Destinasi Wisata Puncak, Liburan Favorit Warga Ibukota

Bagi sebagian masyarakat di Ibukota Jakarta, liburan untuk bersantai sejenak adalah hal yang wajib dilakukan untuk melepas kepenatan aktivitas sehari-hari. Selain pusat perbelanjaan, warga Jakarta juga memiliki destinasi wisata favorit bagi mereka yang ingin menikmati kesegaran udara pegunugan lho. Ya! Destinasi wisata tersebut adalah daerah Puncak yang ada berada di Jawa Barat.

Tidak jauh dari kota Jakarta, daerah Puncak menjadi alternatif bagi warga Jakarta untuk menikmati waktu liburan dan bersantai bersama dengan keluarga maupun teman-teman. Karena sering dikunjungi oleh para wisatawan, daerah Puncak memiliki beberapa destinasi wisata menarik yang tidak pernah sepi dari pengunjung lho! Berikut beberapa destinasi wisata di Puncak yang bisa kalian kunjungi.

 

Taman Safari Indonesia

Siapa yang tidak kenal destinasi wisata keluarga favorit yang satu ini? Jika kalian ingin ke daerah Puncak, maka sudah terlintas tempat wisata yang sudah sejak dibuka sejak 1980 ini. Terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Taman Safari Indonesia tidak hanya digunakan sebagai tujuan destinasi wisata. Taman ini sendiri juga berfungsi sebagai penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900 sampai dengan 1800 meter di atas permukaan laut.

Hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah para pengunjung bisa berkeliling dan melihat secara langsung ke beberapa tempat yang dihuni oleh aneka satwa yang bergerak bebas di kawasan tersebut. Para pengunjung juga dapat berinteraksi dengan satwa-satwa tersebut dengan memberi mereka makan saat berkeliling menggunakan mobil ataupun bus.

Disini, para pengunjung bisa melihat aneka satwa seperti harimau, gajah, jerapah, orang utan, anoa, komodo, dan lainnya. Selain aneka satwa, pengunjung juga bisa menikmati berbgai atraksi serta fasilitas lainnya yang berada di kawasan wisata ini.

 

Taman Wisata Matahari

Jika tadi kita bisa melihat ragam satwa di Taman Safari Indonesia, di daerah Puncak juga kita bisa melihat aneka flora dan juga taman yang indah. Untuk bisa menikmatinya, Taman Wisata Matahari menjadi destinasi menarik lainnya yang ada di kawasan Puncak.

Taman Wisata Matahari sendiri memiliki luas hingga 30 ha yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas menarik bagi para pengunjung. Berkonsep Recreation and Education Park, tempat wisata ini memiliki ragam wahana hingga total 40 wahana yang bisa dipilih. Contohnya mulai dari wahana air, wahana edukasi, wahana petualangan hingga wahana bermain yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Ada sarana seru lainnya yang bisa kalian nikmati disini bersama dengan keluarga atau teman-teman. Sarana seperti waterpark, sarana outbond, restoran, villa, hotel, ataupun juga wisata sawah yang bisa menambah edukasi tentang ragam flora serta sayur mayur.

 

Telaga Warna

Buat kalian yang suka melakukan wisata outbond, salah satu destinasi wisata yang ada di Puncak ini adalah pilihan yang tepat. Inilah Telaga Warna! Objek wisata ini merupakan objek wisata alam yang berada di dekat perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas. Nama Telaga Warna sendiri berasal dari cerita masyarakat disana yang mengatakan bahwa konon warna air di danau ini dapat berubah warnanya.

Untuk lingkungan di sekitarnya, masih terjaga untuk keasriannya lho! Tak heran, objek wisata Telaga Warna ini menjadi tempat yang sering dikunjungi untuk melepas rasa stress akibat aktivitas kegiatan sehari-hari ataupun sekedar ingin menikmati alamnya yang asri.

Sambil ditemani suasana lingkungan yang asri, disini kita juga bisa bermain berbagai jenis permainan air seperti perahu air dan juga perahu rakit. Selain itu, terdapat area untuk outbound serta track alam bagi kalian yang ingin mencoba untuk melakukan kegiatan alam.

 

Curug Kembar

Ingin menikmati air segar yang berada di kawasan Puncak? Kalian bisa mencoba mengunjungi Curug Kembar. Disini, kalian akan disuguhkan dengan segarnya air pegunungan yang mengalir dari sebuah air terjun. Menariknya, dinamakan Curug Kembar sendiri karena air terjun ini sendiri terdapat dua aliran air air yang jatuh ke bawahnya.

Bagi sebagian orang, akses jalan menuju Curug Kembar memang sedikit sulit dan berbatu. Tetapi, semua itu akan terbayar dengan jernihnya air serta kesegaran dari air yang turung dari air terjun Curug Kembar.

 

Melrimba Garden

Apakah kalian suka menanam tanaman hias dirumah? Atau mungkin, ingin menikmati keindahan anekan tanaman hias yang berada di taman? Jika iya, maka destinasi yang satu ini menjadi pilihan yang tepat buat kalian. Inilah Melrimba Garden! Berada di Jalan Raya Puncak KM 87, Melrimba Garden dikenal dengan destinasi wisata menarik yang memiliki konsep taman natural bagi para pengunjungnya.

Di objek wisata ini, para pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seru untuk mengisi waktu liburan bersama dengan keluarga ataupun teman-teman kalian. Ditemani dengan panorama yang indah khas Puncak, Melrimba Garden memberikan senasi fasilitas liburan yang unik nan menarik bagi para pengunjungnya. Fasilitas seperti area memetik strawberi, tea walk, sarana outbound, rumah kaca tanaman hias, hingga bermain ATV adalah beberapa contoh yang bisa dicoba oleh para pengunjung.

Itulah tadi sekian dari beberapa destinasi wisata menarik yang berada di kawasan Puncak, Jawa Barat. Selain jarak tempuh yang dekat dari Jakarta, Puncak juga memberikan alternatif liburan yang seru serta udara segarnya yang bisa membuat waktu liburan kalian menjadi lebih seru. Siap untuk menikmati kesejukan udara di kawasan Puncak ini?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed