Catok Rambut Agar Hasilnya Maksimal? Ketahui Cara Tepatnya Untuk Rambutmu!

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh kalangan wanita untuk menata ataupun merawat rambut mereka. Cara-cara seperti memberi vitamin pada rambut, kerasamas secara rutin, ataupun pergi ke salon untuk melakukan perawatan tertentu adalah beberapa contoh dalam merawat mahkota kepala tersebut. Selain cara tersebut, perawatan rambutnya yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah adalah dengan melakukan catok rambut.

Alat yang terlihat seperti setrika rambut dan bisa memberikan manfaat yang cukup baik pada rambut ini tentu bisa menjadi salah satu alat yang cukup wajib untuk melakukan perawatan pada rambut. Selain bisa meluruskan rambut, alat ini juga bisa membuat rambut menjadi terlihat rapi. Untuk itu penggunaan catok rambut juga perlu diperhatikan agar hasil pada rambut juga maksimal. Berikut tipsnya agar saat melakukan pencatokan pada rambut bisa memberikan efek yang baik bagi rambutmu.

Pilihlah catok dengan kualitas yang bagus

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih catok dengan kulitas yang rambut. Meskipun ada berbagai catok dengan harga dan juga bentuk yang berbeda-beda, kamu tentu perlu harus jeli untuk memilih kualitas catokan yang bagus. Tidak disarankan untuk memilih catokan yang hanya bisa memiliki satu suhu tinggi saja ya, melainkan pilihlah catokan yang mempunyai beberapa piliah termperatur pada alat tersebut.

Selain itu, pilihlah catokan yang terbut dari keramik, turmalin atau titanium. Tak hanya itu, pilihlah juga catokan yang memiliki lebar sekitar 4 cm ataupun lebih kecil agar bisa menyentuh rambut secara menyeluruh ya. Atur pada suhu low atau antara 120 – 150 derajat celsius jika rambutmu termasuk ke dalam rambut yang tipis. Bagi memiliki rambut yang medium atau rata-rata, gunakan suhu sekitar 150 – 180 derajat celsius. Sedangkan jika rambut kamu sangat tebal atau kasar, sebaiknya atur suhu diantara 180 – 200 derajat celsius.

Gunakan serum ketika mencatok

Agar rambut menjadi lembut, terlihat lurus dan juga rapi, disarankan untuk menggunakan serum ketika sedang melakukan pencatokan pada rambut. Suhu yan tinggi ketika mencatok rambut tentu diperlukan perlindungan bagi rambut itu sendiri. Untuk itu, gunakan serum yang dikhususkan bagi pencatokan agar rambut tidak menjadi kering ataupun rusak karena suhu panas dari catokan tersebut.

Pastikan rambut sudah kering sebelum mencatok

Ketika kamu ingin mencatok rambut, pastikan kondisi rambutmu dalam keadaan sudah benar-benar kering ya. Mencatok rambut ketika rambut masih dalam keadaan basah justru hanya akan membuat rambut menjadi rusak saja karena suhu panas pada catokan lho. Untuk itu, keringkan rambut setelah terkena air terlebih dahulu sebelum melakukan pencatokan pada rambut ya.

Jangan mencatok di bagian yang sama

Untuk mencatok rambut, tentu tidak bisa dilakukan secara asal ya. Ada beberapa langkah dalam mencatok agar hasilnya menjadi maksimal bagi rambut. Untuk melakukan pencatokan sendiri, jangan mencatok di bagian rambut yang sama setiap saat. Pindahlah ke bagian rambutmu setiap 3 hingga 4 detik. Selain itu, mulailah mencatok secara bertahap. Mulailah dari bagian rambut bawah lalu menuju ke tengah rambut hingga sampai di ujung atas rambut.

Bersihkan catokan setelah dipakai

Menjaga kebersihan alat catok rambut setelah dipakai tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan agar catokan dapat tetap befungsi dengan baik serta bersih. Untuk itu setelah memakai catokan, matikan catokan beberap saat lalu bersihkan catokan dengan lap basah. Setelah dibersihkan, simpan catokan ke dalam pouch agar tidak rusak. Tempatkan juga catokan di tempat yang tidak terhimpit oleh benda-benda lainnya agar tidak kotor ataupun rusak.

Lakukan perawatan lainnya untuk rambut

Meskipun melakukan catok rambut adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan dirumah, tentu perawatan rambut lainnya juga perlu dilakukan agar rambut menjadi lebih rapi, halus, serta tidak kering. Ragam perawatan lainnya bisa dilakukan dan salah satunya bisa dilakukan di salon. Perawatannya pun beragam sesuai dengan kebutuhan rambutmu seperti creambath, cuci blow, hair cut, hair spa, ataupun perawatan-perawatan lainnya yang kamu butuhkan.

Penasaran dengan ragam perawatan rambut terbaik lainnya untukmu? Langsung aja klik disini untuk dapatkan promo menarik lainnya bagi kamu sekarang juga!

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed