan Anda. Makan berlebihan saat berbuka puasa juga tidak dianjurkan, karena akan membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang.

Olahraga ringan teratur, dalam bulan puasa kita tidak harus berolahraga berat, dengan olahraga ringan seperti jogging atau workout santai dirumah pastinya tidak akan menguras tenaga Anda. Push up dan sit up bisa menjadi andalan Anda terutama dalam bulan puasa ini. Yoga juga bagus untuk melatih fokus dalam pikiran Anda, karena jika Anda menjalankan hari-hari Anda dengan suasana hati yang tenang, pastinya akan terasa lebih baik dan santai, tanpa ada beban apapun.

Konsumsi vitamin dan suplemen gizi bisa membantu menjaga stabilitas tubuh Anda.
Tubuh kita pastinya membutuhkan asupan vitamin yang cukup selama menjalankan ibadah puasa. Biasakan konsumsi suplemen yang berkhasiat menjaga stamina dan konsentrasi agar tubuh tetap fit dan otak tetap fokus. Vitamin C sangat penting dalam hal ini karena dapat meningkatkan dan menjaga stamina pada tubuh kita.
Beberapa suplemen gizi juga dibutuhkan, walaupun tidak terlalu wajib untuk dikonsumsi. Tetapi tidak ada salahnya juga untuk Anda konsumsi demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Istirahat cukup berguna untuk menjaga stamina tubuh.
Hal terpenting dari beberapa poin diatas terdapat pada poin terakhir ini. Ya, istirahat yang cukup akan sangat membantu Anda dalam menjalankan ibadah puasa. Agar istirahat anda cukup Biasakan untuk tidur lebih awal, karena waktu tidur Anda akan tersita saat Anda bangun sahur nanti. Cobalah untuk mulai beristirahat sekitar satu jam setelah Anda selesai menjalankan ibadah Sholat Tarawih. Atau luangkan untuk tidur siang diwaktu istirahat kerja agar stamina tetap terjaga sampai bedug maghrib.

Puasa akan terasa nikmat jika kuponers menjalankannya dengan sepenuh hati. Badan yang sehat dan daya tahan tubuh yang bugar akan sangat membantu kuponers dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan ini.Ingat, menjaga kesehatan tidak ada ruginya sama sekali, baik itu saat menjalankan ibadah puasa ataupun dalam hari biasa lainnya. Selamat berpuasa, yahh kuponers