5 Ide Alternatif Olahan Daging Kurban, Siap-siap Rebutan Saat Idul Adha Tiba!

olahan daging kurban

Halo sobat Kuponers, ngga terasa ya perayaan hari besar Idul Adha tinggal menghitung hari. Hayo ngaku, siapa diantara Kamu yang merasa sudah mampu dan mapan tapi belum membeli hewan kurban? Selain itu, udah ada ide olahan daging kurban seperti apa yang akan Kamu masak? Tenang, berikut adalah beberapa ide alternatif olahan daging kurban yang bisa banget untuk ditiru.

Idul Adha tahun ini akan jatuh pada hari Jum’at 31 Juli 2020, kira-kira Kamu akan dapat daging kurban seberapa banyak? Dalam beberapa kasus, dalam satu keluarga bisa saja mendapatkan banyak jatah daging kurban lho. Kok bisa? Sobat Kuponers ada yang tahu alasannya nggak?

Saat perayaan Idul Adha, ada beberapa hal yang biasanya lumrah Kamu jumpai pedagang arang, batok kelapa, kipas dari anyaman bambu, hingga tusuk sate di pinggiran jalan. Tentunya perayaan ini menjadi salah satu momen bahagia bagi seluruh kalangan. Daging kurban baik itu daging kambing atau sapi umumnya diolah menjadi menu rendang, gulai, soto, ataupun sate.

Bosan dengan olahan daging kurban yang itu-itu saja? Mungkin sebaiknya kamu coba deh cara menikmati daging kurban anti mainstream dengan resep olahan berikut ini.

Daging Sapi Lada Hitam

olahan daging kurban

Siapa yang masih mengira membuat menu daging sapi lada hitam itu sulit? Buatnya super gampang lho,selain bumbunya yang super sederhana membuatnya pun ngga pake ribet. Siapkan bahan lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan-bahan

  • 500 gram daging sapi, rebus hingga empuk, potong kecil
  • 3 sdt lada hitam bubuk
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 3 buah cabe merah besar, iris serong
  • 2 buah cabe hijau besar, iris serong
  • 2 buah tomat merah, belah 6 bagian
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula
  • secukupnya minyak
  • Bumbu Halus:
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe, kupas dan bakar

Cara membuat

  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu tambahkan irisan bawang bombay. Kemudian aduk rata hingga wangi.
  • Tambahkan wortel pada tumisan. Aduk hingga merata.
  • Masukkan potongan daging sapi yang sudah diiris kecil ke dalam tumisan. Kemudian tambahkan sedikit air. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih.
  • Selanjutnya, tambahkan gula pasir, garam, kecap manis dan saus tiram. Aduk rata. Terakhir tambahkan lada hitam, aduk hingga rata dan tutup wajan sebentar.
  • Saat air mulai menyusut dan bumbu meresap, masukkan potongan tomat, cabe merah besar dan cabe hijau besar, aduk hingga rata.
  • Siap sajikan.

Baca juga : Daging Kambing Ternyata Menyehatkan Lho! Ada Protein, Kalium, dan Zat Gizi Lainnya

Bola-bola Daging Kecap

olahan daging kurban

Bola-bola daging mungkin identik dengan sajian yang pedas, namun ngga ada salahnya saat Idul Adha nanti Kamu membuat sesuatu yang berbeda. Yuk coba buat sajian manis dengan menggunakan bola daging, sajian lezat ini bisa menjadi pilihan yang pas sebagai menu spesial saat berkumpul bersama keluarga.

Bahan Bola-Bola Daging Kecap

  • 300 gr daging-sapi giling
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 2 sdm tepung roti
  • 1 butir telur
  • minyak goreng secukupnya

Bahan saus

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 500 ml air
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 buah kentang (potong kotak)
  • 3 sdm kecap manis

Cara Membuat Bola-bola Daging Kecap

  • Campurkan daging sapi giling dengan telur dan semua bumbunya, aduk rata
  • Bentuk adonan daging menjadi bulat dengan tangan
  • Goreng bola-bola daging sampai kecokelatan
  • Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum
  • Masukkan tomat, air, kecap asin, gula pasir, lada bubuk, dan saus tomat, aduk rata
  • Masukkan bola-bola daging dan kentang
  • Tambahkan kecap manis, aduk hingga meresap
  • Sajikan

Baca juga : Ternyata Ini Alasan Sapi Wagyu menjadi Primadona Semua Daging Sapi

Kroket Kentang Mozzarella Dengan Daging Sapi

olahan daging kurban

Buat yang demen banget makanan khas italia, bisa juga lho daging kurban idul adha nanti dibuat kroket kentang mozzarella. Olahan daging kurban ini cukup praktis dan cocok dijadikan cemilan saat nonton karena ukurannya yang kecil dan bisa disantap dalam sekali lahap.

Bahan-bahan

  • Knorr Kentang Kering Serpih, disiapkan 600 gr
  • Daging Sapi Rebus 225 gr
  • Mozzarella 225 gr
  • Peterseli (ikat) 50 pc

Pelapisan

  • Terigu 300 gr
  • Putih Telur 4 pc
  • Tepung Roti 300 gr

Menyiapkan Crispy Pancetta

  • Irisan Pancetta (tipis) 10 pc
  • Menyiapkan Mayones Truffle
  • Mayones 250 gr
  • Pasta Truffle 60 gr
  • Jeruk Nipis 50 pc

Cara Membuat Kroket Kentang

  • Potong daging sapi dan mozzarella menjadi kubus kecil.
  • Cincang peterseli.
  • Campurkan dengan Knorr Mashed Potato yang sudah disiapkan (suhu kamar) (gunakan 10% lebih sedikit cairan untuk adonan yang lebih kental).
  • Bumbui campuran dengan lada hitam (tidak perlu garam, garam akan keluar dari daging sapi).
  • Masukkan campuran ke dalam cetakan dan tekan hingga berbentuk silinder panjang di atas loyang oven, lalu ditutup dengan kertas roti.
  • Bekukan adonan silinder hingga setengah beku dan potong dengan ukuran 5 cm.

Pelapisan

  • Lapisi kroket dalam 3 langkah: 1 – Tepung 2 – Kocokan telur 3 – Tepung roti
  • Setelah pelapisan, biarkan lapisan selama setengah jam di lemari es.
  • Panaskan minyak sayur sampai 180 derajat celcius dan goreng kroket selama sekitar 4 menit sampai warnanya keemasan.
  • Pastikan dalamnya juga terpanasi sehingga mozzarella meleleh saat Anda memakan kroket.

Menyiapkan Crispy Pancetta

  • Tempatkan irisan tipis pancetta di atas kertas roti dan letakkan juga kertas roti di atasnya.
  • Tempatkan di antara 2 rak oven sehingga pancetta akan tertekan.
  • Panggang pancetta di oven pada suhu 170 derajat celcius selama 8 menit.
  • Lepas dari atas kertas roti dan dinginkan.

Menyiapkan Mayones Truffle

  • Campurkan mayones dengan pasta truffle.
  • Peras beberapa tetes air lemon.

Penyajian

  • Sajikan 3 kroket per porsi.
  • Letakkan pancetta di atasnya.
  • Lengkapi dengan mayones truffle.
  • Hias dengan rempah segar.

Baca juga : Aneka Resep Daging Sapi, Ide Mengolah Daging saat Hari Raya Idul Adha

Sate Bola-bola Daging

olahan daging kurban

Hidangan yang dibuat dari bahan utama daging cincang yang dikombinasikan dengan bumbu dan rempah yang lezat ini mampu menghasilkan sajian istimewa yang cocok disantap siapa saja dan dihidangkan dimana saja, seperti misalkan untuk bekal anak-anak ke sekolah, bekal pergi piknik atau santapan menu sehari-hari dirumah. Nah, agar ibu bisa menyajikan sajian sate bola daging dengan bumbu manis yang lezat dirumah. Maka, yuk kita simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan :

  • 250 gram daging giling
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok makan bawang bombay, dicincang halus
  • 1 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 siung bawang putih, digoreng, dihaluskan
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan bawang merah goreng, diremas-remas
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 8 buah tusuk sate

Bahan Bumbu :

  • 1/4 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok teh margarin
  • 1 sendok makan kecap manis

Cara membuat sate bola-bola daging :

  • Campur rata bahan-bahan seperti daging giling bersama dengan bawang putih dan bawang bombay yang telah dicincang. Kemudian aduk-aduk merata semua bahan sampa tercampur kesemuanya.
  • Tuangkan margarin bersama dengan kecap asin, kecap manis, merica bubuk, ketumbar, pala bubuk, garam dan bawang goreng. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata. Setelah tercampur.
  • Uleni adonan hingga hampir kalis dan mudah dibentuk (pastikan gunakan sarung tangan agar adonan yang dibuat tetap higienis).
  • Setelah itu, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bola kecil sesuai yang diinginkan. Lakukan hal yang sama pada semua bahan hingga semua bahan terbentuk menjadi bola-bola dengan ukuran yang sama.
  • Setelah selesai dibentuk bola-bola kecil, sekarang silahkan tusuk bola-bola daging dengan tusukan sate dengan jumlah sesuai yang anda inginkan.
  • Setelah itu, bakar sate bola daging sambil diberikan bumbu olesan hingga matang, jangan lupa pula untuk membulak-balik sate bola daging yang anda bakar.

Baca juga : 6 Rahasia Cara Memasak Daging agar Empuk & Tak Alot saat Di Masak

Steak Jawa Saus Jamur

olahan daging kurban

Ide alternatif olahan daging kurban berikutnya adalah steak, hmm cobain yuk bikin steak jawa saus jamur. Ide ini menurut saya ok banget, sekalian nambah menu resep andalan untuk keluarga di rumah. Mau tahu cara membuatnya? Ikuti aja resep steak jawa saus jamur berikut ini.

Bahan :

  • 4 sdm Palmia Cooking Margarine Garlic
  • 200 gr daging sapi
  • 100 gr jamur kancing
  • 10 gr bawang bombay
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt kecap manis

Bumbu halus:

  • 10 butir merica
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu perendam :

  • ½ sdt lada bubuk
  • Garam secukupnya
  • Saus tomat

Pelengkap :

  • 100 gr kentang goreng
  • Irisan daun bawang
  • Daun selada

Cara membuat steak jawa saus jamur :

  • Rendam daging sapi dengan bumbu perendam.Olesi dengan Palmia Cooking Margarine.Panggang pada teflon datar,sambil diolesi sisa bumbu perendamnya.
  • Sambil menunggu steak matang,tumis bumbu halus ,tuang kecap manis.Masukan jamur kancing dan tomat segar.Tuang larutan tepung maizena aduk angkat.
  • Tata daging sapi yg sudah matang,jamur dan tomatnya.Siram kuah sausnya. Sajikan Steak Jawa Saus Jamur untuk keluarga tercinta.

Baca juga : Olahan Daging Special Ala Restoran, Yuk Buat Sendiri Saat Weekend !


Itulah 5 ide alternatif olahan daging kurban. Sebagai tambahan, untuk jenis daging kambing lebih cocok dijadikan sate, agar sate daging kambing makin mantap cobain resep sate maranggi yang terkenal itu yuks.

olahan daging kurban

Bahan-bahan untuk membuat sate maranggi :

  • Daging 750 gr (beri sedikit campuran lemak).
  • Margarin secukupnya.
  • Kecap manis.

Bahan bumbu halus :.

  • Bawang merah 10 butir.
  • Bawang putih 5 siung.
  • Ketumbar 1 sdm.
  • Gula merah 6 sdm
  • Jahe 2 iris.
  • Garam secukupnya.

Cara membuat sate maranggi :

  • Potong-potong daging lalu marinasi dengan bumbu halus ditambah 1 sdm minyak goreng. Diamkan min 2 jam.
  • Tusuk daging dengan tusukan sate.
  • Siapkan piring berisi kecap manis.
  • Panaskan grill pan, olesi margarin. Bakar sate sampai 3/4 matang lalu angkat dan gulingkan ke kecap manis sambil dioles supaya merata.
  • Bakar lagi sebentar sampai matang.
  • Sajikan dengan sambal kecap rawit.
  • Untuk bumbu kuahnya Anda bisa memilih ingin yang rasa pedas atau manis.

5 Minuman kekinian untuk berbuka puasa, super seger!

5 Minuman kekinian untuk berbuka puasa, super seger! blog.lakupon.com. Saat berbuka tentu menjadi moment paling ditunggu oleh kebanyakan orang yang menjalankan puasa, bahkan yang tidak menjalankan puasa pun ikut girang saat bedug maghrib terdengar, iya nggak? Nah, jika pada umumnya Kamu menikmati menu berbuka dengan minum-minuman segar di kafe-kafe ataupun restoran, mending pikir-pikir lagi deh. Sudah tahu kan berapa kocek yang perlu kamu keluarkan untuk menikmati aneka makanan ataupun minuman untuk berbuka di sebuah kafe, karena pasti harganya tidak selalu terjangkau.

Nah, dari pada harus mengeluarkan kocek yang lumayan karena berbuka puasa di kafe ataupun restoran, mendingan Kamu cobain deh buat sendiri menu berbuka puasa seperti minuman kekinian yang lagi hits saat ini seperti . Pikinnya pasti sulit? Engga kok, hanya butuh beberapa alat dan waktu yang tidak terlalu lama. Soal rasa ngga perlu ditanya lagi deh, yuk langsung aja coba resep minuman kekinian untuk berbuka puasa hari ini.

Oreo Frappuccino

5 Minuman kekinian untuk berbuka puasa

Sering nongkrong di Starbucks? Pasti ngga asing dengan minuman yang punya nama Oreo Frappuccino kan? Minuman jenis ini adalah salah satu yang paling disukai dan paling banyak pula diminati oleh banyak orang! Ada banyak variasi Oreo Frappuccino, tetapi jenis ini merupakan minuman blender kekinian paling populer karena membuatnya pun sangatlah mudah! Yuk praktekin di rumah, begini caranya :

Bahan:

  • Gula ±4 sdm yang dicairkan
  • Susu plain atau original
  • Es batu
  • 2 cookies Oreo
  • Taburi dengan cokelat pilihan Kamu atau krim kocok biasa

jika Kamu lebih suka creme dari pada rasa kue coklat:

  • Vanilla Bean Frappuccino
  • Keripik Java dicampur
  • Taburi dengan sirup moka atau kue hancur atau keduanya!

Cara membuat:

Masukkan semua bahan ke blender.

Blender sampai es batu halus.

Tambahkan Oreo sesuai selera.

Setelah halus, pindahkan ke gelas. Kamu bisa menambahkan topping cookies Oreo dan cream.

King Mango Thai

5 Minuman kekinian untuk berbuka puasa

Punya stok buah mangga yang cukup banyak di rumah? Bosen kali, kalau hanya disantap seperti biasa. Nah, pengen menikmati minuman seger dari buah mangga saat berbuka nanti? Ah, palingan sama kaya jus mangga biasa kan?  Engga lah, ada yang beda dari king mango thai dari jus mangga biasa. Kalau mau bukti, mending Kamu cobain nih bikin minuman kekinian ini. Berikut caranya.

Bahan

  • 2 buah mangga
  • 2 bungkus susu kental manis
  • 200 ml air es
  • 2 sendok makan tepung jagung
  • 200 ml santan
  • Garam

Cara membuat

  • Rebus santan dan tambahkan garam secukupnya.
  • Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit udara. Aduk sampai mengental.
  • Angkat dan dinginkan.
  • Potong mangga menjadi ukuran yang kecil-kecil.
  • Blender mangga, susu kental manis, dan air sampai halus.
  • Tuang jus mangga sekitar 3/4 gelas dan tambahkan santan yang sudah dingin.
  • Tambahkan potongan-potongan mangga dan siap disajikan.

Baca juga:

Boba Pearl Coffee Milk

5 Minuman kekinian untuk berbuka puasa

Apakah Kamu seorang pecinta kopi? Ngga ada salahnya buat bikin minuman kopi kekinian yang seger abis saat berbuka puasa. Kopi susu dengan tekstur kenyal di dalamnya ini dapat Kamu coba di rumah. Cobalah susu kopi boba sederhana ini, yang terdiri dari kopi, susu, sirup gula aren, dan boba di dalamnya.

Bahan:

  • 120 ml Espresso
  • 50 g Gula Aren
  • 20 ml Air
  • 240 ml susu
  • 3 sdm Boba Pearl
  • Es Batu Untuk 2 porsi

Cara membuat:

  • Masak dahulu boba mentah sesuai dengan arahan yang tertera dalam bungkusannya. Lalu sisihkan. Kamu juga bisa menggunakan boba matang yang sudah tersedia di berbagai outlet.
  • Didihkan gula aren dan air sampai semua gula aren larut dan teksturnya manis. Matikan api dan biarkan dingin pada suhu kamar.
  • Dalam gelas tambahkan 1,5 sendok makan boba mutiara. Isi gelas dengan es batu sepenuhnya. Tambahkan 60 ml espresso dan setengah dari sirup gula aren. Tambahkan susu 120ml.
  • Boba Pearl Coffee Milk siap disajikan.

Nutella milkshake cookies

5 Minuman kekinian untuk berbuka puasa

Nutella Milkshake kue chip cokelat malt yang manis dan lembut adalah kombinasi sempurna es krim vanila, kaya, cokelat nutella, kue chip cokelat renyah, dan rasa susu malt. Selain itu, nutella milkshake sangat mudah dibuat – seluruh keluarga pasti akan berebut untuk menikmatinya saat berbuka puasa! Mau tahu cara membuatnya, simak resepnya berikut ini.

Bahan:

Membuat 2 milkshake besar

  • 2 cangkir es krim vanilla
  • 1/4 cangkir susu murni, sesuai selera
  • 2 sendok makan nutella
  • 6 kue cokelat
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 1 sendok makan Malted Milk Powder
  • 1 sendok makan gula pasir
  • Whipped cream untuk topping

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan dalam tubuh blender; campur semua bahan sampai halus.
  • Taburi dengan krim kocok; jika Kamu menggunakannya.
  • Sajikan dalam gelas dengan ukuran tinggi dengan sedotan.

Baca juga:

Es goyobod

5 Minuman kekinian untuk berbuka puasa

Es goyobod adalah Minuman khas Jawa Barat, minuman yang dingin serta segar ini punya ciri khas yakni berisi potongan goyobod yakni adonan tepung hunkwe. Teksturnya kenyal lembut dan rasanya sedikit gurih santan. Seporsi es goyobod biasa disajikan dalam mangkuk berisi goyobod, alpukat, kolang-kaling dan tape singkong. Sebagai pemanis, biasa ditambahkan sirup merah dan gula cair. Paling enak es goyobod dinikmati siang-siang sebagai pelepas dahaga.

Bahan:

  • Air 750 ml
  • Garam 1 sdt
  • Tepung Hunkue 60 gram
  • Gula merah 125 gram (disisir)

Bahan kuah santan es goyobod :

  • Santan 1.000 ml (dari 1 butir kelapa)
  • Gula merah 300 gram (disisir)
  • Gula pasir 100 gram
  • Garam 1/2 sdt
  • Daun pandan 2 lembar (ikat/potong-potong)

Bahan isian:

  • Kelapa muda 1 buah (belah dua, keruk daging buahnya)
  • Alpukat 1 buah (belah dua, buang bijinya, keruk daging buahnya)
  • Es serut/es batu secukupnya

Cara membuat:

  • Siapkan loyang berukuran 17 x 24 x 3 cm. Basahi dalamnya dengan air matang, sisihkan.
  • Larutkan tepung hunkue dengan sedikit air. Pasanaskan sisa air, campur dengan gula merah dan garam hingga mendidih di atas api sedang. Angkat dari atas api, saring. Tuang kembali ke dalam panci.
  • Masukkan tepung hunkue yang sudah dilarutkan ke panci berisi air gula, masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Angkat dari atas api.
  • Tuang adonan hunkue ke loyang tahan panas. Biarkan hingga dingin. Keluarkan dari loyang. Potong-potong bentuk dadu ukuran 1 cm.
  • Untuk kuah santannya, rebus santan, gula merah, garam, dan daun pandan sambil ditimba-timba hingga mendidih. Angkat dari atas api, saring.
  • Siapkan mangkuk, taruh 2-3 sdm goyobod dalam mangkuk. Tambahkan kelapa muda dan alpukat. Tuang kuah santan. Tambahkan es serut/es batu.

Itulah 5 Minuman kekinian untuk berbuka puasa yang super seger. Sangat mudah membuatnya bukan? Yuk cobain bikin minuman kekinian ini saat berbuka nanti.

5 Menu Favorit Saat Berbuka Puasa, No 3 Dan 4 Semua Pasti Suka!

5 Menu Favorit Saat Berbuka Puasa, No 3 Dn 4 Semua Pasti Suka! Blog.lakupon.com. Saat Bulan Ramadhan, moment berbuka pastinya sangat dinanti oleh semua orang, salah satunya mungkin Kamu yang membaca artikel ini. Saat berbuka, berbagai hidangan lezat yang jarang sekali kita nikmati sehari-hari akan terhampar di meja makan. Tapi awas lho, jangan sampai kalap dan semua menu buka puasa Kamu santap yah, bisa-bisa ngga kuat untuk melaksanakan sholat tarawih karena perut terlalu kenyang. Dari sekian banyak menu saat berbuka puasa, tentu ada beberapa menu makanan yang menjadi favorit bagi Kamu dan keluarga bukan? Berikut adalah beberapa menu favorit yang biasa disajikan saat berbuka puasa.

Kurma

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kurma
Kurma menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa, amengkonsumsi menu yang satu ini saat berbuka juga disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Menu yang satu ini wajib banget untuk disajikan saat bulan Puasa Ramadhan. Selain karena diannjurkan oleh nabi untuk berbuka puasa dengan menu kurma, ternyata tersibak banyak manfaat kurma bagi kesehatan tubuh lho. Kandungan didalamnya berupa 7 gram serat, 2 gram protein, 20% kebutuhan kalium harian, 14% kebutuhan magnesium harian, 18% kebutuhan tembaga, 15% kebutuhan mangan, 5% kebutuhan zat besi harian, dan 12% kebutuhan vitamin B6 harian. Manfaat mengkonsumsi kurma saat berbuka adalah memperlancar sistem pencernaan, mencegah resiko diabetes, meningkatkan performa jantung, menjaga kesehatan otak, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Es Kelapa Muda

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Es Kelapa Muda
Menikmati segelas es kelapa muda saat berbuka puasa pasti seger banget. Udah tahu belum manfaat air kelapa muda?

Coba ingat, bagaimana segarnya minum es kelapa muda saat berbuka puasa? Selain es teh manis, minuman yang menjadi menu favorit saat berbuka lainnya adalah es kelapa muda. Air kelapa muda dipercaya sebagai minuman elektrolit yang berfungsi menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa puasa. Air kepala muda disinyalir memiliki kandungan natrium, kalsium, kalium dan magnesium yang melimpah. Air kelapa muda juga dipercaya masyarakat dapat menggantikan cairan infus bagi mereka yang mengalami kekurangan cairan atau “dehidrasi”. Nah alasan-alasan inilah yang akhirnya menjadikan air kelapa sangat baik diminum saat berbuka puasa. Es kelapa muda merupakan menu favorit saat berbuka bagi kebanyakan orang, biasanya penyajian minuman ini ditambahkan sedikit gula merah di dalamnya.

Sop Buah

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Sop Buah
Membuat sop buah sangatlah mudah. Menu yang satu ini wajib banget untuk Kamu sajikan saat berbuka puasa.

Siapa sih yang nggga doyan dengan menu sajian favorit saat berbuka yang satu ini? Sop buah adalah sajian yang dibuat dari berbagai macam jenis buah yang dipadukan menjadi satu. Apa saja yang ada dalam sop buah? Biasanya berupa berbagai macam buah seperti melon, stroberi, anggur, nangka, sirsak, mangga, kelapa muda, dan berbagai jenis buah lainnya. Agar lebih segar biasanya ditambahkan es batu dan juga susu kental manis untuk menambah rasa manis. Tentu dengan campuran buah-buahan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menyegarkan tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

Kolak

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kolak
Kolak ternyata kaya akan manfaat lho. Menu sajian kolak sangat digemari seluruh keluarga.

Menyantap semangkuk kolak bisa menjadi pilihan takjil alias menu favorit buka puasa yang sehat dan patut Kamu coba saat Ramadhan. Terdapat berbagai jenis kolak yang ada di Indonesia, namun biasanya ada 6 jenis yang menjadi kolak favorit seperti Kolak Pisang, Kolak pacar cina, Kolak durian, Kolak labu kuning, Kolak Ubi, dan Kolak Biji Salak. Dalam sebuah mangkuk kolak biasanya terdiri dari bermacam kombinasi, dijamin bisa membuat Kamu lebih terasa kenyang, agar terhindar dari kalap makan saat berbuka puasa. Tak hanya mengenyangkan, menyantap kolak untuk buka puasa ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan seperti mengendalikan gula darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga sistem pencernaan, dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Sop Ayam

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Sop Ayam
Sop Ayam mengandung nilai gizi yang bagus sekali buat kesehatan sehingga sangat cocok untuk menjadi menu favorit saat berbuka puasa

Sop ayam bukan cuma enak dan lezat, tetapi juga banyak mengandung nilai gizi yang bagus sekali buat kesehatan sehingga sangat cocok untuk menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Banyak diantara kita yang mungkin menggunakn resep masakan sup ini untuk menyembuhkan gejala sakit flu ringan. Kuahnya yang gurih dan lezat pas sekali untuk santapan bersama nasi putih. Banyak kandungan vitamin, mineral, protein dan lainnya yang bisa kita dapat apabila berbuka puasa dengan sup ayam ini.

Tips Resep Membuat Ayam Tulang Lunak, Mudah dan Lezat Lho!

resep ayam tulang lunak

Jika kita sedang lapar, tentunya beragam makanan pasti sedang berada di pikiran kita. Aneka makanan yang lezat mulai dair masakan Barat, masakan Asia, hingga masakan Indonesia yang menjadi favorit santapan kita adalah beberapa contoh hidangan yang pastinya kita bayangkan untuk kita santap. Nah apabila kamu sedang lapar dan ingin memasak hidangan lezat nan gurih untuk santap serumu dirumah, kamu bisa mencoba memasak salah satu hidangan lezat khas Indonesia yang satu ini lho! Hidangan tersebut adalah ayam tulang lunak.

Dari namanya saja sudah unik bukan? Ya, ayam tulang lunak sendiri merupakan sajian hidangan berbahan dasar daging ayam yang memiliki tekstur empuk dan juga mempunyai tulang yang lunak ketika disantap, sehingga tulang dari daging tersebut bisa turut ikut disantap bersama dengan daging ayam yang sudah diolah. Selain itu, hidangan berbahan dasar ayam ini juga memiliki cita rasa yang gurih, sehingga setiap orang pasti menyukai masakan khas Indonesia yang satu ini.

Lalu, bagaimana hidangan khas ini bisa memiliki cita rasa yang gurih maupun mempunyai tekstur yang empuk serta tulang yang lunak seperti itu ya? Penasaran bagaimana resepnya agar bisa dimasak dirumah? Berikut resep dari ayam tulan lunak yang bisa kamu coba masak dirumah untuk santap serumu.

Baca juga artikel lainnya disini: Resep Membuat Lumpia Kulit Tahu Selezat di Restoran, Ini Caranya!

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

resep ayam tulang lunak

Untuk memasak ayam tulang lunak, kamu perlu memerlukan bahan-bahan bumbu masakan beirkut dirumah untuk memasaknya. Beberapa bumbu-bumbu tersebut diantaranya mudah untuk didapat di pasar, sehingga kamu bisa untuk membelinya di pasar terdekat untuk memasak. Bumbu-bumbu tersebut yang perlu disiapkan yaitu:

  • 6 btr bawang merah
  • 6 btr bawang putih
  • 6 btr kemiri yang sudah disangrai
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 2 sdt ketumbar, sangrai
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • Daun pisang
  • 7 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 btg serai, memarkan
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdm air asam jawa

Setelah menyiapkan bumbu-bumbu tersebut, beberapa bahan utama lainnya yang perlu disiapkan untuk memasak ayam tulang lunak adalah sebagai berikut:

  • 1 ekor ayam kampung, pilih yang muda
  • 2 sdt baking powder
  • 1 liter santan
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Memasak Ayam Tulang Lunak

resep ayam tulang lunak

Setelah menyiapkan bumbu-bumbu dan juga bahan utama untuk diolah, sekarang saatnya untuk memasak. Untuk memasak hidangan ini sendiri terbilang tidak cukup sulit dan tergolong cukup mudah lho! Kamu hanya perlu untuk mengikuti beberapa langkah berikut init untuk memasak hidangan lezat berbahan dasar ayam yang satu ini. Berikut langkah-langkah untuk memasak hidangan ini:

  1. Pertama-tama, siapkan panci presto yang sudah dialasi oleh daun pisang. Lalu, olesi sedikit minyak pada panci agar mudah dibuka saat ayam sudah matang.
  2. Siapkan ayam yang sudah dicuci bersih. Potong-potong daging ayam sesuai selera.
  3. Taburi bagian permukaan ayam dengan baking powder hingga merata. Setelah itu, tutupi dengan plastik wrap dan diamkan selama 1-2 jam didalam kulkas.
  4. Sambil menunggu ayam yang didiamkan di dalam kulkas, tumis 2 sdm minyak diatas wajan dan tumis bumbu halus dan bumbu lainnya hingga harum dan layu. Sisihkan.
  5. Bumbu sudah, sekarang ambil ayam yang sudah didinginkan tadi kemudian olesi dengan bumbu tumis hingga merata. Diamkan ayam selama 1 jam. Sisa bumbu bisa dimasukkan ke dalam panci presto.
  6. Masukkan ayam ke dalam panci, tuang santan hingga ayam terendam santan. Jika kurang asin, kamu bisa menambahkan garam lebih sesuai selareamu. Setelah itu, tutup pancinya.
  7. Masak dengan api besar hingga uap keluas, masak selama kurang lebih 1-2 jam agar tulang benar-benar lunak. Perlu diingat bahwa saat memasak dalam panci air rebusan harus benar-benar habis dan perlu diperhatikan agar tidak gosong.
  8. Ketika sudah matang dalam panci presto,biarkan ayam mendingin.
  9. Setelahnya, siapkan minyak yang cukup banyak dan goreng ayam hingga kecokelatan di wajan
  10. Ketika sudah terlihat kecoklatan serta matang, angkat dan siap dihidangkan ayam tulang lunak tersebut

Agar lebih lezat ketika dihidangkan, kamu bisa menambahkan sayuran seperti lalapan agar lebih sehat untuk disantap dan juga segar. Selain itu bagi kamu pecinta hidangan pedas, kamu juga bisa menambahkan sambal terasi, sambal bawang, ataupun sambal lainnya sesuai dengan selera yang kamu inginkan untuk disantap.

Baca juga artikel lainnya disini: Suka Cumi Goreng Tepung? Yuk Masak Di Rumah Dengan Resepnya Berikut ini!

Memilih santapan yang lezat dikala perut yang lapar tentunya menjadi sebuah hal yang dipikirikan untuk menghilangkan rasa lapar tersebut. Dari banyaknya hidangan yang ada, sajian ayam tulang lunak bisa menjadi pilihan yang tepat untuk disantap ketika rasa lapar tiba. Selain itu, menikmati sajian ayam tulang lunak juga bisa menajdi lebih seru ketika bisa dinikmati oleh para anggota keluarga dirumah maupun bersama dengan teman-teman terkasih. Jadi, apakah kamu penasaran dan ingin menikmati langsung sajian hidangan khas Indonesia yang lezat satu ini dirumah?

Cari Cemilan Yang Sehat dan Mengenyangkan? Kroket Jawabannya!

Menikmati cemilan adalah salah satu hal yang paling digemari oleh masyarakat pada umumnya. Cemilan-cemilan yang ada seperti aneka kue, roti, biskuit yang manis, hingga coklat maupun permen adalah beberapa contoh cemilan yang sering menjadi pilihan untuk menikmati waktu yang senggang. Dengan menikmati cemilan tersebut, tentunya bisa membangkitkan mood hati agar menjadi lebih ceria.

Nah jika kamu ingin menikmati cemilan yang lezat, memiliki cita rasa yang gurih, dan juga berbeda dari yang lainnya, kamu bisa mencoba salah satu satu cemilan yang satu ini. Cemilan itu adalah kroket. Kroket merupakan cemilan yang sudah tidak begitu asing di telinga masyarakat Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang gurih, kroket juga menjadi cemilan yang cukup menyehatkan dan juga bisa mengenyangkan di perut lho!

Berasal Dari Benua Eropa

Kroket sendiri merupakan makanan yang berasal dari Benua Eropa lho, tepatnya dari negara Belanda. Belanda memang memiliki pengaruh yang cukup kuat dari segi sosial, budaya, hingga ke dalam kuliner Indonesia ketika masih berada di tanah Indonesia. Lebih lanjut, kroket sendiri asal muasalanya di benuar Eropa adalah suatu paduan budaya makanan antara Belanda dan juga Perancis.

Di negeri Belanda sendiri, kroket dikenal dengan hidangan yang terbuat dari ragout yang dilapisi dengan telur putih dan juga tepung panir. Setelahnya, makanan ini lalu digoreng di dalam wajan sebelum dihidangkan untuk disantap.

Sementara di Indonesia, kroket adalah sebuah hidangan yang terbuat dari kentang tumbuk halus dan di dalamnya diisi dengan beberapa macam isian seperti daging cincang, wortel ataupun buncis.

Baca juga artikel menarik lainnya disini: Sotang, Si Cemilan Sosis Gurih dan Mengenyangkan

Menariknya, kroket tidak hanya dikenal di Belanda ataupun di Indonesia saja namun dikenal juga di beberapa negara di dunia. Beberapa negara seperti Spanyol, Brazil, Meksiko, Kuba, Amerika Serikat, India, Jepang, dan juga Filipina juga memiliki varian kroket yang sama seperti yang kita temui pada umumnya. Namun yang membedakan dari masing-masing negara tersebut adalah isian dan juga bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Resep Membuat Kroket Yang Gurih

Apakah kamu penasaran dengan rasa dari cemilan yang satu ini? Jika iya, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah lho! Untuk membuat sajian kroket yang lezat, kamu perlu mengikuti beberapa langkah resep dalam pembuatannya. Pertama-tama, siapkan beberapa bahan makanan sebagai berikut:

  • 1 butir telur ayam, kocok lepas untuk bahan celupan
  • Tepung panir atau tepung roti secukupnya untuk melapi kulit kroketnya.
  • Margarin secukupnya untuk menumis bumbu isian kroket kentangnya
  • 100 gram daging ayam atau sapi, rebus dahulu sampai agak matang kemudian cincang kasar atau potong dadu kecil kecil.
  • 1/2 sdm tepung maizena, campur dengan air sebanyak 1/4 gelas dan aduk sampai rata
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 siung bawang merah, cincang halus
  • 2 batang daun bawang, iris kecil-kecil
  • 1/2 batang jagung manis
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • Kecap manis secukupnya
  • Saus tiram secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica halus secukupnya
  • 100 ml susu cair

Langkah Membuat Kroket di Dapur

Setelah menyiapkan beberapa bahan tersebut, sekarang saatnya untuk mengolahnya di dapur. Ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini untuk membuat cemilan yang satu ini.

  1. Langkah pertama membuat adonan kulit kroketnya, siapkan wajan dengan api sedang dan goreng kentang yang sudah dipotong sampai empuk dan matang. Jangan terlalu gosong ataupun kering supaya nanti mudah saat dihaluskan. Tiriskan dan biarkan sampai dingin sebelum diolah lebih lanjut.
  2. Setelah kentang yang digoreng dingin, haluskan kentang sampai benar-benar halus. Bisa menggunakan tumbukan dari kayu atau kalau punya bisa menggunakan food processor supaya lebih cepat.
  3. Ambil satu wadah lalu tuang kentang yang sudah dihaluskan dan masukkan bahan kulit lainnya, seperti susu bubuk, pala halus, merica halus, gula pasir, merica halus, garam dapur dan telurnya.
  4. Aduk semua bahan sampai benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Cicipi dulu dan tambahkan garam dapur kalau dirasa perlu lalu sisihkan.
  5. Membuat bahan isian kroket kentangnya, siapkan wajan dengan api sedang kecil dan beri margarin secukupnya.
  6. Masukkan potongan bawang bombay, bawang merah dan bawang putihnya lalu tumis dan aduk aduk sampai tercium bau harum tumisan bumbunya.
  7. Masukkan potongan daging ayam atau daging cincang atau kroket ke dalam wajan lalu aduk kembali sebentar sampai semua bahan tercampur rata dan ayam berubah warnanya.
  8. Masukkan potongan wortel dan jagung manisnya lalu aduk dan masak sampai ayam dan bahan lainnya matang.
  9. Tuang kecap manis, kecap asin, saus tiram, gula pasir, merica dan pala bubuknya kemudian aduk aduk sebentar supaya semua bahan tercampur rata.
  10. Tuang susu cairnya dan tepung maizenanya kemudian aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  11. Masak dan aduk sampai menyusut dan mengental. Tambahkan garam dapur, gula pasir atau bahan lain kalau rasanya kurang pas di lidah.
  12. Langkah ketiga membuat kroketnya, ambil adonan kulitnya secukupnya lalu pipihkan di tangan dengan rapi.
  13. Ambil bahan isianya secukupnya (kurang lebih 1/2 sampai 1 sendok makan) dan tuang kedalam tangan yang berisi adonan kulitnya.
  14. Tutup dan bentuk adonan dengan rapi kemudian sisihkan. Ulangi sampai habis.
  15. Ambil kroket di atas dan celupkan ke dalam kocokan telur sampai merata kemudian gulingkan di wadah yang berisi tepung panir sampai rata dan semua bagian tertutup rata.
  16. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya.
  17. Masukkan kroket diatas dan goreng sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Jangan lupa dibolak balik supaya matangnya merata dan tidak gosong.
  18. Ulangi sampai habis kemudian tiriskan.
Baca juga artikel menarik lainnya disini: Ide Cemilan Sehat dan Unik untuk Si Buah Hati yang Sulit Makan

Kroket selain mengenyangkan juga bisa dijadikan sebagai cemilan yang sehat dan juga cocok untuk dihidangkan untuk bersantap dengan keluarga ataupun teman dirumah. Bagaimana? Sudah siap untuk membuatnya di dapur dan menyantapnya dirumah sebagai teman cemilan untuk harimu? Yuk langsung buat dirumah dan selamat menikmati cemilan sehat nan mengenyangkan Friends!

Akhir Pekan Tiba! Yuk Saatnya Memasak Udang Bakar Madu di Rumah!

It’s weekend time? Bingung ingin melakukan apa di akhir pekan? Atau masig galau ingin makan apa di hari liburmu? Daripada bingung dan galau, yuk memasak seru untuk mengisi waktu di akhir pekanmu. Nah, kali ini kamu bisa memasak salah satu olahan khas laut yang lezat serta mudah untuk dimasak lho! Olahan khas laut tersebut adalah udang.

Udang memang bisa diolah menjadi salah satu hidangan lezat yang bisa dimasak dengan cepat dan juga mudah dirumah. Masakan yang bisa kamu masak dirumah dengan bahan dasar udang ini adalah udang bakar madu. Memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan juga praktis untuk dimasak di hari liburmu. Untuk itu, yuk langsung saja kita coba untuk memasak hidangan laut yang satu ini.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Untuk memasak udang bakar madu dirumah, pertama-tama kamu memerlukan beberapa bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk memasak. Bahan-bahan tersebut diantaranya:

– 500 gram udang yang sudah dibersihkan dari sungutnya

– 100 ml saus sambal

– 80 ml kecap manis

– 2 siung bawang putih, haluskan

– 1 sdt garam

– 1/2 sdt merica bubuk

– 1/2 sdt lada bubuk

– Minyak goreng secukupnya

– 2 sdm madu

– 1/2 bagian jeruk nipis

Baca juga artikel menarik lainnya disini: Suka Seafood? Kandungan Omega 3 Didalamnya Baik Bagi Tubuh Kita Lho!

Selain beberapa bahan-bahan utama tersebut, kamu juga bisa mempersiapkan bahan-bahan pelngkap lainnya yang bisa menambah kelezatan pada masakanmu lho. Nah untuk bahan-bahan pelengkap ini tidak wajib untuk kamu siapkan, namun apabila ingin menambah masakanmu menjadi lebih lezat dan menarik, bahan-bahan pelengkap yang perlu disiapkan yaitu:

– 1 buah mentimun yang sudah diiris panjang

– 1/2 sdt ketumbar bubuk

Cara memasak udang bakar madu

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak, kini saatnya untuk memasak di dapur! Untuk memasak udang bakar madu agar bisa selezat khas di restoran, kamu bisa mengikuti beberapa langkah-langkah berikut untuk mengolah hidangan laut ini. Langkah-langkah dalam memasaknya adalah sebagai berikut:

– Terlebih dahulu, bersihkan udang dan juga kupas kulitnya hingga bersih.

– Siapkan bumbu-bumbu di dalam mangkok seperti saus sambal, bawang putih, garam, merica bubuk, madu, dan juga kecap manis.

– Masukkan udang yang sudah dibersihkan ke dalam bumbu mangkok dan aduk hingga merata. Setelahnya diamkan selama 25 menit hingga bumbu meresap.

– Setelah bumbu meresap ke dalam udang, tusukkan ke dalam tusukan sate dan berikan perasaan jeruk nipis.

– Panaskan teflon atau panggangan dengan margarain ataupun minyak secukupnya. Bakar udang sampai menjadi setengah matang.

– Kemudian sesekali diolesi saus setiap sisinya sampai matang dan bumbu meresap.

– Setelah matang, angkat udang yang sudah dibakar dan sajikan.

– Untuk lebih lengkap, sajikan dengan nasi hangat agar semakin lezat.

Baca juga artikel menarik lainnya disini: Resep Siomay Ayam Ikan Tenggiri & Udang yang Anti Gagal

Bagaimana? Sudah siap untuk memasak hidangan lezat udang bakar madu untuk mengisi waktu berakhir pekanmu yang seru dirumah? Ayo, tunggu apalagi? Ayo siapkan dapurmu untuk memasak hidangan olahan laut ini untuk keluarga dirumah dan happy cooking!

Resep Membuat Lumpia Kulit Tahu Selezat di Restoran, Ini Caranya!

Makanan yang satu ini tentu memiliki peminat yang cukup banyak sebagai makanan yang dipilih unutk disantap. Selain itu, memiliki cita rasa yang gurih dan juga bertekstur renyah menjadikan hidangan ini tidak pernah absen dalam menyantap di menu dim sum.

Ya, hidangan itu adalah lumpia kulit tahu. Lumpia kulit tahu juga menjadi olahan berbagan dasar kulit tahu yang bisa disantap secara mudah disaat berkumpul bersama dengan keluarga maupun teman-teman dirumahmu.

Hidangan yang ada di menu Dim Sum

Tidak asing bila saat berada di restoran yang menyajikan menu dim sum sebagai hidangannya, lumpia kulit tahu menjadi salah satu olahan yang selalu ada di dalam menu ini. Hal itu dikarenakan Lumpia kulit tahu sendiri merupakan olahan makanan yang berasal dari Tiongkok. Lebih lanjut, makanan yang dikenal sebagai makanan jajanan tradisional ini sudha berpadu dengan nuansa lokal khas Nusantara dalam sajiannya.

Kini, lumpia kulit tahu bisa diisi oleh berbagai isian yang menjadi pilihan oleh masyarakat Indonesia. Ragam isian seperti rebung, telur, sayuran segar, daging ayam, daging sapi, ataupun aneka makanan laut didalamnya menjadikan hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih dan juga sayang untuk dilewatkan.

Baca juga artikel lainnya disini: Lumpia Sayur & Buah, Menu Takjil Buka Puasa Pengganti Gorengan yang Bikin Kamu Tetap Langsing!

Resep yang mudah untuk dibuat dirumah

Nah bagi kamu penikmat hidangan olahan lumpia tersebut, sekarang kamu bisa membuatnya di rumah lho! Bahan-bahan untuk memasaknya pun mudah didapat serta praktis saat dimasak. Lantas, apa saja resep-resep dan juga cara untuk memasak hidangan ini agar renyah seperti di restoran? Berikut caranya.

Untuk memasak lumpia kulit tahu, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan yang akan dimasak nantinya. Bahan-bahan tersebut diantaranya:

– 350 gr udang yang sudah di kupas dan di cincang

– Jika ingin menggunakan daging ayam, siapkan 200 gram paha ayam fillet yang sudah dihaluskan

– 2 sdm Tepung Sagu

– 2 lembar kembang tahu kering (potong petak dengan ukuran 15 x 15 )

– 2 siung bawang putih cincang

– 1 butir putih telur

– 1 butir telur (untuk perekat)

– 1 sdt gula pasir

– 1 sdt garam

– ½ sdt merica bubuk

– 2 sendok teh minyak wijen

– Minyak secukupnya

– 3 cabai hijau

– 1 sdt minyak wijen

Cara memasak yang cepat dan mudah

Setelah menyiapkan berbagai bahan-bahan untuk memasak tersebut, kini saaatnya untuk memasaknya. Cara memasaknya juga cukup mudah dan tidak membutuhkan teknik yang sulit lho! Berikut langkah-langkah untuk memasak hidangan lumpia tersebut.

– Rendam kembang tahu kering dalam air hingga lunak lalu tiriskan.

– Masukan udang,tepung sagu,bawang putih,putih telur,minyak wijen,cabai hijau yang di potong,gula pasir,garam dan merica bubuk.

– Campurkan semuanya kemudian aduk hingga rata.

– Letakan 1 sdm adonan udang atau daging ayam di atas kulit tahu,gulung hingga tertutup rapi,rekatkan dengan putih telur. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.

– Panaskan minyak goreng lalu goreng lumpia udang kulit tahu sampai berwarna kuning keemasan.

– Angkat dan tiriskan.

– Lalu sajikan dengan saus sambal.

Baca juga artikel lainnya disini: 7 Jenis Dim Sum Buffet Terpopuler Di Indonesia Yang Bikin Nagih!

Penasaran ingin mencoba membuat lumpia kulit tahu yang lezat ala restoran di rumah? Yuk langsung aja mencoba memasaknya langsung dirumah agar bisa dinikmati dirumah bersama dengan keluarga dan juga teman-temanmu. Happy cooking guys! Selamat mencoba memasak dirumah.

Resep Memasak Nasi Goreng Kambing Dirumah, Dijamin Lezat!

Apa makanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia? Jika dijawab, mungkin kebanyakan akan menjawab makanan yang disukainya adalah nasi goreng. Makanan yang mudah didapati di setiap sudut kota ini seakan tidak pernah absen dari kehidupan masyarakat jika berbicara mengenai kuliner. Nasi goreng sendiri dapat ditemui dengan mudah mulai dari pedagang kaki lima hingga di dalam restoran sekelas berbintang sekalipun.

Dari sekian banyaknya varian nasi goreng yang ada, salah satu nasi goreng yang cukup digemari oleh masyarakat adalah nasi goreng kambing. Dengan memiliki rasa yang gurih, lezat, dan juga bisa mengenyangkan rasa lapar, tak heran jika nasi goreng kambing menjadi pilihan dalam menyantap kuliner khas Indonesia ini.

Nah bagi kamu yang ingin menikmati sajian nasi goreng kambing ala restoran yang lezat, kamu bisa mencoba memasaknya dirumah lho! Selain itu, memasak nasi goreng ini juga cepat dan mudah untuk disajikan sebagai makanan dirumah. Penasaran bagaimana cara membuat varian hidangan khas Indonesia ini? Daripada penasaran, yuk simak resep memasak nasi goreng kambing lezat yang bisa kamu coba dirumah

Bahan utama yang perlu disiapkan

Untuk memasak nasi goreng kambing, kamu perlu menyiapkan beberapa macam bahan masakan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang akan dimasak nantinya juga cukup mudah untuk didapat lho. Kamu bisa membelinya di pasar ataupun di tempat perbelanjaan yang menjual berbagai macam bumbu dapur. Untuk itu, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:

– 300 gram daging kambing yang sudha diiris tips

– 450 gram nasi putih

– 100 ml kaldu kambing

– 100 gram minyak samin

– 2 cm kayu manis

– 1 lembar daun salam

Baca juga artikel lainnya disini: 5 Tempat Makan Enak Di Jakarta untuk Para Pecinta NASI sejati!

Bumbu halus untuk membuatnya lezat

Sesudah menyiapkan bahan-bahan utama untuk membuat hidangan ini, selanjutnya adalah dengan menyiapkan beberapa bumbu halus ataupun bumbu pelengkapnya agar rasa dari nasi goreng kambing ini menjadi lebih sedap. Bumbu-bumbu yang disiapkan untuk memasak nasi goreng ini adalah:

– 7 butir bawang merah

– 4 siung bawang putih

– 4 buah cabai merah

– 2 buah cabai rawit merah

– 1/4 sendok teh kunyit bubuk

– 1/4 sendok teh jintan bubuk

– 2 biji cengkeh

– 2 biji kapulaga

– 1 sendok makan kecap manis

– Garam secukupnya

– Lada secukupnya

Baca artikel lainnya disini: 4 Resep Nasi Goreng yang to The Next Level, Wajib Coba!

Cara memasak Nasi Goreng Kambing

Setelah menyiapkan berbagai bahan dan juga bumbu-bumbu, kini saatnya memasak hidangan nasi goreng tersebut. Cara untuk memasaknyapun cukup mudan dan juga cepat, sehingga pas untuk kamu yang sedang merasa lapar serta membutuhkan makanan yang cepat tersedia. Untuk itu, berikut cara memasaknya agar menjadi hidangan yang lezat dan bisa mengenyangkan perut dikala rapat.

– Haluskan bawang merah, bawang putih, dan juga cabai rawit merah

– Panaskan minyak samin di dalam wajan

– Masukkan bumbu yang dihaluskan tersebut dengan biji cengkeh, biji kapulaga, dan bumbu-bumbu halus lainnya

– Setelah itu, masukkan irisan dagin kambing yang sudah diiris dan disiapkan sebelumnya lalu aduk sampai merata

– Tuang kaldu kambing ke dalam wajan dan biarkan hingga mendidih dan sedikit kental

– Masukkan nasi, garam, kecap serta juga lada kedalam wajan dan aduk hingga merata

– Setelah matang merata, angkat dan pindahkan nasi goreng sertja sajikan di atas piring

– Sajikan dengan bahan pelengkap lainnya seperti bawang goreng, emping, acar, ataupun kerupuk agar hidangan yang disantap menjadi lebih nikmat

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba memasak hidangan nasi goreng kambing yang lezat dan gurih untuk santap seru dirumah? Menyantap nasi goreng bersama dengan keluarga dirumah menjadi hal yang seru untuk dilakukan bersama. Selain bisa membuat perut kenyang, menyantap bersama dengan keluarga juga dapat mempererat rasa kekeluargaan dirumah. Tertarik untuk memasak hidangan makanan Indonesia yang satu ini?