Fakta Menarik dan Manfaat Bermain Trampolin, Sudah Ketahui Dua Hal Tersebut?

Olahraga yang ringan adalah jenis olahraga yang dilakukan secara mudah dan juga tidak menggunakan alat yang sukar untuk dilakukan. Ragam olahraga ringan seperti jogging, push up, sit up, ataupun berenang adalah beberapa ciri olahraga umum yang sering dilakukan karena mudah serta ringan untuk dilakukan. Namun jika kamu bosan melakukan kegiatan olahraga tersebut, kamu bisa melakukan salah satu olahraga lainnya yang pastinya seru dan juga mudah untuk dilakukan lho. Olahraga itu adalah bermain trampolin.

Apa itu trampolin?

Mungkin bagi sebagian orang belum mengenal atau bahkan mengetahui apakah trampolin itu. Trampolin sendiri adalah suatu alat yang terdiri dari sepotong kain yang kencang dan diregangkan di atas bingkai baja dengan menggunakan banyak pegas yang melingkar di sekelilingnya. Penggunaan alat ini pun cukup mudah dan bisa dilakukan olek semua orang. Cukup melompat pada bagian tengah trampolin dan meloncat-loncat di bagian tersebut.

Sekarang ini, trampolin pun tidak hanya digunakan sebagai sarana rekreasi ataupun hiburan saja lho. Perkembangan waktu serta majunya zaman juga membuat alat ini bisa berguna untuk kegiatan lainnya dan salah satunya adalah untuk olahraga kompeititif.

Manfaat bermain trampolin

Meskipun seru dan juga mengasyikan, alat ini ternyata juga berguna untuk kesehatan kita lho. Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika bermain trampolin bersama dengan keluarga ataupun teman-teman kalian. Lantas, manfaat apa yang bisa kita dapatkan dari segi kesehatan lewat aktivitas bermain melompat ini? Berikut beberapa manfaatnya.

Bisa memperkuat otot dan tulang

Karena intensnya pegerakan melompat, maka tulangpun akan menjadi kuat. Tak hanya itu, bekerjanya otot di dalam tubuh ketika melompat juga membuatnya menjadi lebih kuat. Dengan kuatnya kedua bagian pada tubuh tersebut, tubuhpun akan terminimalisir dari gejala osteoporosis pada tulang.

Membakar lemak pada tubuh

Pergerakan meloncat yang dilakukan ketika bermain trampolin juga bisa membakar lemak pada tubuh. Diketahui bahwa berolahraga dengan trampolin bisa membakar lemak hingga 68 lebih efektif dibandingkan berlari lho. Bergerak dan bermain pada alat ini selama 10 menit akan sama dengan melakukan aktivitas kegiatan berlari selama 30 menit.

Dapat menghilangkan rasa stress

Ketika kita bergerak aktif meloncat untuk berolahraga pada alat ini, maka tubuhpun akan bereaksi mengeluarkan keringat yang sama dengan berolahraga pada umumnya. Keluarnya keringat tersebut juga membuat perasaan akan menjadi lebih baik dan juga meredakan rasa stres pada pikiran karena hormon endorfin bekerja di dalam tubuh.

Melancarakan peredaran darah

Gerakan yang dilakukan dalam permainan trampolin ternyata juga bisa melancarakn peredaran darah lho! Dengan melompatnya tubuh, maka sistem sirkulasi pada pembuluh darah dan juga pada jaringan limfatik akan menjadi lancar. Lancarnya peredaran darah pada tubuh juga bisa memberikan manfaat yang cukup baik pada kesehatan kita. Salah satunya adalah lancarnya proses detoksifikasi atau keluarnya racun dari dalam tubuh.

Meningkatkan keterampilan motorik

Ketika meloncat, beberapa bagian tubuh seperti otot, tulang dan juga sendi akan ikut bergerak secara aktif. Bergeraknya bagian-bagian tersebut tentunya bisa membuat kemampuan motorik pada diri seseorang akan meningkat. Bahkan gerakan dalam trampolin sendiri bisa cukup disamakan dengan pergerakan ketika melakukan berenang lho.

Tak hanya berbagai manfaat kesehatan saja yang bisa kita dapatkan lewat bermain trampolin ini lho. Tahukah kamu jika terdapat beberapa fakta menarik tentang kegiatan olahraga yang satu ini? Penasaran? Inilah beberapa fakta mengenai olahraga permainan meloncat yang satu ini.

  • Pergerakan trampolin masuk dalam pergerakan olahraga gymnastic. Hal ini dikarenakan pergerakannya melatih kelenturan, kelincahan, dan juga kecepatan tubuh.
  • Kegiatan olahraga ini bisa dilakukan oleh semua umur.
  • Olahraga trampolin bisa digunakan sebagai rehabilitasi cidera ataupun memperbaiki keseimbangan tubuh pada orang lansia.

Tertarik untuk bermain dan berolahraga seru dengan trampolin? Sebelum melakukannya, harus ingat untuk melakukan pemanasan serta tubuh dalam kondisi sehat ya. Tak lupa juga untuk tetap berhati-hati dalam melakukan setiap gerakannya ya agar tubuh terhindar dari cedera yang serius.

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"

No Comments Yet

Comments are closed