7 Cara Merawat Gigi agar Tidak Kuning & Nafas Selalu Segar

Cara merawat gigi akan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulutmu. Gigi yang beroma tidak sedap adalah tanda awal gigi yang kurang sehat. Untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, maka butuh cara merawat gigi yang benar. Hal yang paling sering terjadi adalah menguningnya warna gigimu. Seiring bertambahnya usia, warna gigi bisa menjadi lebih kuning yang dipengaruhi banyak hal, salah satunya gaya hidup kurang sehat.

Cara Merawat Gigi agar Putih

Untuk itu, hindari hal-hal berikut sebagai cara merawat gigi paling dasar:

1. Hindari Makanan Manis

Hasil gambar untuk eat sweets

Makanan manis tak hanya disukai banyak orang tapi juga bakteri dimulut lho! Makanan yang mengandung gula ini membuat bakteri semakin berkembang di dalam mulut yang akan menyebabkan gigi menguning hingga bau mulut. Untuk itu, kurangilah mengkonsumsi makanan manis untuk jaga mulutmu.

2. Hindari Makanan Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Hasil gambar untuk drink ice

Tak hanya merusak sensitivitas gigi, suhu yang terlalu dingin atau panas dapat membuat gigmu menguning. Suhu berlebihan ini bahkan bisa membuat struktur gigi retak dengan sendirinya. Jika hal ini terjadi, maka bakteri akan masuk kedalam struktur tersebut dan merusak gigi mu yang berwarna putih. Maka, sebelum makan dan minum pastikan terlebih dahulu suhunya sudah pas di mulut.

3. Hindari Jarang Menggosok Gigi

Hasil gambar untuk brush teeth

Menyikat gigi terlalu sering ternyata juga tidak terlalu baik lho! Hal ini hanya akan merusak email gigi. Sebaiknya gosok gigi minimal 3x sehari. Waktu terbaik untuk menggosok gigi adalah sebelum tifur di malam hari, karenan akan mengeluarkan sisa makanan yang tersangkut di gigimu. Jika tida menggosok gigi di malam hari, maka bakteri akan semakin berkembang didalam gigimu.

4. Hindari Kebiasaan Tak Suka Makan Buah

Gambar terkait

Kamu tidak suka makan buah? Mulai sekarang hindari kebiasaan itu ya, karena bisa membuat gigimu tak putih lagi. Mengkonsumsi buah mampu menghilangkan kotoran dan sisa makanan yang menempel di gigi. Selain itu, makan buah juga dapat menjaga kesehatan gigi juga.

5. Hindari Permen, Perbanyak Permen Karet

Hasil gambar untuk chewy gum

Permen karet adalah permen yang baik untuk gigimu kok. Hindari permen manis selain permen karet karena dapat membuat gigimu rusak. Saat kamu mengunyah permen karet, maka jumlah air liur pun akan meningkat dan mampu membersihkan partikel asam dari sisa-sisa makanan. Hal ini akan membuat gigimu makin putih. Namun, sebaiknya pilih permen karet rendah gula ya.

6. Hindari Lupa Berkumur dengan Obat Kumur

Hasil gambar untuk use mouthwash

Memakai obat kumur memang jarang menjadi kebiasaan banyak orang. Obat kumur mengandung zat fluoride yang baik untuk jaga kesehata dan bagian dari cara merawat gigimu. Kamu bisa berkumur maksimal 2x sehari. Kebiasaan ini dapat menghancurkan kuman yang menjadi penyebab plak gigi.

7. Hindari Jarang Ke Dokter Gigi

Hasil gambar untuk go to dentist

Untuk kamu yang jarang memeriksakan diri ke dokter gigi, maka mulai sekarang ubah kebiasaan itu. Kesehatan gigi memang terdengar sepele, namun efeknya bisa menjadi sangat buruk untuk diri kamu. Maka dari itu, periksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali. Cara merawat gigi dengan rajin konsultasi ke ahlinya bisa jadi kebiasaan baik untukmu. Dokter pasti tahu tindakan apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan gigi yang putih dan sehat.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON