Cari Cemilan Yang Sehat dan Mengenyangkan? Kroket Jawabannya!

Menikmati cemilan adalah salah satu hal yang paling digemari oleh masyarakat pada umumnya. Cemilan-cemilan yang ada seperti aneka kue, roti, biskuit yang manis, hingga coklat maupun permen adalah beberapa contoh cemilan yang sering menjadi pilihan untuk menikmati waktu yang senggang. Dengan menikmati cemilan tersebut, tentunya bisa membangkitkan mood hati agar menjadi lebih ceria.

Nah jika kamu ingin menikmati cemilan yang lezat, memiliki cita rasa yang gurih, dan juga berbeda dari yang lainnya, kamu bisa mencoba salah satu satu cemilan yang satu ini. Cemilan itu adalah kroket. Kroket merupakan cemilan yang sudah tidak begitu asing di telinga masyarakat Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang gurih, kroket juga menjadi cemilan yang cukup menyehatkan dan juga bisa mengenyangkan di perut lho!

Berasal Dari Benua Eropa

Kroket sendiri merupakan makanan yang berasal dari Benua Eropa lho, tepatnya dari negara Belanda. Belanda memang memiliki pengaruh yang cukup kuat dari segi sosial, budaya, hingga ke dalam kuliner Indonesia ketika masih berada di tanah Indonesia. Lebih lanjut, kroket sendiri asal muasalanya di benuar Eropa adalah suatu paduan budaya makanan antara Belanda dan juga Perancis.

Di negeri Belanda sendiri, kroket dikenal dengan hidangan yang terbuat dari ragout yang dilapisi dengan telur putih dan juga tepung panir. Setelahnya, makanan ini lalu digoreng di dalam wajan sebelum dihidangkan untuk disantap.

Sementara di Indonesia, kroket adalah sebuah hidangan yang terbuat dari kentang tumbuk halus dan di dalamnya diisi dengan beberapa macam isian seperti daging cincang, wortel ataupun buncis.

Baca juga artikel menarik lainnya disini: Sotang, Si Cemilan Sosis Gurih dan Mengenyangkan

Menariknya, kroket tidak hanya dikenal di Belanda ataupun di Indonesia saja namun dikenal juga di beberapa negara di dunia. Beberapa negara seperti Spanyol, Brazil, Meksiko, Kuba, Amerika Serikat, India, Jepang, dan juga Filipina juga memiliki varian kroket yang sama seperti yang kita temui pada umumnya. Namun yang membedakan dari masing-masing negara tersebut adalah isian dan juga bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Resep Membuat Kroket Yang Gurih

Apakah kamu penasaran dengan rasa dari cemilan yang satu ini? Jika iya, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah lho! Untuk membuat sajian kroket yang lezat, kamu perlu mengikuti beberapa langkah resep dalam pembuatannya. Pertama-tama, siapkan beberapa bahan makanan sebagai berikut:

  • 1 butir telur ayam, kocok lepas untuk bahan celupan
  • Tepung panir atau tepung roti secukupnya untuk melapi kulit kroketnya.
  • Margarin secukupnya untuk menumis bumbu isian kroket kentangnya
  • 100 gram daging ayam atau sapi, rebus dahulu sampai agak matang kemudian cincang kasar atau potong dadu kecil kecil.
  • 1/2 sdm tepung maizena, campur dengan air sebanyak 1/4 gelas dan aduk sampai rata
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 siung bawang merah, cincang halus
  • 2 batang daun bawang, iris kecil-kecil
  • 1/2 batang jagung manis
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • Kecap manis secukupnya
  • Saus tiram secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica halus secukupnya
  • 100 ml susu cair

Langkah Membuat Kroket di Dapur

Setelah menyiapkan beberapa bahan tersebut, sekarang saatnya untuk mengolahnya di dapur. Ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini untuk membuat cemilan yang satu ini.

  1. Langkah pertama membuat adonan kulit kroketnya, siapkan wajan dengan api sedang dan goreng kentang yang sudah dipotong sampai empuk dan matang. Jangan terlalu gosong ataupun kering supaya nanti mudah saat dihaluskan. Tiriskan dan biarkan sampai dingin sebelum diolah lebih lanjut.
  2. Setelah kentang yang digoreng dingin, haluskan kentang sampai benar-benar halus. Bisa menggunakan tumbukan dari kayu atau kalau punya bisa menggunakan food processor supaya lebih cepat.
  3. Ambil satu wadah lalu tuang kentang yang sudah dihaluskan dan masukkan bahan kulit lainnya, seperti susu bubuk, pala halus, merica halus, gula pasir, merica halus, garam dapur dan telurnya.
  4. Aduk semua bahan sampai benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Cicipi dulu dan tambahkan garam dapur kalau dirasa perlu lalu sisihkan.
  5. Membuat bahan isian kroket kentangnya, siapkan wajan dengan api sedang kecil dan beri margarin secukupnya.
  6. Masukkan potongan bawang bombay, bawang merah dan bawang putihnya lalu tumis dan aduk aduk sampai tercium bau harum tumisan bumbunya.
  7. Masukkan potongan daging ayam atau daging cincang atau kroket ke dalam wajan lalu aduk kembali sebentar sampai semua bahan tercampur rata dan ayam berubah warnanya.
  8. Masukkan potongan wortel dan jagung manisnya lalu aduk dan masak sampai ayam dan bahan lainnya matang.
  9. Tuang kecap manis, kecap asin, saus tiram, gula pasir, merica dan pala bubuknya kemudian aduk aduk sebentar supaya semua bahan tercampur rata.
  10. Tuang susu cairnya dan tepung maizenanya kemudian aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  11. Masak dan aduk sampai menyusut dan mengental. Tambahkan garam dapur, gula pasir atau bahan lain kalau rasanya kurang pas di lidah.
  12. Langkah ketiga membuat kroketnya, ambil adonan kulitnya secukupnya lalu pipihkan di tangan dengan rapi.
  13. Ambil bahan isianya secukupnya (kurang lebih 1/2 sampai 1 sendok makan) dan tuang kedalam tangan yang berisi adonan kulitnya.
  14. Tutup dan bentuk adonan dengan rapi kemudian sisihkan. Ulangi sampai habis.
  15. Ambil kroket di atas dan celupkan ke dalam kocokan telur sampai merata kemudian gulingkan di wadah yang berisi tepung panir sampai rata dan semua bagian tertutup rata.
  16. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya.
  17. Masukkan kroket diatas dan goreng sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Jangan lupa dibolak balik supaya matangnya merata dan tidak gosong.
  18. Ulangi sampai habis kemudian tiriskan.
Baca juga artikel menarik lainnya disini: Ide Cemilan Sehat dan Unik untuk Si Buah Hati yang Sulit Makan

Kroket selain mengenyangkan juga bisa dijadikan sebagai cemilan yang sehat dan juga cocok untuk dihidangkan untuk bersantap dengan keluarga ataupun teman dirumah. Bagaimana? Sudah siap untuk membuatnya di dapur dan menyantapnya dirumah sebagai teman cemilan untuk harimu? Yuk langsung buat dirumah dan selamat menikmati cemilan sehat nan mengenyangkan Friends!

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed