Dapatkan Semangat Untuk Harimu Dengan Secangkir Kopi Espresso

kopi espresso

Pada saat ini, menikmati aneka minuman di tengah masyarakat menjadi salah satu tren yang cukup digandrungi di setiap waktu. Aneka minuman mulai dari minuman ringan dingin, hangat, manis, ataupun juga yang memiliki varian-varian unik lainnya adalah contoh minuman yang sering dinikmati oleh masyarakat. Selain itu ditambah dengan mudahnya untuk dinikmati, tentunya varian minuman yang ada saat ini juga semakin dikenali oleh masyarakat secara luas dengan cepat. Salah satu minuman yang cukup sering dinikmati dan menjadi pilihan oleh masyarakat untuk dinikmati adalah sajian kopi yaitu Espresso.

Kopi Espresso merupakan varian olahan kopi yang dibuat dengan cara mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dan diseduh dengan air panas dalam cangkirnya. Selain itu, Espresso juga merupakan termasuk ke dalam kopi yang memiliki rasa kuat serta pahit karena dalam penyajiannya sendiri kopi ini tidak dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Karena memiliki penyajian yang unik dan juga memiliki cita rasa yang khas, kopi ini menjadi pilihan tersendiri bagi para penikmati minuman kopi di dunia.

Berasal dari Italia

kopi espresso

Kopi Espresso pertama kali pembuatannya dibuat di salah satu kota di Italia yang bernama kota Milan di awal abad ke-20. Cara pembuatannya pun masih sama seperti yang dilakukan seperti halnya pada saat ini, yaitu diseduh dengan cara menyemburkan air panas bertekanan tinggi ke bubuk kopi. Dalam bahasanya, kopi ini berasal dari bahasa Italia yaitu express yang berarti cepat. Untuk penyajiannya sendiri, varian kopi ini juga disajikan dalam secangkir kecil gelas sehinnga bisa dinikmati secara cepat tanpa perlu berlama-lama.

Biasanya, kopi ini akan disajikan di cangkir kecil di kisaran sekitar 30-45 ml. Selain itu dalam penyajian kopi ini sendiri terdapat sesuatu yang unik lho. Pada permukaan cangkirnya, terdapat crema. Crema adalah sebuah busa keemasan yang dihasilkan di kopi ini yang terdiri dari beberapa kandungan seperti minyak, protein, dan juga gula yang ada di dalam kandungannya tersebut.

Baca juga artikel lainnya disini: 7 Tips Minum Kopi Bagi Penderita Maag Agar Tak Kembung

Bahan Dasar Dari Olahan Minuman Kopi

Menariknya, kopi Espresso adalah sebuah bahan utama untuk membuat varian kopi lainnya lho. Ada berbagai olahan minuman kopi yang bisa dibuat dengan aneka varian yang bisa dicicipi oleh penikmat kopi. Beberapa varian kopi yang bisa dibuat diantaranya:

Espresso Con Panna

kopi espresso con panna

Varian ini adalah kopi yang diberi krim kocok atau whipped cream diatasnya dalam penyajiannya.

Espresso Machiato

kopi espresso machiato

Kopi Espresso ini merupakan varian kopi yang diberi susu berbuih diatasnya.

Americano

kopi espresso americano

Hampir mirip dengan varian kopi Espresso pada umumnya, Americano adalah sajian Espresso yang ditambahi dengan air panas. Namun tekstur dari kopi Americano memiliki tekstur lebih lembut daripada kopi Espresso.

Cappucino

kopi espresso cappucino

Bagi yang tidak terlalu menyukai kopi Espresso yang pahit, para pecinta kopi juga bisa menikmati varian Espresso yang memiliki rasa yang sedikit ringan serta manis dalam secangkir Cappucino. Varian kopi ini merupakan perpaduan dari Espresso, susu yang diuapkan, dan juga susu berbuih.

Caffe Latte

kopi espresso caffe latte

Selain Cappucino, para pecinta kopi juga bisa menikamti varian lainnya yang memiliki rasa tidak sekuat Espresso yang pahit yaitu Caffe Latte. Kopi ini memiliki perbandingan campuran 1:3 antara kopi Espresso dengan takaran susu dalam secangkirnya. Dalam takaran tersebut, campuran susu lebih banyak dibanding bahan kopi tersebut.

Memiliki Manfaat Yang Baik Bagi Tubuh

kopi espresso

Espresso ternyata juga memiliki beragam manfaat baik bagi tubuh kita lho! Selain bisa menikmati sajian kopi yang nikmat, kesehatan pun juga ikut terjaga ketika menikmati secangkir sajian kopi yang satu ini. Beberapa manfaat bagi tubuh serta kesehatan diantaranya:

Menurunkan Berat Badan

Dalam kopi ini, kalorinya dipercaya memiliki kandungan yang paling rendah lho! Diperkirakan hanya terdapat sekitar 3 kalori per ons dalam secangkir Espresso yang tidak tercapur dengan krim maupun gula. Selain itu, kopi ini juga diyakini bisa meningkatkan aktivitas fisik serta menurunkan rasa sakit pada otot tubuh.

Mengurangi Resiko Stroke

Meminum secangkir kopi ini ternyata bisa mengurangi salah satu gejala resiko penyakit di dalam tubuh kita yaitu penyakir Stroke. Ada banyaknya kandungan anti oksidan yang ada dalam kopi ini tentunya bisa mengurangi gejala Stroke yang mungkin bisa menyerang tubuh kapan saja.

Mengurangi Resiko Diabetes

Selain penyakit Stroke, kopi ini juga dianggap ampuh untuk mengurangi resiko diabetes pada tubuh. Para peneliti kesehatan menemukan bahwa mengkonsumsi olahan kopi ini dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Dengan mengkonsumsi kopi ini dan juga dibarengi dengan olahraga yang rutin, diabetes pun dapat dihindarkan dengan baik.

Baca juga artikel lainnya disini: Green Coffee, Si Kopi Hijau yang Punya Manfaat & Efek Samping

Olahan kopi memang menjadi varian minuman yang tidak pernah absen bagi para pecinta minuman, tak terkecuali dengan hidangan kopi Espresso yang satu ini. Selain bisa meningkatkan mood dalam beraktivitas, kopi ini juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh lho! Jadi, apakah kamu sudah menikmati secangkir kopi untuk aktivitasmu?

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"

No Comments Yet

Comments are closed