7 Cara Merawat Gigi yang Perlu di Lakukan Sebelum Puasa

cara merawat gigi penting lho sebelum memasuki bulan puasa. Di saat berpuasa, mulut kita akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap, maka dari itu perawatan gigi sebaiknya dilakukan sebelum berpuasa. Bau tak sedap dapat mengganggu aktivitasmu, apalagi jika kamu sering bertemu orang dan berkomunikasi. Dengan perawatan gigi yang tepat, puasa pun akan terasa menyenangkan dengan aroma mulut segar.

Cara Merawat Gigi

Nah, berikut tips cara merawat gigi sebelum puasa yang bisa kamu lakukan:

1. Periksa Kesehatan Gigi & Mulut

Jangan sepelekan kesehatan gigimu sebelum bulan puasa. Sebaiknya periksakan kesehatan gigi dan mulut ke klinik gigi atau dokter gigi. Saat pemeriksaan tersebut kamu bisa mengetahui adakah bagian gigi yang berlubang atau rusak. Selain itu, melihat keadaan gigi apakah berkarang atau tidak, karena hal-hal tersebut dapat menyebabkan bau mulut. Periksa gigi kamu dan konsultasikan apa saja yang harus dilakukan agar nafas segar selama bulan puasa.

2. Cek Kebersihan Gigi & Mulut

Mulai sekarang, lebih jeli lah dengan kebersihan gigi & mulut kamu. Kamu bisa mendapatkan nafas segar karena gigi dan mulut yang senantiasa terawar. Cara merawat gigi untuk kebersihannya sangatlah mudah, mulai dari dengan menggosok gigi minimal 2x sehari. Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan mouthwash setelah menggosok gigi. Jangan lupa untuk sesuaikan jenis pasta gigi dengan kondisi gigi kamu ya!

3. Pilih Makanan

Gambar terkait

Apa yang kamu makan juga bisa berpengaruh terhadap kesehatannn gigi & mulut. Untuk itu, kamu bisa bijak dalam memilih makanan yang masuk ke mulut. Beberapa makanan mengandung sulfur yang akan di metabolisme oleh bakteri menjadi gas, nah zat inilah yang membuat bau mulutmu. Maka dari itu, kamu harus membersihkan sisa makanan di sela-sela mulut. Beberapa makanan yang kaya akan sulfur, seperti daging merah, daging ayam, bawang putih, telur dan bawang Bombay.

4. Tubuh Tetap Terhidrasi

Hasil gambar untuk drink mineral water

Agar tubuh tetap terhidrasi, tak hanya bisa dilakukan dengan banyak minum air saja, tapi juga mengkonsumsi sayuran mentah, makanan berserat dan buah-buahan. Agar tubu tidak cepat kehilangan cairan, maka kamu bisa hindari aktivitas fisik yang berlebihan dan asupan kafein. Minuman berkafein seperti kopi dan teh dapat membuat cairan tubuh berkurang.

5. Bersihkan Lidah

Tak hanya fokus terhadap kebersihan gigi saja, tapi juga lidah. Kamu bisa menjadi kebersihannya dengan menyikat pelan permukaan lidah agar sisa sisa makanan tidak menempel terus. Dengan begitu, bau mulut akibat sisa makanan pun hilang.

6. Kurangi Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang seperti apa sih yang perlu kamu kurangi? Kebiasaan tersebut seperti merokok. Merokok bisa membuat bagian rongga mulut kering sehingga nafas pun tak sedap. Selain bau mulut, juga bercampur dengan aroma rokok.

7. Hindari Obat Kumur Beralkohol

Kini, banyak sekali obat kumur atau mouthwash dipasaran. Sebaiknya, kamu bijak dalam memilihnya karena beberapa obat kumur mengandung alcohol. Kandungan alcohol bisa membuat rongga mulut kering sehingga membuat bau mulut.

Nah, bagi kamu yang ingin mempersiapkan bulan puasa dengan kesehatan gigi dan mulut, maka bisa coba cara merawat gigi diatas. Selain melakukan kebiasaan ini, jangan lupa untuk memperiksakan kesehatan gigi dan mulut kepada ahlinya.

Cara Merawat Gigi

Ada paket promo spesial yang bisa kamu pilih untuk pelengkap cara merawat gigi dan mulut di klinik dengan voucher Lakupon.

Diskon hingga 99% dengan harga mulai dari Rp 40 ribuan di Lakupon.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON