Destinasi Wisata Unik di Kota Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Ada berbagai destinasi wisata kota yang ada di Indonesia. Sebagian maysarakat Indonesia mungkin lebih mengenal beberapa destinasi wisata kota yang sudah dikenal secara umum seperti Jakarta, Bandung, Denpasar, ataupun Medan sebagai kota tujuan untuk berlibur. Tak heran karena di kota tersebut memiliki aneka ragam tempat wisata ataupun bermacam-macam destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi selama berlibur bersama dengan teman-teman ataupun keluarga.

Selain beberapa kota diatas, Indonesia juga memiliki destinasi kota lainnya yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi saat liburan lho! Salah satu kota tersebut ialah kota Yogyakarta. Ya, wilayah yang termasuk di dalam salah satu kota terbesar di Indonesia ini memiliki destinasi wisata kota yang menarik serta tak pernah sepi dari pengunjung wisatawan yang ingin menikmati suasana kota Yogyakarta.

Memiliki suasana kota yang nyaman dan juga terdapat berbagai destinasi wisata membuat para wisatawan betah untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut. Lalu, apa saja destinasi wisata kota Yogyakarta yang bisa dikunjungi di kota ini? Yuk kita ketahui ragam destinasi wisata kota Yogyakarta berikut ini.

Jalan Malioboro

Siapa yang tidak mengenal nama salah satu jalan ini? Jika menyebut kata ‘Malioboro’, maka terlintas di benak masyarakat adalah kota Yogyakarta. Terletak di wilayah Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Malioboro menjadi destinasi unik nan menarik yang patut dikunjungi ketika berkunjung ke kota ini.

Disini, para wisatawan bisa menemukan berbagai macam hal seru untuk mengisi waktu berlibur bersama teman-teman ataupun keluarga. Jalan Maliobro diramaikan oleh aneka toko-toko yang menjual berbagai macam barang seperti pernak pernik khas Yogya, pakaian, souvenir, hingga ragam kerajinan tangan khas Yogyakarta.

Tak hanya itu, aneka kuliner juga dapat ditemui oleh para wisatawan dengan mudah disini. Kuliner khas Yogya serta aneka jajanan kaki lima dengan harga yang sangat terjangkau bisa menambah keseruan ketika berwisata di Jalan Malioboro ini. Untuk lebih menarik, penampilan musik-musik jalanan dari seniman juga dapat menambah keunikan ketika berkunjung ke Jalan Malioboro.

Baca juga artikel lainnya di: 5 Angkringan Terpopuler Ini Wajib Kamu Sambangi saat Wisata ke Jogja

Keraton Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang dipimpin oleh Sultan sebagai kepala daerahnya. Karena itu, Sultan bertempat tinggal di salah satu komplek keraton yang bernama Keraton Yogyakarta. Beralamat di Jl. Rotowijayan Blok 1, Panembahan, Keraton, Kota Yogyakarta, kompleks keraton ini menjadi salah satu andalan destinasi wisata menarik yand ada di kota pelajar ini.

Keraton Yogyakarta menjadi tempat wisata menarik yang seru untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menikmati wisata budaya dan juga sejarah. Di dalam kompleks keraton ini, para wisatawan dapat mengunjungi museum di dalamnya yang memamerkan berbagai macam koleksi benda budaya yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Tak hanya itu, di dalam museum juga dipamerkan barang-barang dari kesultanan Yogyakarta.

Untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta, wisatawan disarankan untuk mengujunginya pada waktu pagi hari. Hal itu dikarenakan bahwa komplek keraton sendiri hanya dibuka sampai jam 2 siang saja lho.

Benteng Vredeburg

Masih penasaran dengan wisajata sejarah di kota Yogyakarta? Kamu bisa mengunjungi Benteng Vredeburg. Letaknya sendiri cukup dekat dengan Jalan Mailoboro dan depan Gedung Agung, sehingga untuk mengunjungi bangunan ini tentu sangat mudah.

Di dalam bangunana yang sudah beralih fungsi menjadi museum ini tentunya menyimpan berbagai macam koleksi benda bersejarah dari zaman kolonial Belanda hingga benda-benda kemerdekaan Indonesia dipamerkan disini.

Selain itu, Benteng Vredeburg juga mempunyai berbagai diorama mengenai sejarah bangsa Inndonesia dari masa ke masa yang bisa menambah wawasan kebangsaan para pengunjung. Tak hanya memamerkan benda-benda koleksi yang bersejarah, Benteng Vredeburg juga terkadang kerap digunakan berbagai acara festival kebudayaan yang diselenggarakan disini.

Jika ingin bersantai sejenak menikmati suasana Benteng Vredeburg, para wisatwan bisa mengunjungi sebuah café bernama Indische Koffie yang berada didalamnya. Pada café tersebut, para pengunjung bisa menikmati sajian khas Belanda yang siap memanjakan lidah para wisatawan yang ingin mencicipi sajian tersebut.

Pasar Beringharjo

Apakah kamu ingin mencari aneka ragam souvenis mruah khas kota Yogya? Jika iya, maka inilah tempatnya. Tempat itu bernama Pasar Beringharjo. Berlokasi di Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, pasar ini menjadi salah satu pasar yang cukup ramai dan tidak pernah sepi dari para pengunjungnya. Menariknya, Pasar Beringharjo juga merupakan salah satu pasar tertua yang beradai di kota ini

Pasar ini menawarkan aneka ragam barang kerajinan dengan harga yang sangat murah seperti aneka kerajinan tangan, batik, ataupun jajanan pasar. Selain itu, Pasar Beringharjo juga menjual aneka sembako dan juga berbagai macam kebutuhan pokok lainnya yang sama seperi pasar pada umumnya.

Ada hal yang unik yang bisa ditemui di pasar ini lho. Ada beragam barang unik yang dijual disini yang bisa ditemui oleh para pengunjung yang datang untuk berbelanja disini. Barang unik seperti barang antik, aneka barang kuno, hingga bahan-bahan dasar jamu tradisional adalah beberapa contoh barang yang bisa didapati di Pasar Beringharjo. Untuk harga, harganya sangat murah dan terjangkau sehingga cocok untuk memborong aneka barang khas Yogya untuk para wisatawan.

Baca juga artikel lainnya di: Wisata di Kota Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta

Ingin menikmati ketenangan untuk waktu liburanmu? Kamu bisa mengunjungi Kampung Wisata Taman Sari. Berada di Patehan, Kecamatan Kraton, Yogykarta, dulunya tempat ini dikenal salah satu kompleks Istana Air Taman Sari yang memiliki luas hingga 10 hektar. Dengan luasnya tersebut, dahulu disini terdapat beberapa bagian seperti kompleks taman, danau dan pulau buatan, jembatan gantung, kanal air, hingga sebuah kolam pemandian yang bernama Umbul Binangun. Namun seiring berjalannya waktu, yang tersisa dari kompleks ini hanya kolam pemandian Umbul Binangun saja yang masih ada dan dinikmati oleh para wisatawan.

Dahulu kala, Umbul Binangun digunakan oleh Sultan dan juga anggota keluarga kerajaan lainnya sebagai tempat pemandian. Di dalam pemandian ini, terdapat tiga buah kolam renang air mancur di tempatnya. Selain itu, ragam ornamen unik dan juga keindahan arsitektur khas zaman kuno juga membuat tempat ini menjadi tempat yang cocok untuk diabadikan dengan kamera.

Nah untuk kamu yang ingin mengunjungi ragam destinasi wisata menarik di atas ataupun destinasi lainnya di kota Yogyakarta, kamu bisa menginap di salah satu hotel yang ada di kota Yogyakarta dengan harga yang sangat terjangkau lho! Hotel itu ialah Airy Rooms. Airy Rooms menyediakan tempat menginap untuk para wisatawan dengan harga yang terjangkau,  namun dengan fasilitas yang lengkap dan juga nyaman. Untuk kamu yang ingin berlibur di kota Yogyakarta dan mencari tempat untuk menginap, Airy Rooms jawbannya!

Selain itu, ada promo menarik untuk menginap di Airy Rooms bagi waktu liburanmu di kota Jogjakarta maupun di kota-kota besar lainnya di Indonesia lho yaitu voucher discount Rp 50.000 yang bisa digunakan di seluruh cabang Airy Rooms. Menarik bukan? Yuk atur jadwal liburanmu di kota Yogykarta dan dapatkan promo Airy Rooms di Lakupon!

Dapatkan Promo Voucher Discount Airy Rooms sebesar Rp 50.000 disini

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed