Donat Unik Yang Ada di Dunia, Ingin Mencobanya?

Siapa yang tidak kenal dengan makanan berbentuk bundar ini? Semua orang pasti mengetahui dan menyukainya. Makanan bundar yang digoreng dan terbuat dari adonan tepung terigu ini tentunya digemari oleh semua orang sebagai cemilan yang lezat dan mengenyangkan. Dari adanya beberapa varian donat yang tersebar di masyarakat, ada donat-donat unik yang berbeda dari donat pada umumnya lho! Hmm, kira-kira apa saja ya donat unik tersebut? Yuk kita cari tahu!

Bombolone

Negara Italia memiliki ragam kuliner yang menarik dan juga sayang untuk dilewatkan. Tak hanya pasta ataupun pizza, negara di kawasan benua Eropa ini pun juga memiliki donatnya yang khas lho. Disini, donat itu dikenal dengan nama Bombolone. Meskipun sama-sama terlihat seperti donat pada umunya, namun tetap makanan ini memiliki ciri khas yang berbeda dari donat lainnya.

Bombolone ditabuti dengan gula bubuk pada permukaannya. Selain itu, didalamnya juga terdapat krim kental manis yang membuat rasanya menjadi semakin memikat para penikmatnya. Terlihat, mungkin donat ini sendiri lebih dekat dengan sebuah kue sus dibandingkan donat ya.

Oliebol

Masih dari benua Eropa, kali ini datang dari negeri Belanda. Negeri kincir angin ini juga memiliki varian donat yang tidak kalah lezatnya dibandingkan donat pada umumnya. Disini, donat tersebut dikenal dengan nama Oliebol atau yang pada umumnya disebut dengan donat Belanda. Cara pembuatannya sendiri sama seperti donat lainnya yaitu dengan cara digoreng.

Isian dari sajian donat ini pun terlihat sederhana, namun tetap memiliki cita rasa manis dan juga gurih. Didalam Oliebol, di padukan dengan kismis serta permukaan diatasnya ditaburi dengan gula halus sebagai pelengkap rasa manis dari donat khas negeri Belanda ini.

Sfenj

Jika kamu menyukai varian donat yang sederhana namun memiliki rasa yang manis, kamu wajib mencicipi varian donat yang satu ini! Donat ini adalah Sfenj yang berasal dari negara Maroko. Jika dilihat secara kasar mata, donat ini tidak berbeda dengan donat pada umumnya atau bahkan tidak ada ciri khas yang menarik dari donat ini. Namun, Sfenj mempunyai cita rasa yang boleh dibilang sayang untuk dilewatkan.

Donat ini memiliki cita rasa yang manis dan juga gurih. Meskipun disajikan secara polos, namun Sfenj dibalur dengan taburan gula ataupun dilumuri dengan madu. Sudah terbayang dengan rasa manis dari donat yang satu ini?

Sufganiyot

Donat yang satu ini jika dilihat memiliki ukuran yang lebih tebal dan juga padat daripada donat lainnya. Nama donat ini adalah Sufganiyot. Donat yang dikenal luas di negara Israel ini dijamin bisa membuat kenyang para penikmatnya. Di dalam Sufganiyot sendiri, diisi dengan jelly buah ataupun selai. Kadang, Sufganiyot ditaburi gula halus sebagai pelengkap rasa diatasnya.

Balushahi

Donat ini memiliki cita rasa yang gurih serta memiliki tekstur yang cukup renyah pada bagian luarnya. Selain itu, donat ini terbuat dari yoghurt dan setelahnya digoreng dengan mentega. Nama donat ini adalah Balusahi. Ingin merasakan donat yang renyah dan unik ini? Kamu bisa menemukannya di negara India dan juga Pakitsan lho.

Dari beberapa donat unik yang ada di dunia tersebut, yang mana menjadi donat unik favoritmu? Setiap negara tentu mempunyai keunikan tersendiri dalam hal rasa dan juga inovasi pada makanan mereka. Apakah kamu sudah menentukan donat unik mana yang ingin kamu cicipi?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing" Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed